Bold MakeUp: Tips Aplikasi, dan Rekomendasi Produk

Riasan natural memang jadi favorit banyak wanita saat ini. Namun, tak ada salahnya untuk tampil beda dengan mencoba bergaya dengan tampilan bold makeup. Selain memberi kesan beda, tampilan bold juga bisa membuat wajah jadi terkesan berani, dramatis, dan seksi. Biasanya, jenis riasan ini sering dipakai di acara formal di malam hari.

Jika diaplikasikan dengan benar, riasan bold bisa membuat penampilan jadi makin elegan. Untuk kamu yang mau tampil beda dengan riasan bold, pastikan kamu mengaplikasikannya dengan benar. Sebab, makeup yang salah bisa membuat tampilan justru terlihat seram, menor, atau mencolok. Berikut beberapa informasi mengenai tampilan bold yang perlu kamu ketahui.

bold makeup
Sumber: Pinterest

8 Tips Aplikasi untuk MakeUp Bold

Biasanya tampilan bold ini difokuskan di dua area wajah, yaitu mata dan bibir. Complexion yang flawless hasil aplikasi produk-produk base makeup adalah salah satu kunci untuk mendapatkan riasan bold. Banyak yang mengira kalau warna yang digunakan untuk tampilan bold adalah warna-warna yang gelap saja, padahal warna-warna yang terang dan natural pun bisa juga digunakan untuk tampilan ini. Berikut 8 tips untuk tampilan riasan bold.

1. Keseimbangan Keseluruhan Tampilan

Kunci utama dari tampilan makeup bold adalah keseimbangan. Jika kamu memilih tampilan alis dan mata yang bold, maka disarankan agar bagian wajah lainnya dibuat lebih natural. Selain membuat wajah terlihat seimbang, trik ini akan membuat area wajah yang diaplikasikan riasan bold menjadi fokus perhatian.

2. Tampilan Bold di Mata dan Bibir

Bagaimana jika kamu tetap ingin memakai lipstik merah dan smokey eyes atau winged eyeliner yang bold untuk glam look ke pesta? Bisa juga, asalkan dijaga agar aplikasinya tidak berlebihan. Misalnya, pilih padu padan warna eyeshadow yang lebih terang agar tidak seintens warna hitam, atau perkecil ukuran winged eyeliner. Jaga agar area lain wajah tetap natural, misalnya dengan aplikasi blush on yang samar.

3. Pilih Warna Kontras

Jika ingin tampil bold dengan warna-warna cerah, maka trik yang bisa kamu terapkan untuk riasan bold adalah memilih complementary colors atau warna-warna kontras. Misalnya saja, untuk lipstik merah, kamu bisa menyelipkan warna hijau di eyeshadow. Sedangkan lipstik berwarna jingga bisa dibuat kontras dengan eyeshadow warna biru.

4. Garis yang Rapi dan Tegas

Salah satu cara untuk mendapatkan tampilan bold adalah kreasi bentuk dan garis yang rapi dan tegas. Kreasinya memang tidak mudah, apalagi makeup sepasang mata yang harus terlihat sama dan seimbang. Kamu sebaiknya latihan terlebih dahulu agar hasilnya bisa rapi, seimbang, dan on fleek.

5. Aplikasi Warna Neon

Warna neon yang cerah dan fun memang seru untuk dijadikan warna make up. Namun jika aplikasinya tidak hati-hati, maka wajahmu bisa jadi seperti badut. Jika ingin memakai warna neon untuk tampilan bold, maka para makeup artist menyarankan untuk mengaplikasikannya sebagai eyeliner, eyeshadow, atau riasan bibir agar tidak berlebihan.

Baca juga:  Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock? Jangan Sampai Keliru

6. Blush On Cream

Ingin membuat tampilan statement blush yang tahun ini sedang tren? Kamu bisa memilih blush on berbentuk krim karena lebih mudah untuk dibaurkan. Perlu kamu pahami jika statement blush aplikasinya tak hanya di tulang pipi, tapi sampai ke bawah mata dan menyebrangi hidung. Kamu bisa aplikasikan blush on cream tipis saja agar tidak berlebihan dalam memberi rona di wajah.

