Apa Rekomendasi Bedak untuk Kulit Kering? Intip 10 Produk Ini!

Kamu yang memiliki kulit kering, pasti sering merasa kesulitan saat memakai bedak. Entah riasan menjadi terlalu matte, wajah terasa kaku, membuat tekstur wajah terlihat semakin jelas, atau merasa wajah menjadi sangat kering. Pemilihan bedak untuk yang memiliki kulit kering memang tricky. Kita membutuhkan produk yang bisa membuat riasan wajah tahan lebih lama, namun biasanya bedak menyerap seluruh minyak yang ada. Padahal, kita justru membutuhkan minyak alami itu agar kulit tetap lembab.

Salah satu produk riasan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang adalah bedak. Namun, tahukah kamu jika pemakaian bedak itu perlu disesuaikan dengan tipe kulit? Misalnya, kulit berminyak lebih baik disarankan pakai bedak tabur, sedangkan kulit kering bisa pilih bedak padat. Nah, tipe kulit kamu termasuk yang mana? Agar semakin yakin untuk beli bedak sebagai salah satu riasan dasar untuk wajah, simak 10 rekomendasinya di bawah ini!

bedak untuk kulit kering
Sumber: iStockPhoto

Tips Memilih Bedak untuk Kulit Kering

1. Bedak Berformulasi Khusus

Biasanya bedak yang dikhususkan untuk kulit kering adalah bedak yang memiliki label khusus. Jangan membeli bedak yang dikhususkan untuk kulit berminyak atau kulit normal. Salah memilih formula produk, bisa membuat kulit menjadi semakin kering. Bahkan menimbulkan garis-garis halus atau membuat riasan menjadi cracky.

2. Cek Kandungan Bedak

Bedak yang memiliki kandungan pelembap, bisa membantu melembapkan kulit kering, dan menutrisi kulit akan tidak kering. Jenis bedak seperti BB cushion, bisa digunakan untuk pemilik kulit kering, karena formulasinya bisa membuat kulit menjadi lembap. Selain itu, bedak yang memiliki kandungan hypoallergenic bisa digunakan untuk kulit yang kering. Karena formulasinya dikhususkan untuk kulit sensitif dan mudah alergi. Kandungan ini sangat bagus untuk membantu mengatasi masalah kulit kering, dan membantu menyembuhkan iritasi pada kulit.

3. Bebas Alkohol dan Parfum

Agar kulit tidak menjadi lebih kering, kamu dapat menggunakan bedak yang tidak memiliki kandungan alkohol atau parfum. Kandungan alkohol dan parfum bisa membuat kulit menjadi iritasi, kering hingga mengelupas. Selain itu juga bisa menghilangkan dan menghambat produksi minyak di kulit wajah, sehingga kulit wajah kering dan kusam.

Baca juga:  5 Cara Menghilangkan Milia di Wajah Cantikmu, Buktikan!

Cara Aplikasi Bedak untuk Dry Skin

Cara menggunakan bedak untuk kulit kering harus menggunakan teknik tertentu. Hal ini bertujuan agar kulit tidak semakin kering. Lakukan skin preparation agar riasan tidak terlalu hancur di muka. Gunakan skincare sesuai urutan: toner, serum/krim wajah, kemudian pelembap. Jangan lupa gunakan sunscreen sebelum menggunakan produk makeup.

Gunakan foundation tipis-tipis saja, lalu aplikasikan bedak di area kulit yang tidak terlalu kering untuk menghindari kosmetik yang pecah-pecah di kulit wajah. Jangan lupa gunakan setting spray yang diformulasikan untuk kulit kering, agar kosmetik bertahan lebih lama.

10 Rekomendasi Bedak untuk Kulit Kering

1. Make Over Perfect Cover Two Way Cake

bedak untuk kulit kering
Sumber: Situs Resmi Make Over

Bedak two way cake dari Make Over ini hadir dengan formula unggul yang memadukan foundation dan bedak. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir bila memiliki kekurangan pada kulit wajah karena produk bedak ini akan membantu menyamarkannya. Di sisi lain, bedak ini juga bisa menangkal produksi minyak berlebih.

Ada beberapa kandungan utama yang terdapat pada Make Over Perfect Cover Two Way Cake ini. Seperti macadamia oil, avocado oil, soybean oil, wheatgerm extract, dan chamomille flower extract. Selain itu ada juga kandungan vitamin E untuk antioksidan dan jojoba oil yang berfungsi melembapkan kulit. Maka, tidak heran bila Make Over Perfect Cover Two Way Cake menjadi salah satu bedak untuk kulit kering terbaik.

2. Luxcrime Blur & Cover Two Way Cake in Cream Puff

bedak untuk kulit kering
Sumber: SOCO Review

Luxcrime Blur & Cover Two Way Cake in Cream Puff adalah bedak inovatif yang dapat segera memberikan hasil matte pada berbagai warna kulit. Diformulasikan dengan serbuk soft-focus untuk menyamarkan dan menutupi flek wajah dengan sempurna. Two way cake ini mengandung serbuk tekstur ultra-lembut dengan hasil matte velvet yang memberikan tampilan kulit yang sempurna, matte sepanjang hari, dan meratakan warna kulit dengan perlindungan UV dan Vitamin E tambahan.

3. Wardah Exclusive Two Way Cake

bedak untuk kulit kering
Sumber: Khyra Store

Jika kamu mencari bedak untuk kulit kering yang harganya ramah di kantong dan mudah ditemukan di berbagai tempat, pilih Wardah Exclusive Two Way Cake saja! Dengan hasil akhir matte, bedak yang satu ini mampu menyamarkan garis halus, kerutan, dan menyerap produksi minyak berlebih. Wardah juga sudah membekali bedak ini dengan SPF 15 sehingga mampu memberikan perlindungan pada kulit wajah dan leher dari paparan sinar matahari.

