Foto oleh Ash dari Pexels

5 Ide Bisnis Kuliner Menarik untuk Anak Muda

Anak muda zaman sekarang dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam segala hal. Termasuk dalam mencari penghasilan. Selain bekerja, tidak sedikit dari mereka yang mencari penghasilan dengan cara berwirausaha. Saat ini peluang berwirausaha sangat luas, apalagi dengan adanya media sosial yang akan lebih memudahkan dalam mempromosikan usaha. Salah satu usaha yang sedang populer di kalangan anak muda adalah bisnis kuliner.

Bisnis kuliner memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha bisnis kuliner yang sukses merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap. Ditambah jenis makanan kuliner yang dipasarkan sangat inovatif serta rasanya enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis kuliner adalah kreatif dan inovatif.

Dengan memberikan beragam inovasi, bisnis kuliner kamu pasti mampu menghasilkan omzet yang cukup besar. Lalu apa saja bisnis kuliner yang bisa kamu coba? Nah, berikut ada beberapa jenis bisnis kuliner yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Kopi

bisnis kuliner kopi
sumber : www.pexels.com

Kopi merupakan minuman favorit sebagian besar masya’rakat Indonesia. Tingginya minat masyarakat, membuat kedai kopi sekarang semakin banyak dan mudah untuk ditemui. Jadi, bisnis minuman kopi perlu kamu coba nih, apalagi saat ini sudah terdapat beragam jenis minuman kopi. Seperti kopi luwak misalnya yang sudah terkenal enak dan memiliki cita rasa yang khas.┬áBisnis minuman ini membutuhkan modal yang cukup bervariasi, tergantung besar kecilnya usaha, seperti angkringan, warung kopi, atau cafe.

Contoh untuk bisnis skala kecil dari usaha kopi ini bisa ditemui dalam bentuk angkringan. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, namun memiliki prospek yang cukup bagus, sehingga nggak heran juga kalau sekarang sudah banyak bisnis angkringan yang bermunculan.

Baca juga:  Belum Punya Dana Darurat? Simak 4 Tips Memilikinya

2. Fast Food

bisnis kuliner fast food
sumber : www.pexels.com

Fast food adalah salah satu referensi bisnis kuliner yang patut kamu coba nih. Makanan jenis fast food kini sangat popular di semua kalangan. Banyak masyarakat Indonesia yang suka dengan makanan cepat saji ini. Nggak hanya orang dewasa saja yang suka, anak-anak pun kini juga cenderung lebih memilih untuk mengonsumsi fast food. Untuk menambah nilai jual, kamu bisa memberikan inovasi dan modifikasi pada sajian yang memang sudah ada seperti kentang goreng, pizza hingga burger. Kamu juga bisa menawarkan varian rasa hingga mengubah cara memasak menjadi makanan khas Indonesia.

3. Roti Bakar

roti bakar
sumber : www.pexels.com

Saat ini sudah banyak orang yang menggeluti bisnis roti bakar. Bisnis kuliner roti bakar memang sangat menjanjikan. Sebab, usaha tersebut memiliki prospek bisnis yang bagus. Roti bakar juga banyak diminati karena sangat cocok menjadi teman bersantai dan mengerjakan pekerjaan rumah. Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal kecil, sedangkan lokasi untuk berjualan dapat di pinggir jalan, kedai, atau tempat keramaian lainnya. Menjual roti bakar tidak membutuhkan keahlian khusus. Hanya variasi dan inovasi yang dibutuhkan agar bisnis kuliner kamu tetap bertahan dan terus berkembang.

Meski roti bakar berupa camilan sederhana, dengan adanya inovasi cemerlang akan mampu membuat sajian terlihat lebih mewah. Kamu bisa melakukan inovasi pada tempat, pelayanan ataupun rasa yang ditawarkan.

4. Makanan Diet Mayo

makanan sehat diet
sumber : www.pexels.com

Kesehatan adalah hal yang paling penting dan harus diperhatikan. Siapa sih yang nggak pengen hidup sehat, apalagi buat kamu yang punya banyak aktivitas, tapi jarang olahraga dan makan makanan sehat. Nah, dari sini kamu bisa memanfaatkannya dengan membangun bisnis makanan sehat seperti makanan diet mayo. Bisnis yang kini banyak ditekuni di perkotaan ini terbukti mampu membawa keuntungan besar jika kamu tahu pangsa pasarnya. Kamu hanya perlu survei tentang menu-menu diet mayo yang banyak disukai para pekerja kantoran, ibu rumah tangga, atau bahkan mahasiswa yang berniat hidup sehat tapi nggak mau ribet. Kamu juga bisa menyediakan jasa antar sampai ke lokasi supaya bisnis kamu makin dikenal banyak orang. Jangan lupa juga untuk melakukan promosi lewat sosial media ya.

Baca juga:  Lakukan dengan Tepat, untuk Mendapatkan Manfaat Jogging bagi Kesehatan

5. Jus Buah

apel, apple, buah
sumber : www.pexels.com

Selain makanan, ada juga nih bisnis kuliner yang menguntungkan. Jus buah misalnya. Menjual beragam jus buah segar memang dikenal memiliki prospek usaha yang tinggi. Jus buah juga menjadi salah satu jenis bisnis kuliner yang paling laris meski sangat sederhana. Untuk memulai bisnis satu ini juga tidak harus memiliki keterampilan khusus karena sangat mudah.

Waktu yang efektif untuk menjual jus buah adalah antara siang hingga sore hari, karena pada malam hari konsumen jus akan berkurang. Selain enak, buah juga mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa membuka stand di depan rumah untuk memulai membuka bisnis jus buah ini.

Itulah beberapa ide bisnis kuliner yang bisa kamu jadikan referensi untuk berwirausaha. Apapun bisnis kuliner yang kamu pilih akan selalu ada tantangan di dalamnya, jadi jangan pernah takut mencoba ya. Karena tidak sedikit pelaku usaha di bidang kuliner yang akhirnya sukses, meskipun awalnya tidak memiliki keterampilan khusus dan latar belakang di bidang kuliner.

Share