m bloc space
Sumber: newman.id

Ingin Berkunjung ke M Bloc Space Jakarta? Jangan Lewatkan Info Ini!

M Bloc Space, sebuah bangunan yang sekilas tampak seperti bangunan rumah bergaya vintage (zaman dulu) memiliki arsitektur tropis era 1950-an. Dahulu deretan rumah-rumah ini adalah rumah dinas Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Rumah-rumah ini juga sempat berada di puncak kejayaan dan begitu hidup pasca kemerdekaan. Hingga sampai tahun 2005, rumah-rumah ini terbengkalai dan tampak usang. Ditambah pembangunan mall dan MRT, rumah dinas Perum Peruri ini tampak mati suri tak tersentuh waktu.

Namun kini, kawasan tersebut telah berubah menjadi sebuah creative hub baru yang mewadahi kebutuhan para kaum muda urban yang kreatif. Bagi kamu yang ngaku anak gaul Jakarta pasti sudah dengar betapa hits-nya tempat nongkrong di Jakarta yang satu ini, bukan? M Bloc Space ini adalah ruang publik kekinian yang bukan hanya menawarkan kuliner yang beragam, tetapi juga event-event seru dengan nuansa vintage yang penuh nostalgia.

Blok M memang terkenal menjadi pusat nongkrong anak gaul Jakarta di tahun 90-an. Kehadiran M Bloc Space juga menghidupkan kembali nuansa pop culture di blok M itu sendiri. Lantas, ada apa saja di M Bloc Space Jakarta?

1. Makanan Variatif dan Murah

m bloc space
Sumber: mbloc.space

Dengan konsep tempat nongkrong terbuka, M Bloc Space menawarkan berbagai varian makanan dan minuman yang variatif, dan sudah dikembangkan sesuai dengan zaman. Misalnya Suwe Ora Jamu, yaitu kedai makan yang menyajikan jamu tradisional yang dikemas secara modern. Selain itu, ada juga tempat-tempat nyaman yang cocok menjadi tempat berkumpul bersama teman, pacar, ataupun keluarga seperti Titik Temu Coffee, Kedai Tjikini, Tokyo Skipjack, Oeang, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Ketahui Jenis Kopi, Cara Membuat, Hingga Cara Menikmatinya

2. Pusat Brand Lokal

m bloc space
Sumber: urbannews.co

Wajah baru Blok M bukan hanya menyajikan makanan dan minuman yang beragam saja, tetapi juga menjadi pusat brand-brand lokal yang patut diacungi jempol. Di sana kamu bisa menjadi saksi bahwa kreativitas orang Indonesia tinggi dan banyak sekali produk buatan lokal yang memiliki kualitas bagus.  Kalau kamu mau cari komik-komik bagus, kamu bisa datang ke Connectoon. Sedangkan kalau mau cari pakaian yang santai bisa ke Unionwell. Selain itu, kalau mau berburu alat rumah tangga yang lucu dan unik, Matalokal jawabannya. Kalau kamu suka musik berbagai genre, The Majors wajib kamu kunjungi. 

3. Gudang Event Kreatif Anak Gaul Jakarta

m bloc space
Sumber: manual.co.id

Tempat nongkrong di Jakarta yang berlokasi di Jalan Panglima Polim Raya ini memang paket lengkap. Untuk menghidupkan M Bloc Space, setiap hari pengunjung juga dimanjakan dengan live music lagu lokal maupun internasional. Terdapat panggung musik, spot mural, dan juga ruang publik lainnya di sana. Kalau kamu adalah penikmat fotografi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencari objek foto di spot mural. Ruang kreatif ini sudah berhasil menjadi wadah musisi lokal untuk mengekspresikan diri mereka maupun membuat event yang bukan hanya menghibur, tetapi juga bermanfaat untuk orang banyak.

4. Fasilitas Ibadah yang Unik

m bloc space
Sumber: www.jajanbeken.com

Para pengunjung muslim tidak perlu khawatir, karena telah disediakan tempat sholat yang meskipun kecil tapi bentuknya unik. Letak mushola ini terletak tepat di bagian tengah. Dengan bata-bata yang disusun secara rapi, mushola ini menjadi tidak terlihat seperti mushola. Ruang perempuan dan laki-laki juga dipisah, begitu pula untuk tempat wudhu. Di bagian perempuan disediakan mukena yang wangi dan bersih, serta jumlahnya yang cukup banyak.

Baca juga:  Anti Gagal! Begini Cara Menghilangkan Bau Sepatu yang Tepat

Tips Berkunjung ke M Bloc Space Jakarta

Penting untuk diperhatikan, bahwa M Bloc Space terletak di pinggir jalan utama. Di tempat ini tidak disediakan parkir mobil maupun motor, sehingga pengunjung diharapkan untuk naik kendaraan umum seperti MRT atau TransJakarta ketika berkunjung ke sana. Tempat nongkrong hits untuk berbagai kalangan ini berada di bekas kompleks Peruri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kamu bisa berkunjung ke sana mulai pukul 12.00-20.00 WIB.

Sejak tanggal 15 Juni 2020, M Bloc Space kembali dibuka dengan hati-hati usai tutup sementara selama kurang lebih tiga bulan. Pengelola membatasi para tamu dan meminta mereka yang hadir untuk memesan dan juga membayar tiket terlebih dulu, paling tidak sehari sebelumnya. Voucher reservasi dapat dibeli seharga Rp26.000 (Rp 25.000 nilai voucher, Rp 1.000 biaya admin) yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di berbagai tenant M Bloc Space. Adapun voucher hanya berlaku di hari dan jam yang dipilih dan tidak dapat diuangkan, dikembalikan, ataupun dijadwalkan ulang dengan alasan apapun. Voucher reservasi disediakan per hari sesuai dengan kuota untuk 50 persen kapasitas M Bloc Space yang terbagi dalam dua jangka waktu, yaitu pukul 12.00-16.00 dan 16.00-20.00 WIB. 

M Bloc Space Jakarta bukan hanya cocok menjadi tempat konser musik. Bangunannya yang luas dan dipenuhi dengan tempat makan unik ini sangat cocok menjadi tempat kamu membuat workshop, diskusi film, diskusi buku, atau event kreatif lainnya. Sekarang saatnya kamu menjadi orang yang berkontribusi di ruang publik M Bloc Space!

Rishna Maulina

Share