Bleaching Rambut: 6 Step, Efek Samping, dan Tips Merawatnya

Proses pewarnaan rambut atau bleaching rambut adalah merubah warna rambut dasar. Baik wanita maupun pria, mengubah tampilan warna rambut asli adalah salah satu hal yang disukai agar makin kece. Biar nggak bosan, sebagian orang memilih mengganti warna rambut yang mereka sukai. . Meskipun banyak yang memilih proses pewarnaan rambut ini, sebagian orang belum memahami arti bleaching rambut, langkah-langkahnya, efek samping, hingga tips merawat rambut setelah diwarnai. 

Benarkah pewarnaan rambut bisa menyebabkan rambut jadi kering, rapuh, dan sejumlah masalah lainnya? Cari tahu rasa penasaranmu selengkapnya dalam artikel berikut.

Urutan Step Bleaching Rambut adalah:

1. Mencuci Rambut

Step pertama sebelum bleaching rambut adalah mencuci rambut sampai bersih memakai shampo yang biasa kamu pakai. Dalam proses ini, kamu nggak perlu memakai conditioner. Setelah rambut dicuci, angin-anginkan rambut sampai setengah kering sebelum ke proses berikutnya.

bleaching rambut adalah

2. Mempersiapkan Bahan-Bahan untuk Pewarnaan

Biasanya, proses pewarnaan memerlukan bahan yang dibuat dari campuran bleach powder dan hidrogen peroksida 6% dengan perbandingan 1:1. Agar lebih simpel, kamu bisa memilih bahan bleach instan yang banyak dijual di pasaran dengan kualitas terbaik yang aman untuk rambutmu.

bleaching rambut adalah

3. Jadikan Rambut Jadi Beberapa Bagian

Step berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah jadikan rambut dalam beberapa bagian. Untuk rambut tipis, kamu bisa membaginya menjadi tiga bagian. Sementara rambut yang lebih tebal, bisa kamu pisahkan lebih dari tiga bagian. Langkah pemisahan rambut ini perlu dilakukan agar proses pewarnaan lebih mudah dan hasilnya merata.

bleaching rambut adalah

4. Lakukan Proses Bleaching

Next step, lakukan satu per satu proses pewarnaan dengan mengoleskan bahan bleach secara merata. Beri jarak 2 hingga 3 cm dari pangkal rambut agar produk bleach tidak mengenai kulit kepala. Jika semua telah dioleskan secara merata, tutup satu bagian rambut dengan alumunium foil sheet. Ulangi proses ini pada seluruh bagian rambut. Kamu bisa meminta bantuan orang lain jika kesulitan melakukan proses ini.

Baca juga:  6 Cara Mengatasi Kulit Bertekstur Jadi Lebih Halus dan Glowing, Ampuh!
langkah pewarnaan rambut

5. Tunggu Perubahan Warna Rambut Sebelum Diwarnai

Bleaching tujuannya untuk menghilangkan warna asli rambut menjadi lebih terang, sebagai dasar untuk mewarnai. Oleh sebab itu, ketika proses bleaching, tunggu perubahan warna rambut selama 15-30 menit. 

Perlu kamu ketahui, pigmen dasar rambut orang Indonesia adalah berwarna merah dan kuning. Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan bleaching, biasanya terlihat perubahan warna dasar rambut menjadi orange (kita sebut level 6). Sedangkan rambut yang sudah pernah diwarnai, biasanya akan berubah menjadi kuning pucat (level 7). 

Nah, kalau kamu menginginkan rambut dengan warna-warna yang lebih terang seperti coral peach, sunset, unicorn, maka lakukan bleaching lebih dari satu kali hingga level 7. Jika ingin mengaplikasikan warna bernuansa pastel atau vivid yang menyala, lakukan bleaching lebih banyak hingga warna rambut hampir putih (mencapai level 10). Setelah itu, rambut baru diwarnai sesuai pilihanmu.

pewarnaan rambut

6. Step Terakhir Bleaching Rambut adalah: Bilas Rambut Sampai Bersih

Setelah proses pewarnaan selesai segera bilas rambut dengan shampo dan conditioner seperti pada langkah pertama. Keringkan rambut yang sudah dibilas tanpa menggunakan hair dryer. Proses bleaching rambut sudah selesai dan lanjut ke step berikutnya untuk mengaplikasikan warna sesuai selera.

Efek Samping Bleaching Rambut adalah

Sebagian orang menyukai hasil bleaching rambut dengan variasi warna yang bisa dipilih sesuai keinginan. Selain lebih menarik, rambut yang diwarnai bikin pemiliknya semakin tampil percaya diri. Namun, kamu perlu mengetahui beberapa efek samping sebelum mewarnai rambutmu. 

