Samarkan Bintik Bintik di Wajah dengan 5 Cara Alami

Betapa indahnya ketika memiliki kulit yang halus, wajah yang cerah, bersih, mulus tanpa cela atau sering disebut sebagai flawless. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa cantik itu ketika memiliki wajah yang mulus, cerah, sehat dan bersinar tanpa adanya Freckles atau  bintik bintik di wajah. Sayangnya tidak semua orang memiliki keberuntungan sebagai flawless yang memiliki wajah idaman. Walau tidak berbahaya tapi keberadaan freckles cukup mengganggu bahkan bisa merusak kepercayaan diri.

Baiklah, mari kita kenali freckles lebih dekat agar bisa mengatasinya dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Freckles di Wajah?

Freckles adalah bintik-bintik kecil yang berwarna coklat di kulit. Freckles sering terlihat bermunculan di daerah sekitar wajah yang sering terkena paparan sinar matahari atau sinar UV. Kondisi freckles memang lebih sering dialami oleh orang-orang yang memiliki kulit terang. Tapi tidak semua orang yang terkena sinar matahari pasti akan timbul bintik bintik di wajah atau bagian tubuh  lain. 

Bagian kulit yang paling sering muncul bintik-bintik biasanya di wajah, leher, bahu dan tangan. Tapi tidak menutup kemungkinan anggota badan lain juga bisa terpapar bintik-bintik, karena semua anggota tubuh yang terkena sinar matahari berpotensi timbulnya freckles.

Penyebab Freckles Menurut Jenisnya

Ada dua jenis freckles, yaitu ephelides dan solar lentigines. Sekilas terlihat sama, yang membedakan dari kedua jenis ini adalah perkembangannya.

1. Ephelides

bintik bintik di wajah
Sumber: www.dermatologyadvisor.com

Ephelides adalah bintik-bintik yang muncul karena terkena paparan  sinar matahari. freckless jenis ephelides ini dapat dialami siapa saja yang terpapar sinar UV tanpa perlindungan, terutama bagi mereka yang memiliki kulit yang terang.

pada saat kulit terkena sinar UV maka secara otomatis melanin pada kulit akan berproduksi. Ketika produksi melanin terjadi pada sel-sel kulit yang rusak, maka melanin akan bisa berproduksi secara berlebih. Nah, produksi melanin yang berlebih mengakibatkan hiperpigmentasi yang bisa terlihat seperti bercak berwarna coklat, hitam atau terkadang merah.

Baca juga:  Jerawat di Kepala, 6 Tips Atasinya dan Lifestyle yang Sehat

2. Solar Lentigines

bintik bintik di wajah
Sumber: Freepik

Solar lentigines adalah bercak gelap pada kulit yang berkembang saat dewasa, termasuk bintik-bintik penuaan dan sunspots. Jenis freckles ini cenderung sering terlihat dialami oleh orang-orang dengan ras Kaukasia dan orang-orang dewasa berumur diatas 40 tahun.

Cara Menyamarkan Bintik Bintik di Wajah

Setelah mengetahui penyebab munculnya bintik-bintik pada kulit, tentunya kamu akan berpikiran “bisa ga sih bintik-bintik ini hilang permanen? atau minimal bisa tersamarkan?”.

Jangan khawatir. selanjutnya akan kita bahas tentang bagaimana cara menghilangkan atau minimal menyamarkan bintik-bintik atau freckles di kulit cantikmu.

Ada beberapa cara atau metode yang bisa kamu coba agar freckles bisa berkurang atau mungkin bahkan bisa hilang permanen.

1. Masker Alami Wajah dari Kunyit

bintik bintik di wajah
Sumber: Freepik

Kunyit memiliki senyawa kimia yang bernama Kurkumin yang mampu mencegah melanogenesis. Melanogenesis sendiri mengacu kepada pengontrolan dan mengurangi akumulasi melanin yang berlebih pada sel-sel kulit.

