Cerahkan Bibir Hitam dengan 7 Cara Jitu Mengatasinya

Sebagian besar orang mengeluhkan tampilan bibir hitam dan kering, baik kaum pria maupun wanita. Tak terkecuali kamu kan? Setiap orang pasti selalu ingin memiliki tampilan bibir sehat, lembab, dan warna merona. Namun, perubahan warna bibir menjadi hitam atau menggelap terkadang tak terhindarkan. Mulai dari faktor keturunan, perubahan hormon, iritasi, paparan sinar matahari, hingga kebiasaan merokok. Pastinya kamu nggak ingin kan penampilan bibirmu pucat dan kering sepanjang waktu?

Untuk itu, setelah memahami apa penyebab tampilan bibir menghitam dan kering, segera atasi permasalahan ini dengan perawatan bibir sederhana di rumah. Ready to say goodbye to dark lips? Here we go!

Apa Penyebab Tampilan Bibir Hitam dan Kering?

Secara alami, warna bibir setiap orang  berbeda-beda, sama halnya dengan warna kulit. Asal kamu tahu, orang yang memiliki kulit lebih gelap biasanya memiliki warna bibir yang lebih gelap juga, dikarenakan banyaknya jumlah melanin di kulitnya. Fungsi melanin sendiri bagi tubuh adalah memberi warna pada kulit. Artinya, semakin banyak jumlah melanin seseorang, maka semakin gelap pula warna kulitnya.

Bibir hitam juga dapat terjadi karena hiperpigmentasi, yaitu kondisi area kulit tertentu menjadi gelap daripada warna kulit di sekitarnya, termasuk kulit bibir. Atau bibir hitam terjadi akibat kurangnya kelembaban pada kulit bibir yang cenderung tipis.

Hal ini bisa disebabkan karena kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, konsumsi obat tertentu, kehamilan, hingga penyakit medis seperti Addison. Bahkan, kurangnya kelembaban yang terjadi terus-menerus pada bibir, bisa menyebabkan kering dan pecah-pecah.

Baca juga:  Samarkan Bintik Bintik di Wajah dengan 5 Cara Alami
bibir hitam

Cara Jitu Mengatasi Bibir Hitam dan Pecah-Pecah

1. Oleskan Lip Balm dengan Kandungan SPF

Seperti yang telah kita bahas di atas, salah satu penyebab bibir menggelap adalah pengaruh sinar UV. Untuk mencegah bibir hitam karena sinar UV, kamu memerlukan perlindungan bibir yang bisa kamu dapatkan dari lip care. Salah satu produk lip care yang bisa kamu gunakan untuk merawat bibir gelap adalah lip balm. Mengapa lip balm penting? Karena produk ini terbukti menghidrasi bibir dan mencegah bibir pecah-pecah. Untuk hasil terbaik, gunakan lip balm dengan SPF yang melindungi bibir dari paparan buruk sinar UV.

2. Pijat Bibir dengan Lip Oil Setiap Malam

Rutin lakukan lip massage dengan produk lip oil sebagai night care routine yang kamu lakukan. Memijat area bibir dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga produk lip care dapat diserap lebih baik.

Gunakan minyak kelapa, minyak jojoba, dan minyak almond untuk melakukan lip massage. Jenis-jenis minyak alami tersebut mengandung lemak esensial dan mineral untuk hasil bibir kenyal sekaligus terhidrasi. Oleskan minyak alami pada bibir kemudian pijat setidaknya selama 5 menit sebelum tidur. Kamu nggak perlu membilas sampai terbangun di pagi harinya.  

bibir hitam

3. Rutin Lakukan Eksfoliasi Bibir

Perawatan mingguan yang mungkin sering kamu lupakan adalah eksfoliasi bibir. Padahal pelembab dan scrub bibir harus dilakukan sebagai rutinitas lip care untuk mengatasi bibir hitam dan kering. Eksfoliasi berperan penting untuk menghilangkan sel kulit mati dan meningkatkan kelembaban.

Nggak perlu bingung, kamu bisa memakai bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di rumah untuk mencerahkan bibir yang hitam. Misalnya, bisa membuat scrub alami dari campuran madu dan gula. Atau kamu bisa juga mengoleskan campuran minyak kelapa dan gula pada bibir dengan tekanan lembut untuk mencegah iritasi.  

Baca juga:  Jenis Parfum Tahan Lama yang Menempel di Tubuh, Langsung Jatuh Cinta! 

Jika scrub bibir rutin kamu lakukan, hasilnya bibir gelap akan berkurang seiring waktu. Nah, sekarang kamu tahu kan? Deep exfoliation satu minggu sekali ini ternyata perlu lho kamu lakukan untuk menyegel kelembaban bibir sepanjang hari. 

4. Masker Alami untuk Bibir dari Minyak Kelapa

Kandungan emolien dan pelembab dalam minyak kelapa ternyata bagus untuk membantu menjaga bibir tetap lembut dan kenyal. Tak hanya itu, sifatnya yang menghidrasi juga bagus untuk mencegah bibir menjadi kering dan gelap. 

Cara pakainya mudah banget. Ambil sedikit minyak kelapa murni dengan jari telunjuk lalu oleskan ke bibir. Biarkan hingga kering. Untuk hasil optimal, kamu bisa lakukan 2 kali sehari. 

bibir hitam

5. Oleskan Madu pada Kulit Bibir

Bahan alami satu ini mudah ditemui di rumah untuk berbagai perawatan alami. Ya! Madu memiliki sifat anti-bakteri yang mana membantu penyembuhan luka karena bibir kering dan pecah-pecah. Kamu bisa mengoleskan madu murni untuk penyembuhan lebih cepat. Untuk mencerahkan bibir gelap, jadikan madu sebagai scrub. Campurkan satu sendok makan madu dan gula untuk mengelupas bibir kering dengan lembut.

6. Periksa Formula yang Terkandung dalam Lipstik

Salah satu cara instan menyamarkan tampilan bibir gelap adalah dengan memakai lipstik. Namun, kamu harus cermat memilih lipstik mana yang aman digunakan sehari-hari. Ada beberapa jenis kandungan dalam lipstik yang bisa memicu reaksi alergi atau iritasi. Misalnya peppermint, menthol, asam salisilat, lanolin, parfum, hingga fenol. Bahan-bahan tersebut jika digunakan terus menerus bisa membuat bibir menjadi hitam.

bibir hitam

7. Kurangi Kebiasaan Konsumsi Minuman Berkafein

Batasi konsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi untuk mencegah warna bibir menggelap. Kafein yang terkandung dalam kopi terutama, dapat menodai gigi dan bibir. Lebih baik kamu perbanyak konsumsi air putih yang bagus untuk menjaga kelembaban bibir sehingga masalah bibir kering dan menghitam dapat dicegah. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Milia di Wajah Cantikmu, Buktikan!

Perubahan warna bibir hitam bukanlah masalah besar karena dapat diatasi dengan rutinitas lip care yang tepat. Setelah kamu coba beberapa treatment alami di atas namun muncul lesi di kulit atau warna gelap yang tidak merata, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.