Tahu kan, proses bleaching pada rambut dapat melarutkan pigmen warna asli rambut jika dilakukan dengan sembarangan. Rambutmu akan melewati proses pewarnaan kimiawi yang berisiko membuat rambut kering, mudah patah, rontok, dan rapuh. Jika terus dibiarkan, rambut yang rontok parah bisa berujung kebotakan. 

Bagi kamu yang punya sensitivitas tinggi terhadap bahan kimia dengan timbulnya reaksi alergi, perhatikan bahan-bahan dalam produk pewarnaan rambut. Reaksi alergi yang muncul di antaranya seperti iritasi kulit kepala, rasa gatal, sesak napas, hingga sakit kepala. Segera hentikan proses pewarnaan rambut jika kamu mengalami tanda-tanda alergi tersebut.

Baca juga:  Jerawat Punggung: Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegah

Tips Merawat Rambut Bleaching adalah

1. Pakai Produk Hair Care Khusus untuk Rambut Diwarnai

Tentu kondisi rambut yang rentan rusak jadi mimpi buruk bagi setiap orang. Kita tahu bahwa proses bleaching rambut berisiko merusak struktur serat di helai rambut jika tidak dilakukan dengan tepat. Dampak yang terjadi tentu kondisi rambut jadi lebih rapuh dan rusak. 

Lalu apa yang perlu dilakukan agar rambut diwarnai tetap lembut, terawat dan sehat? Langkah pertama, pakai produk shampo, conditioner, hair mask, hair vitamin, dan hair serum dengan formula khusus untuk rambut diwarnai. Pakai produk hair care dengan formula yang ringan, lembut, dan bebas sulfat agar warna rambut nggak cepat luntur.

creambath rambut

2. Perhatikan Kapan Waktu Keramas yang Tepat

Setelah rambut di-bleaching, tentu lapisan kutikula rambut jadi terbuka dan cat menembus ke batang rambut. Pada momen ini, hindari keramas dahulu karena bisa memudarkan cat rambut. Beri jeda waktu supaya lapisan kutikula dapat menutup kembali, agar hasil bleaching rambut sempurna dan tidak luntur, dan tunggu 2 hari kemudian baru keramas. Kamu cukup keramas 2-3 kali dalam seminggu memakai shampo khusus untuk rambut diwarnai.

3. Air Dingin untuk Membilas Rambut

Hindari air panas untuk membilas rambut yang di-bleaching karena rentan rusak hingga menghilangkan kelembaban alami rambut. Air panas dapat membuat lapisan kutikula longgar dan produksi sebum di kulit kepala semakin meningkat. 

Oleh karena itu, tips terbaik merawat bleaching rambut adalah memakai air dingin untuk membilas rambut. Air dingin membantu menutup kelenjar sebum di kulit kepala, memperkuat folikel rambut, mengatasi rambut kusut, dan mengunci warna cat rambut lebih tahan lama.

4. Menjaga Rambut Tetap Lembab

Tips terpenting untuk menjaga rambut diwarnai agar tetap tahan lama dan nggak rentan rusak adalah menjaga kelembabannya. Perlu kamu ketahui, proses pewarnaan rambut punya efek samping yang bisa membuat rambut kering dan rapuh. Pertahankan kelembaban alami rambut utamanya dengan memakai kondisioner setelah keramas. Produk hair color conditioner dibuat dari minyak alami yang melembabkan dan mempertahankan pigmen warna. 

cara bleaching rambut

5. Batasi Pemakaian Hair Styling Tool

Rambut indahmu akan mudah rusak dan kering apabila sering memakai hair styling tool dengan suhu panas. Agar hasil bleaching rambut tetap bertahan, maka batasilah pemakaian hair dryer, blow dryer, dan catok rambut. Jika sesekali kamu memakai alat styling rambut, oleskan hair serum khusus atau heat protectant untuk melindungi rambut, ya!

hair styling

Baca juga: Ingin Coba Threading Alis? Ketahui Cara Kerja dan Tipsnya 

Jika kamu tertarik mengubah warna rambut agar lebih menarik dan sesuai keinginan, terapkan langkah-langkah di atas dengan tepat. Tips perawatan bleaching rambut adalah hal yang penting kamu lakukan untuk mencegah masalah rambut rontok dan kering. Rambut yang sehat dan terawat tentu membuatmu tampil semakin percaya diri.