Cara aplikasi kunyit sebagai masker alami wajah cukup mudah dilakukan, lho! Dengan menggunakan satu sendok teh bubuk kunyit yang dicampur dengan satu sendok teh jus lemon dan diaduk sehingga menjadi pasta dengan campuran dua sendok susu, bisa kamu oleskan selama 20 menit sebagai masker. Setelah itu basuh wajah dengan air hangat sebelum kamu mengoleskan pelembab wajah.

2. Lidah Buaya 

bintik bintik di wajah
Sumber: Freepik

Gel lidah buaya langsung dari tanamannya bisa kamu gunakan dengan cara dioleskan langsung ke kulit wajah, atau bisa juga membeli gel lidah buaya di pasaran. Lidah buaya sangat efektif membantu mencerahkan warna kulit sekaligus bisa melindungi wajah dari efek buruk paparan sinar UV. 

Cara menggunakannya gel lidah buaya untuk menyamar bintik bintik di wajah juga sangat mudah. Cukup dengan memijat-mijat wajah dengan gel lidah buaya secara merata selama 10 menit setiap hari. Jangan lupa biasakan membasuh wajahmu dengan air hangat setelahnya.

Baca juga:  10 Bahan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Wajah Bersih!

3. Buttermilk atau Mentega Susu

bintik bintik di wajah
Sumber: Freepik

Asam laktat yang ada pada buttermilk sangat baik untuk memudarkan bintik bintik di wajah dan juga bisa menghidrasi kulit agar kelihatan lebih halus dan lembut. Kamu bisa mencoba mengoleskan buttermilk selama 10 sampai 15 menit di wajah setiap harinya, dan dibilas dengan air hangat sesudahnya.

4. Minyak Almond

minyak almond untuk bintik bintik di wajah
Sumber: Freepik

Kita tahu manfaat essential oil sangat bagus untuk merawat kulit, salah satunya minyak almond. Di dalam minyak almond terdapat kandungan vitamin A dan vitamin E yang sangat banyak, sangat bermanfaat untuk menyehatkan kulit dan mencerahkan pigmentasi.

Minyak almond sangat bagus dijadikan sebagai tonik yang bisa dioleskan hanya dengan 2-3 tetes saja ke area yang membutuhkan perawatan.

Kamu bisa membilas setelah 10 menit dengan air hangat, atau bahkan kamu bisa membiarkan sepanjang malam hingga meresap ke kulit. Kulit akan lebih terlihat lembut dan bercahaya setelah menggunakan minyak almond sebagai tonik.

5. Laser Therapy

bintik bintik di wajah
Sumber: Freepik

Salah satu cara tercepat dan efektif untuk menghilangkan bintik-bintik adalah dengan menggunakan metode laser therapy. Walaupun laser therapy tergolong sangat efektif dan populer untuk menghilangkan bintik-bintik, kamu tetap harus selalu menjaga agar jangan sampai bintik-bintik kembali lagi. 

Kamu juga harus mengetahui bagaimana cara menjaga dan mencegah agar bintik-bintik di wajah bisa teratasi.

Cara Mencegah Bintik Bintik di Wajah

Setelah kamu tau penyebab terjadinya bintik-bintik di wajah tentunya sekarang kamu tau dong bagaimana cara mencegah agar wajah mu terhindar dari bintik-bintik atau freckles?

Ya! hindari terlalu sering terpapar sinar buruk UV, biasakan menggunakan tabir surya ketika akan keluar rumah disiang hari. Bisa juga kamu menggunakan topi atau hal lain yang bisa menghindari terkena langsung sinar matahari, agar wajah cantikmu selalu tampil menawan tanpa freckles yang mengganggu.

Baca juga: 4 Cara Atasi Jerawat Pustula yang Bernanah dan Nyeri, Cepat Hilang!

Freckles atau bintik bintik di wajah umumnya tidak berbahaya untuk kulit. Namun kamu perlu segera mengatasinya dengan perawatan kulit wajah yang tepat, baik secara alami dan produk skincare terbaik. Jangan lupa untuk selalu lindungi kulitmu dari paparan sinar matahari yang berlebih karena bisa merusak kesehatan kulit termasuk risiko bintik-bintik kehitaman.