6 Manfaat Body Scrub untuk Kulit Sehat dan Makin Halus

Salah satu perawatan tubuh (body care) yang efektif mengatasi masalah kulit kering dan kusam adalah rajin mengaplikasikan body scrub. Langkah pengelupasan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk perlu dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bebas masalah. Dengan butiran-butiran yang lembut, produk lulur untuk tubuh ini secara halus menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Kamu pasti menginginkan kulit tubuh yang halus, cerah, dan tekstur kulit merata, bukan? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Manfaat Scrub Tubuh untuk Kulit

Kulit secara alami mengalami regenerasi sel kulit, namun dalam prosesnya tidak 100 persen sempurna. dan dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit kamu. Di sinilah scrub badan sangat diperlukan.

Pada dasarnya, eksfoliasi tubuh efektif merangsang pergantian sel kulit mati, menghaluskan kulit, mencerahkan kulit hingga mencegah timbulnya jerawat. Simak beberapa manfaat eksfoliasi kulit tubuh:

1. Menyiapkan kulit untuk mampu menyerap produk pelembab lebih baik. Kulit tubuh yang rutin eksfoliasi,  maka pelembap yang dioleskan setelahnya akan cepat meresap ke dalam kulit.

2. Membuka pori-pori tersumbat dan mencegah rambut tumbuh ke dalam (ingrown hair) yang menyebabkan jerawat. Eksfoliasi yang dilakukan teratur akan membantu kulit menjadi lebih bersih dan sehat.

Baca juga:  Skincare untuk Kulit Berminyak dan Pori Besar, Hindari 5 Bahan Berikut Ini!

3. Hasil perawatan membuat permukaan kulit terasa lebih halus, lembap, dan tekstur kulit menjadi rata. Jarang melakukan eksfoliasi akan membuat kulit kasar, tampak kusam dan pecah-pecah.

4. Mendorong peremajaan kulit tampak lebih sehat karena sel-sel kulit mati terangkat.

5. Sel kulit mati yang telah terangkat dan kulit diremajakan akan menghasilkan tampilan kulit yang lembut dan warna kulit merata.

6. Pijatan yang dilakukan saat mengaplikasikan produk juga membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat kulit semakin elastis.

Ini Beda Body Scrub, Body Lotion, dan Body Butter

bidy lotion body butter
Sumber: Freepik

Sama-sama termasuk produk perawatan tubuh, body butter digunakan sebagai pelembap untuk kulit kering. Body butter memiliki tekstur sangat kental dan padat seperti mentega (butter). Dibanding body lotion, body butter yang dioleskan sedikit saja ke kulit, memiliki efek lembap yang langsung dirasakan. Selain melembapkan kulit, body butter juga dapat menghaluskan kulit dan melindungi kulit dari bahaya paparan lingkungan yang merusak kulit.

Sementara itu, body lotion merupakan produk perawatan tubuh yang memiliki tekstur lebih cair dibanding body butter dan mengandung konsentrasi lebih tinggi. Meresap cepat ke kulit, produk lotion mengandung hidrator esensial yang bermanfaat meningkatkan dan mengunci kelembapan kulit. Pilihlah produk lotion yang minim wewangian karena dapat memicu iritasi kulit. 

Cara Memakai Produk Scrub Badan?

scrub untuk badan
Sumber: Freepik

Beberapa langkah sederhana yang perlu kamu terapkan agar scrub badan bekerja optimal dalam kulit, seperti berikut:

  • Oleskan scrub menggunakan tangan. Pertama gunakan sendok kayu bersih untuk menyendok produk dalam kemasan, lalu oleskan scrub secara merata ke tubuh dengan tangan.
  • Gosok ke arah jantung. Cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah semakin lancar di dalam tubuh adalah menggosok ke arah jantung. Pertama mulai dari bagian kaki lalu pijat dengan gerakan melingkar ke atas. Dari kaki lanjutkan bagian tangan mulai dari jari dan pijat lengan ke atas.
  • Hindari aplikasi produk setiap hari. Mungkin kamu berpikir dengan menggosok butiran scrub setiap hari hasilnya terasa sangat baik pada kulit. Ingatlah, over-exfoliation tidak bagus untuk kesehatan kulit, apalagi kamu memiliki kulit sensitif. Cukup lakukan 2-3 kali seminggu.
  • Aplikasikan pelembap setelahnya. Kembalikan kelembapan kulit setelah menggosok scrub pada tubuh.
Baca juga:  Wajah Gatal dan Kering? Ini Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Baca juga: Sama-Sama Wangi, Ini Beda Body Mist, Body Spray dan Cologne

Body scrub adalah salah satu body care routine yang perlu kamu aplikasikan pada kulit yang kering dan pecah-pecah. Langkah rutinitas perawatan tubuh ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Carilah produk perawatan tubuh dengan formula kelembapan yang oil-free, seperti ceramide, vitamin E, atau asam hialuronat.