4. PIXY UV Whitening Two Way Cake

bedak untuk kulit kering
Sumber: Klik Indomaret

PIXY UV Whitening Two Way Cake juga menjadi salah satu bedak untuk kulit kering yang direkomendasikan. Sebab, bedak ini punya dua kandungan sekaligus untuk melembapkan kulit, yakni jojoba oil dan squalane oil. Kemasannya juga praktis banget untuk dibawa saat bepergian.

Di samping itu, PIXY juga menyertakan SPF 30 untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar UVB. Ada pula kandungan PA+++ yang dapat menyempurnakan perlindungan kulit dari sinar UVA. Miliki tampilan wajah yang cerah dan segar hingga 8 jam dengan PIXY UV Whitening Two Way Cake!

5. Mustika Ratu Beauty Queen Two Way Cake

bedak untuk kulit kering
Sumber: SOCO Review

Rekomendasi bedak untuk kulit kering yang berikutnya hadir dari jenama Mustika Ratu. Menghadirkan bedak yang dipadukan dengan berbagai bahan membuat Mustika Ratu Beauty Queen Two Way Cake menjadi pilihan lengkap. Di dalamnya, terdapat ekstrak biji moringa, vitamin E, serta minyak zaitun untuk memberikan kelembapan pada kulit. Bedak ini juga sudah diperkaya dengan kandungan SPF 30 untuk memberikan tambahan perlindungan pada kulit wajah.

Baca juga:  Kapan Mulai Perawatan Anti Aging? Ini 7 Bahan Aktif Andalannya

6. Rivera Two Way Cake

bedak untuk kulit kering
Sumber: SOCO Review

Selanjutnya ada Rivera Two Way Cake sebagai bedak untuk kulit kering yang hadir dengan harga sangat ramah di kantong. Masih dengan gabungan formula foundation dan bedak, produk basic makeup yang satu ini pasti dapat memberikan tampilan akhir sempurna. Samarkan garis halus atau flek hitam pada wajah dan bersiaplah untuk tampil cantik sepanjang hari dengan Rivera Two Way Cake!

7. Emina City Chic CC Cake

bedak untuk kulit kering
Sumber: SOCO Review

Emina City Chic CC Cake bisa jadi salah satu bedak yang cocok untuk kulit kering. Pasalnya, bedak Emina mengandung lidah buaya dan vitamin E untuk menjaga kelembapan kulit. Meski memberikan hasil matte pada wajah, kamu tidak perlu khawatir kulit akan terasa kering. Kamu dapat menggunakan produk ini dengan spons yang tersedia di dalamnya sehingga praktis untuk dibawa bepergian.

8. Ultima II Delicate Translucent Face Powder with Moisturizer

bedak untuk kulit kering
Sumber: Situs Resmi Ultima II

Sesuai dengan namanya, bedak ini memiliki klaim mengandung moisturizer atau pelembap. Karena itu, bedak ini sangat cocok digunakan bagi para pemilik kulit kering. Bedak ini bisa membuat riasan wajahmu tahan lebih lama tapi tidak membuat wajah menjadi kering. Kandungan pelembap yang ada di bedak ini juga terasa setelah beberapa jam pemakaian. Bedak ini akan terasa melembabkan, namun tetap menahan minyak yang ada. Serta saat hilang tidak meninggalkan bekas yang patchy.

9. Mineral Botanica Original Loose Foundation

bedak untuk kulit kering
Sumber: Situs Resmi Mineral Botanica

Meski tersedia dalam bentuk powder, bedak dari Mineral Botanica ini tetap aman digunakan pada jenis kulit kering. Pasalnya, produk ini memiliki kandungan mineral seperti ekstrak adansonia yang dapat berfungsi sebagai pelembap alami kulit. Selain itu, ada juga kandungan bahan aktif berupa squalane yang memiliki fungsi untuk melembapkan kulit. Kamu pun tak perlu khawatir kulit akan terasa kering saat menggunakannya. Bedak ini memiliki empat pilihan warna yaitu, light, natural, beige, dan sweet ebony. Coverage-nya cukup untuk digunakan di bawah mata dan membantu menutupi kemerahan pada wajah.

10. Inez Precious Powdery Cake

bedak untuk kulit kering
Sumber: Situs Resmi Inez Cosmetics

Yang terakhir adalah Inez Precious Powdery Cake. Produk ini cocok untuk kuit kering karena memiliki kandungan vitamin A dan E yang dapat mendukung hidrasi kulit. Tak hanya itu, terdapat pula ekstrak mulberry di dalamnya yang dapat membantu menyamarkan noda gelap sehingga kulit tampak lebih cerah. Selain ketiga kandungan tadi, ada perlindungan anti-UV yang dapat melindungi wajahmu dalam berbagai aktivitas. Formulanya membantu mencerahkan kulit wajah, menjaga kelembaban, berfungsi sebagai antioksidan, dan melindungi kulit dari sinar UV.

Itulah 10 rekomendasi bedak untuk kulit kering yang bisa kamu coba. Meski semua bedak di atas sudah memiliki kandungan SPF, pastikan kamu tetap menggunakan sunscreen untuk perlindungan yang lebih paripurna, ya! Sudah menentukan pilihan? Kalau sudah, segera dapatkan produk bedak tersebut di toko kecantikan daring dan luring favoritmu!