Tips Penting Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Bisnis properti bisa memberikan penghasilan passive dan massive income bagi pemiliknya, jika tahu caranya. Passive income (penghasilan yang didapatkan tanpa bekerja) bisa diperoleh dengan cara meyewakan properti tersebut kepada orang lain. Selanjutnya, properti bisa menghasilkan massive income, yaitu menghasilkan uang dengan cara-cara tertentu, seperti dengan cara membeli dengan harga murah kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi sehingga kamu mendapatkan capital gain (keuntungan) karena proses tersebut.

Mengapa Properti Menjadi Bisnis yang Menjanjikan?

Karena penghasilan di bisnis properti tergolong besar

agen, akuntan, anggaran

Bisnis properti memberikan penghasilan besar bagi pelakunya. Kenapa? karena memang omzetnya juga besar. Contohnya seorang broker yang berhasil mentransaksikan properti senilai 5 milyar rupiah, maka apabila brokerage fee untuk transaksi ini adalah 2,5% maka ia berhak atas penghasilan 125 juta rupiah.

Ini untuk sekali transaksi, lho. Bayangkan jika kamu berhasil mentransaksikan beberapa properti tiap bulannya maka bisa dihitung penghasilannya. Selain itu, saat ini harga properti yang berlokasi di kota-kota besar sangat tinggi. Sehingga jumlah komisi yang besar sangat mudah untuk didapatkan.

Karena properti bisa dimiliki oleh semua orang

Properti bisa dimiliki oleh semua orang, selagi seseorang sanggup memenuhi syarat-syarat kepemilikan properti. Bahkan bagi orang yang tidak memiliki uang seharga properti pun bisa memilikinya, karena tersedia banyak bantuan pembiayaan.

Baca juga:  Berkenalan dengan Konsep Saluran Distribusi dan 7 Fungsinya

Melalui bantuan pembiayaan seorang karyawan yang memiliki penghasilan pas-pasan bisa memiliki rumah. Apalagi saat ini juga tersedia program pemerintah yang memberikan kemudahan dan keringanan bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah (MBR) untuk memiliki rumah yang bertajuk pengadaan sejuta rumah. Kenyataan ini semakin menambah besar peluang bagi bisnis properti di masa depan.

Cara Memulai Bisnis Properti dengan Modal Kecil/Tanpa Modal

Menjadi broker properti

Menjadi broker properti tidak membutuhkan banyak modal. Kamu hanya memerlukan properti yang dijual di sekitar kamu dan mengiklankannya. Hubungi pemilik properti dan tawarkan kerja sama untuk mempromosikan propertinya dengan komisi tertentu sesuai kesepakatan. Setelah penawaran disetujui, kamu dapat mengiklankan properti tersebut di media massa, koran, marketplace, dan lain-lain. Biasanya seorang broker properti akan mendapatkan komisi sebesar 2,5% dari harga penjualan. Cukup lumayan bukan, bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar tanpa banyak keluar modal?

Menjadi karyawan di kantor agen properti

Sebagai pemula dalam bisnis properti, kamu juga bisa bergabung dengan kantor agen properti untuk mendapatkan informasi terbaru tentang properti yang dijual dan promosi yang bisa ditawarkan kepada calon pembeli.Bergabung dengan agen properti berarti akan memberi kemudahan dari segi ketersediaan informasi produk dari mulai brosur sampai costumer service. Selain itu, kamu juga akan memperoleh komisi jika berhasil menjual properti.

Membuka penginapan, kost, atau homestay

Membuka penginapan, kost, atau homestay merupakan salah satu bentuk bisnis properti. Jika kamu mempunyai kerabat atau teman yang memiliki sebuah rumah yang tidak dihuni di lokasi strategis, mintalah izin untuk menyewakan properti tersebut. Properti itu dapat dijadikan penginapan, kost, atau homestay. Kamu bisa membagi keuntungan dari hasil penyewaan dengan pemilik rumah.

Baca juga:  Sudah Tahu Perbedaan BOQ dan RAB dalam Bisnis? Ini Penjelasannya

Membuat website tentang jual beli properti

Walaupun terkesan tidak berhubungan langsung, bagi kamu yang akrab dengan dunia digital, tetap bisa menikmati gurihnya bisnis properti ini. Kamu bisa membuat sebuah website yang memberi informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan properti sekaligus menginformasikan tentang jual beli di dalamnya.

Website ini nantinya bisa mempertemukan pembeli dan penjual. Namun semua kontak harus melalui kamu. Jadi, jangan memberikan informasi kontak pembeli atau pun penjual di dalam website tersebut. Pemasaran lewat online akan memperluas network kamu sehingga pembeli dari luar pulau pun dapat melihat properti yang kamu tawarkan.

Mengikuti investasi bersama, dengan nominal terbatas

Jika bisnis properti secara penuh masih menjadi hal yang sulit kamu lakukan karena keterbatasan modal,cobalah untuk melakukan investasi bersama. Seperti yang diketahui, saat ini cukup banyak jenis investasi yang ditawarkan kepada masyarakat secara umum, salah satunya adalah investasi di bidang properti. Investasi di bidang properti biasanya di tawarkan pada pembangunan properti dengan jumlah besar misalnya condotel atau apartement.

Investasi pada bisnis properti ini bisa kamu mulai dengan nominal 15 juta saja. Nominal tersebut cukup murah jika dibandingkan dengan besarnya aset yang ditawarkan. Adapun keuntungan dari kepemilikian properti bersama semacam  ini biasanya tidak dalam bentuk keuntungan per bulan melainkan kenaikan harga saham di pasaran.

Itulah poin-poin penting dalam cara memulai bisnis properti dari nol tanpa modal maupun dengan modal terbatas. Perlu diingat, letak sukses yang sejati adalah perjalanan menuju kesuksesan itu sendiri. Demikian pula dengan bisnis properti. Semoga tips ini berguna bagi kamu yang sedang ingin memulai bisnis properti.