7. Bibir Glossy yang Bold dengan Warna Nude

Bibir yang terlihat bold tak selalu dengan warna-warna lipstik yang kuat dan gelap. Warna lipstik nude juga bisa kamu kreasikan menjadi bold, tapi tidak berlebihan dengan tambahan lip gloss. Jika ingin terlihat lebih menonjol, kamu bisa membingkai dulu bibir dengan warna lebih gelap, baru pulaskan warna nude di seluruh bibir. Setelah itu, aplikasikan lip gloss bening.

8. Flawless Complexion

Sebagai dasar dari riasan bold kreasimu, tentu saja kulit wajah harus tampak flawless dan segar. Untuk mendapatkannya, kamu tidak perlu memakai foundation tebal dan full coverage, karena saat ini tren untuk alternatif foundation adalah face tint. Produk base makeup ini memiliki formula yang ringan dengan coverage natural yang akan membuatmu mendapatkan kulit wajah yang tampak flawless dan segar.

4 Inspirasi Tampilan Bold

Berikut ini beberapa tampilan riasan yang bold, termasuk makeup bold untuk kulit sawo matang, yang dapat kamu jadikan inspirasi.

1. Statement Embellishment

bold makeup
Sumber: Pinterest

Tren menempelkan hiasan di wajah (statement embellishment) sebenarnya sudah menjadi tren di Korea beberapa tahun lalu, tapi popularitasnya meningkat di negara-negara Barat lewat serial televisi Euphoria. Hiasan wajah yang digunakan bisa dalam bentuk kristal rhinestone, mutiara, atau manik-manik yang berkilau. Kebanyakan hiasan ini ditempel di area mata untuk membuat makeup mata tampak lebih berkilau. Agar tidak berlebihan, kamu sebaiknya mengaplikasikan riasan natural di seluruh wajah. Jika ingin tetap tampil dengan warna makeup yang cerah dan intens, maka pilih hiasan berwarna bening dan tempelkan sedikit saja di wajah sebagai aksen.

2. Metallic Cat Eyes

bold makeup
Sumber: Pinterest

Salah satu tren make up Y2K yang kembali hadir tahun ini adalah metallic eyeshadow. Tak hanya warna-warna logam seperti perak, emas, krom, atau platinum, warna-warna eyeshadow yang dominan pada make up look tahun 2000-an seperti ungu, putih, dan biru pun ikut hadir dalam versi metallic. Agar terlihat berbeda, metallic eyeshadow diaplikasikan untuk menciptakan tampilan mata kucing, lengkap dengan sedikit wing di bagian ujung luar mata. Untuk tampilan riasan bold, pilih produk eyeshadow yang pigmented agar dapat menangkap cahaya dan memantulkannya sehingga matamu terlihat berkilau.

3. Bold Blush

bold makeup
Sumber: Pinterest

Aplikasi produk blush on yang samar untuk sekadar menciptakan rona segar di pipi sudah lewat masanya. Tahun ini, blush on digunakan untuk memberi statement lewat pilihan warna yang pigmented dan tampilan riasan bold. Produk blush on dalam bentuk krim dan cair menjadi pilihan karena rona yang diciptakan lebih intens dibandingkan yang berbentuk bubuk. Teknik aplikasinya pun kini berbeda. Jika biasanya produk blush on diaplikasikan di puncak tulang pipi, kali ini aplikasinya dilakukan mulai dari puncak tulang pipi ke sepanjang tulang pipi sampai ke samping mata. Teknik yang biasa disebut dengan C-shape ini seperti memberi kontur di wajah tanpa penggunaan produk contouring dan memberi efek lifting di pipi.

Baca juga:  Jerawat di Kepala, 6 Tips Atasinya dan Lifestyle yang Sehat

4. Glamorous Red Lips

bold makeup
Sumber: Pinterest

Tahun ini, warna bibir yang bold banyak terlihat di ajang red carpet yang tentu saja mencuri perhatian. Pilihan warna lipstik yang digunakan untuk tampilan bold adalah merah dan warna-warna turunannya, seperti merah klasik, berry red, dan cherry red. Istilah “Lipstik merah tak pernah salah” memang benar adanya. Kamu tak perlu takut untuk memakainya pada pagi dan siang hari untuk memberi efek glamor secara instan. Jika ragu dengan warna merah klasik yang cerah dan menyala, kamu bisa memilih turunan warna merah seperti rose red dan coral red.

