8 Fakta Menarik Bridal Shower untuk Calon Pengantin

Ketika mendengar kabar pernikahan sahabat atau keluargamu, pastinya kamu akan mempersiapkan agenda khusus untuk menyambut hari sakral tersebut. Umumnya, agenda ini dilaksanakan dari sahabat atau anggota keluarga untuk calon mempelai wanita. Agenda ini disebut dengan bridal shower.

Agenda ini menjadi tren yang seringkali dilakukan oleh generasi zaman sekarang. Terlebih lagi dengan adanya media sosial, bridal shower mulai menjadi keharusan sebelum pernikahan. Jauh sebelum agenda spesial ini mulai digandrungi oleh generasi muda, ternyata ada makna dan juga tujuan yang cukup mendalam. Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa fakta menarik dibalik adanya bridal shower.

bridal shower
Sumber: PInterest

8 Fakta Menarik Bridal Shower

Berikut 8 daftar fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang bridal shower.

1. Sejarah

Tradisi ini sudah ada sejak abad ke-16 dari Belanda. Pada awalnya tradisi ini dipicu oleh orangtua pihak gadis yang menolak memberikan mas kawin atas pernikahan yang tidak disetujui mereka. Akhirnya, banyak masyarakat yang memutuskan untuk membantu para pengantin dengan memberikan hadiah yang bermanfaat bagi kehidupan rumah tangga mereka. Seiring berjalannya waktu, pengertian tentang bridal shower berbeda di zaman modern seperti sekarang ini.

Baca juga:  Hindari Lingkungan Toxic dengan 7 Cara Ini

2. Manfaat

Manfaat dari agenda ini yaitu untuk memberikan ucapan selamat, menghabiskan waktu bersama-sama sebelum akhirnya calon pengantin resmi melangsungkan pernikahan. Dan pastinya untuk bersenang-senang. Secara garis besar, acara bridal shower ini umumnya dirayakan dengan cara bertukar cerita, berkumpul bersama, dan memberikan hadiah.

3. Waktu Dilaksanakan

bridal shower
Sumber: Pinterest

Biasanya, bridal shower dilaksanakan 2 bulan sebelum hari pernikahan. Jika melakukan acara acara mendekati hari pernikahannya dikhawatirkan jadwal pengantin sudah penuh dengan rangkaian acara persiapan pernikahan lainnya seperti siraman, pengajian dan rangkaian acara adat.

4. Lokasi Acara

Agar acara bridal shower yang akan dilakukan dapat mengeluarkan dana yang minim, kamu tidak harus melaksanakan acara tersebut di hotel ataupun tempat yang mahal. Kamu bisa melaksanakan acara tersebut di tempat yang lebih terjangkau, seperti cafe, restoran, ataupun di rumah. Lalu, saat ingin mengadakan acara di kafe ataupun restoran, tanyakan dulu tempat tersebut apakah memperbolehkan dekorasi atau tidak.

5. Dresscode

Tak ada aturan universal yang membahas tentang dresscode bridal shower. Tentunya hal ini disepakati bersama antara para sahabat yang menyelenggarakan agenda ini. Kamu bisa menyesuaikannya dengan tema yang diangkat. Bisa saja formal atau pun kasual. Tak harus memakai seragam yang sama. Namun, tak ada salahnya untuk tampil kompak dan memilih baju dengan warna senada, sehingga akan tampak serasi saat masuk dokumentasi.

Baca juga:  7 Ide Outfit "Cewe Kue" yang Sederhana Namun Tetap Kece!

6. Dekorasi

Apabila kamu sudah mendapatkan tema yang pas, kamu dan teman yang lain bisa memilih pernak-pernik dekorasi yang sesuai. Untuk lebih menghemat budget, kamu bisa menggunakan benda ataupun barang yang sudah dimiliki di rumah. Tambahkan pernak-pernik buatan sendiri, seperti hasil dari guntingan aneka kertas berbagai warna dan bentuk. Jika ada, kamu juga bisa mencetak foto calon pengantin bersama dengan sahabatnya.

7. Aktivitas Seru

Bridal shower tidak lengkap rasanya jika isinya hanya soal makanan dan tukar kado saja. Kamu bisa membuat sebuah rangkaian permainan yang seru untuk calon pengantin wanita. Hal ini bertujuan agar suasana lebih hidup dan mengasyikan. Ide permainan untuk agenda ini bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang lebih. Kamu bisa membuat permainan tebak-tebakan kata soal pernikahan menggunakan flash card. Atau bisa dengan pertanyaan-pertanyaan seputar calon mempelai untuk menguji siapa yang paling tahu soal kebiasaan mereka berdua. Agar lebih seru, kamu bisa ditambahkan doorprize atau hadiah.

8. Makanan dan Minuman

bridal shower
Sumber: Pinterest

Pastikan untuk memilih daftar makanan dan minuman yang menjadi favorit calon mempelai wanita. Lebih baik memasak makanannya sendiri dengan dibantu teman-teman lain agar bisa mendekorasi makanan dan minuman sesuai tema acara. Hal ini tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran. 

Nah, itulah 8 fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang bridal shower. Agenda ini bisa menjadi satu momen istimewa untuk menunjukkan besarnya cinta sahabat pada seseorang yang ingin menikah. Siap-siap mengharu-biru melepas masa lajang temanmu ya!