berat badan ideal bayi

Pentingnya Mengetahui Berat Badan Ideal Bayi Sesuai Tahapan Usianya

Sebagai orang tua, sangat penting untuk mengetahui berat badan ideal bayi, karena berat badan bayi merupakan salah satu tolok ukur seberapa baik tumbuh kembang bayi. Meskipun setiap bayi lahir dengan berat badan yang berbeda, namun berat badan bayi normal biasanya sekitar 2,5 sampai dengan 4 kg. Kemudian beberapa hari pertama setelah lahir, bayi akan mengalami penurunan berat badan. Selanjutnya pada hari ke-10, biasanya berat badan bayi akan kembali sama seperti saat dilahirkan atau bahkan lebih. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian oleh setiap orang tua.

Untuk memantau pertumbuhannya, maka berat bayi harus ditimbang secara rutin dan dicatat. Pencatatan ini dapat dilakukan di buku Kesehatan Ibu dan Anak yang biasanya bisa didapatkan di Puskesmas. Agar lebih jelas tentang berat badan bayi yang sesuai dengan tahapan usianya, mari kenali berat badan ideal bayi di tahun pertamanya yang telah dirangkum di bawah ini. 

Berat Badan Ideal Usia 1–3 Bulan

berat badan ideal bayi

Pada bulan-bulan awal setelah bayi dilahirkan, maka pertumbuhan bayi akan berlangsung begitu cepat. Saat bayi menginjak usia 3 bulan, pada umumnya rata-rata berat badan ideal bayi laki-laki berkisar antara 5-7,9 kg dengan panjang antara 60-65 cm. Sementara pada bayi perempuan, berat badannya berkisar antara 4,6-7,4 kg dengan panjang badan antara 55-63 cm.

Pertambahan berat badan dan tinggi badan pada usia ini paling banyak dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diterima oleh bayi. Penting untuk diketahui bahwa pada saat usia bayi menginjak 3 bulan, bayi akan memerlukan asupan nutrisi dari ASI setidaknya 8 kali sehari, atau susu formula sebanyak 4 kali. Takaran ideal yang diberikan pada bayi untuk sekali menyusui adalah sekitar 180–200 ml. Sementara untuk mengetahui kecukupan nutrisi bayi, maka dapat dilihat dari kebiasaan buang air besar (BAB) pada bayi. Bayi yang normal biasanya akan BAB sebanyak 1-2 kali dalam sehari. Namun, bayi yang tidak BAB selama 1-2 hari masih tergolong normal, selama tinja tidak terlalu keras. Jadi, jangan langsung panik saat bayi tidak kunjung BAB selama 1-2 hari, ya

Baca juga:  Anak Menunjukkan Kecenderungan Impulsif? Begini Cara Merawatnya

Berat Badan Ideal Usia 4-6 Bulan

berat badan ideal bayi

Pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 4-6 bulan juga cukup pesat. Pada usia 6 bulan, berat badan ideal bayi laki-laki berkisar antara 6,4-9,7 kg dengan panjang badan sekitar 63-71 cm. Sementara pada perempuan, berat badan idealnya berkisar antara 5,8-9,2 kg dengan panjang badan antara 61-70 cm. Pertambahan berat badan dan tinggi badan pada usia ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Asupan ASI

Saat menginjak usia 6 bulan, bayi sudah bisa diberikan ASI setiap 3 sampai 4 jam sekali hingga bayi merasa kenyang. Jika bayi diberikan ASI dalam botol, maka berikan sebanyak 6 kali sehari dengan takaran sekitar 125 ml. Sementara pada bayi yang diberikan susu formula, maka dapat diberikan juga sebanyak 6 kali sehari dengan takaran sekitar 180-250 ml.

2. Asupan MPASI

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. MPASI perlu diperkenalkan secara perlahan dengan porsi yang kecil dan tekstur yang paling lembut. Setelah terbiasa, maka bayi bisa diberikan MPASI sebanyak 3 kali dalam sehari.

Berat Badan Ideal Usia 7-12 Bulan

berat badan ideal bayi

Pada saat menginjak usia 12 bulan, berat badan bayi biasanya akan mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat dari berat badan lahirnya. Pada bayi laki-laki, berat badannya bisa mencapai 7,8-11,8 kg dengan tinggi 71-80 cm. Sementara untuk bayi perempuan, berat badannya berada pada kisaran 7,1-11,3 kg dengan tinggi badan 69-79 cm. Pertambahan berat badan dan perkembangan bayi pada usia ini akan dipengaruhi oleh:

Baca juga:  7 Ciri-Ciri Hamil Kosong yang Perlu Kamu Waspadai

1. Asupan susu

Pada usia 12 bulan, anak sudah bisa diperkenalkan susu murni atau susu sapi untuk tambahan ASI. Sementara pada bayi yang mengonsumsi susu formula, maka pemberian susu murni atau susu sapi juga bisa diberikan secara bergantian. Bayi dapat diberikan susu sebanyak 2–3 kali dalam sehari dengan takaran sekitar 250 ml.

2. Makanan Pendamping

Saat memasuki usia 12 bulan, bayi sudah bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan. Namun, jangan lupa untuk tetap perhatikan kandungan gizi pada makanan dan juga tekstur makanan yang dikonsumsi untuk menghindari anak dapat tersedak. Jadwal makan anak usia 1 tahun yang ideal adalah 3 kali makanan utama dengan 2 kali selingan yang berupa camilan sehat.

Penting untuk diingat bahwa laju pertumbuhan setiap bayi bisa saja berbeda-beda. Namun panduan berat badan bayi di tahun pertama seperti yang telah disampaikan di atas tentu dapat dijadikan sebagai panduan. Jika berat badan bayi kurang atau lebih dari rentang berat badan ideal, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat memberikan saran terkait pola makan dan perbaikan gizi yang dapat dilakukan untuk mencapai berat badan ideal bayi.

Rishna Maulina

Share