6 Manfaat Biotin untuk Rambut Sehat, Kamu Harus Tahu!

Sebelum pembahasan biotin untuk rambut, pernah ga sih kamu punya masalah dengan rambut rontok? Jujur aja, rambut rontok memang sangat menyebalkan, bahkan stres sebagai salah satu penyebab rambut rontok pun akan menjadi bertambah parah ketika melihat rambut semakin banyak yang rontok. Bener ga sih?

Tentunya kamu pernah dong terpikir, untuk menggunakan berbagai macam obat-obatan, vitamin, dan penyubur rambut dari berbagai macam brand yang kamu lihat dari iklan? Kamu tau ga sih, kamu bisa mencoba menggunakan biotin untuk rambut rontokmu.

Wait…..!! Jangan buru-buru ya, kamu harus kenalan dulu dengan yang namanya biotin, agar semakin sayang dan bertambah cinta akan khasiatnya untuk pertumbuhan rambut indahmu. Yuk kita simak artikel ini sampai habis, biar ga gagal paham ya!

Biotin itu Apa Sih?

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui apa itu biotin dan apa manfaat biotin untuk rambut. 

Konon kabarnya, kata “biotin” berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu “biotos” yang artinya kehidupan atau nutrisi. Biotin masih bagian dari keluarga vitamin B kompleks, lebih dikenal sebagai vitamin B7 atau vitamin H yang kaya akan nutrisi. 

Salah satu hal yang menakjubkan dari si biotin ini adalah, mengubah glukosa dari karbohidrat yang kamu konsumsi, dijadikan energi tubuh. Bukan hanya itu, biotin juga bisa memproduksi asam lemak dan membantu memecahkan protein menjadi asam amino. Artinya, biotin mempunyai kemampuan untuk memecah lemak, karbohidrat dan protein. Wow…keren kan??

Baca juga:  Jerawat Punggung: Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegah

Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah, apa jadinya kalau kamu kekurangan asupan biotin? Asam amino yang semestinya bisa bekerja dengan baik tentu akan merasa terganggu kinerjanya dalam menjalankan fungsi tubuh normal jika kekurangan asupan biotin.

biotin untuk rambut

Waduh ga kebayang deh kalau kamu sampai kekurangan asupan biotin, tentunya beberapa proses metabolisme tubuh akan terganggu. Mulai ngerasain kesulitan tidur, kelelahan, kuku mudah patah, bahkan rambut mulai rontok. 

Tapi tenang dulu….ga usah khawatir dulu ya, karena biotin sangat mudah dikonsumsi asalkan kamu mau melakukannya. Banyak kok makanan yang kaya akan manfaat biotin, diantaranya:

  • daging hati sapi
  • kacang-kacangan, seperti almond
  • alpukat, ikan salmon
  • susu dan produk olahannya
  • kuning telur
  • ubi jalar
  • sereal (gandum dan oat)
  • sayuran seperti bayam dan jamur

Bahkan karbohidrat yang kamu konsumsi itu juga kaya dengan biotin yang akan diubah menjadi gula ketika tubuhmu membutuhkan gula untuk tenaga.

Manfaat Biotin untuk Rambut

Dengan segudang manfaat yang ada pada biotin, pastinya kamu yang sedang bermasalah dengan kesehatan rambut, akan bertanya-tanya, apa sih manfaat biotin untuk rambut? Oke, akan kita bahas satu per satu manfaatnya untuk rambut dan kulit kepala.

1. Merawat Kulit Kepala

Manfaat biotin untuk rambut yang pertama adalah merawat kulit kepala. Biotin merupakan vitamin B kompleks yang membantu memberikan nutrisi pada kulit kepala. Tentunya dengan menjaga kesehatan kulit kepala, akan mendukung pertumbuhan rambut dalam kondisi yang ideal.

2. Memperkuat Akar Rambut

Perlu kamu ketahui, bahwa akar rambut yang tumbuh dalam kulit kepala sangat membutuhkan nutrisi agar tetap kuat. Artinya, akar rambut yang kuat secara langsung akan mengurangi masalah kerontokan pada rambutmu. Jadi, wajar dong kalau biotin sangat penting bagi akar rambut indahmu.

Baca juga:  9 Cara Makeup Natural dan Simpel, Cocok Buat Beginner!

3. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

biotin untuk rambut

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, manfaat biotin untuk rambut adalah menutrisi rambut dan kulit kepala. Tahu ga sih, dampak positif dari hal itu adalah pertumbuhan rambut akan menjadi lebih cepat. Kabar baik ini sudah menyebar lho di kalangan pria-pria yang mengalami kebotakan, makanya ga heran kalau biotin ini sangat dipuja oleh mereka yang mengalami kebotakan dan rambut rontok.

4. Menebalkan Batang Rambut

Bagi kamu yang mengalami masalah dengan rambut tipis, cepat kusut, sulit diatur serta gampang rontok, sekarang ga perlu khawatir lagi. Biotin membantu menutrisi seluruh bagian rambutmu. 

5. Mengurangi Rambut Bercabang

Manfaat berikutnya adalah mengurangi masalah pada rambut bercabang. Kamu bisa lho menggunakan produk kecantikan hair care yang mengandung biotin untuk merawat rambutmu. Kandungan vitamin-nya akan membuat rambutmu sehat dan terlindung dari berbagai polusi udara serta sinar UV buruk yang menyebabkan rambut bercabang.

6. Membuat Rambut Berkilau Alami

Manfaat biotin untuk rambut yang terakhir adalah menjadikan rambut indahmu semakin berkilau secara alami. Tanpa kondisioner ataupun obat-obatan pengilau, rambut indahmu tetap akan berkilau secara alami.

Rekomendasi Dosis Suplemen Biotin yang Tepat 

biotin untuk rambut

Dilansir dari laman hellosehat.com, dosis biotin dapat bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kesehatan secara keseluruhan. Para ahli merekomendasikan pedoman dosis suplemen dengan kandungan biotin di bawah ini.

  • Siapa pun yang berusia 10 tahun atau lebih tua harus mendapatkan antara 30 – 100 mcg (mikrogram) asupan biotin per hari.
  • Bayi dan anak-anak harus mendapatkan 10 – 20 mcg per hari (usia 0 – 3 tahun), 25 mcg (usia 4 – 6 tahun), dan 30 mcg (usia 7 – 10 tahun).

Baca juga: 5+ Cara Agar Rambut Lembut dan Jatuh yang Perlu Dicoba

Gimana? Biotin untuk rambut keren kan??? Iya dong! Trus…tunggu apalagi, buruan konsumsi dengan baik agar rambut rontok, kepala botak, rambut tipis pergi jauh!!