5 Rekomendasi Produk untuk Tampilan Bold

Agar hasil riasanmu lebih tegas, kamu bisa menggunakan produk makeup ini untuk tampilan bold.

1. Maybelline Fit Me Fresh Tint

bold makeup
Sumber: Sociolla

Produk ini adalah base makeup berjenis face tint yang memiliki 3 fungsi, yaitu:

  • Memberi coverage natural dengan hasil akhir soft matte dan bercahaya yang bisa bertahan seharian. Formulanya yang ringan ini juga membuatmu merasa nyaman dan kulit wajah dapat bernapas.
  • Mengandung serum Vitamin C yang mencerahkan kulit wajah secara instan. Kandungan bahan aktif ini juga membantu meminimalkan tampilan noda hitam, lho.
  • Dilengkapi dengan SPF 50 dan PA+++ yang memberi perlindungan optimal terhadap sinar UV dari matahari.

Formulanya bersifat non comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori. Produk skincare makeup ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit yang sensitif. Maybelline Fit Me Fresh Tint tersedia dalam lima shade, yaitu:

  • 03 untuk warna kulit terang dengan undertone netral
  • 05 untuk warna kulit terang dengan undertone hangat (kuning)
  • 06 untuk warna kulit medium dengan undertone netral
  • 07 untuk warna kulit medium dengan undertone hangat (kuning), dan
  • 09 untuk warna kulit gelap dengan undertone netral

2. Tarte Shape Tape Concealer

bold makeup
Sumber: Sephora

Ketika menggunakan riasan bold, kamu juga perlu menggunakan concealer untuk memastikan area kekurangan wajah yang membutuhkan lebih tertutupi dengan baik. Kamu bisa menggunakan produk dari Tarte Shape Tape Concealer. Produk ini cukup ringan dengan banyaknya pilihan korektor yang bisa digunakan. Penasaran untuk mencoba kebaikan produknya?

3. NYX Matte Finish Long Lasting Setting Spray

bold makeup
Sumber: NYX

Untuk membuat riasan wajah yang lebih enteng dan nyaman jangan lupa untuk menggunakan setting spray. Kamu bisa menggunakan produk dari NYX Matte Finish Long Lasting Setting Spray. Produk ini memiliki isi sekitar 60 ml sehingga cukup awet untuk digunakan. Kamu bisa mendapatkan riasan yang lebih tahan lama dan tentunya anti dempul. 

4. Moko Moko Marshmallow Bun Blush On

bold makeup
Sumber: Carousell

Gaya tampilan pipi lebih berani dengan menggunakan Moko Moko Marshmallow Bun Blush On. Warna yang ditampilkan oleh produk ini cukup berani sehingga memberikan kesan makeup yang tegas. Jadi, antara riasan mata dan pipi juga lebih nyambung untuk dilihat. Warna dari blush on ini juga cukup terlihat dengan baik.

5. Coty Airspun Loose Face Powder Translucent Extra Coverage

bold makeup
Sumber: Tokopedia

Produk rekomendasi untuk riasan bold adalah Coty Airspun Loose Face Powder Translucent Extra Coverage. Untuk membuat riasan terkunci dengan baik, kamu bisa menggunakan bedak ini. Bentuk bedaknya lebih ke transparan namun mampu memberikan bentuk riasan wajah yang tahan lama dengan baik. Jadi kamu tak perlu khawatir terlalu tebal ketika ditimpa bedak. Tampilan riasanmu pun akan lebih jelas.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai makeup bold. Tentunya untuk pengaplikasian make up ini perlu teknik yang sesuai agar tidak terlihat terlalu menor. Warnanya pun bisa disesuaikan dengan kepribadianmu. Kamu bisa mencoba tampilan bold ini saat menonton konser musik, ataupun pesta di malam hari. Selamat mencoba!