Buah Sukun dan 10+ Manfaatnya untuk Tubuh

Buah sukun (Artocarpus communis) adalah salah satu buah asli Indonesia yang sekilas mirip buah nangka. Buah ini memiliki warna dasar putih dan memiliki cita rasa sedikit manis. Biasanya buah ini dijadikan penganan dengan cara digoreng, dikukus, atau dijadikan keripik. Banyak orang yang menyukai sukun yang telah diolah menjadi makanan.

Ternyata ada banyak sekali manfaat buah sukun bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh kita, lho! Salah satunya dapat membuat kenyang lebih lama. Selain itu, buah ini juga dapat bermanfaat bagi janin untuk ibu hamil. Untuk mengetahui manfaat lain dari buah yang biasa disebut breadfruit ini, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

buah sukun yang dipotong
Sumber: iStockPhoto

Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah sukun salah satunya adalah mendukung kesehatan jantung. Khasiat sukun yakni kaya akan potasium dan kalium. Kalium membantu kelancaran aliran darah melalui arteri. Selain itu, mineral ini dapat mengatur kontraksi otot di jantung, sehingga setak jantung dan tekanan darah dalam tubuh dapat dikendalikan. Ada juga kandungan omega-3 yang berfungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

2. Meningkatkan Kesehatan Reproduksi

Sukun memiliki asam lemak Omega 3 dan 6 yang dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 meningkatkan motilitas sperma. Selain itu, lemak omega membantu mempromosikan sintesis sperma. Bukan cuma itu, antioksidan dalam sukun juga dapat mencegah kanker prostat dan ovarium.

Baca juga:  7 Cara Mengatasi Badan Lemas dan Gemetar, Dijamin Ampuh!

3. Kaya Serat

buah sukun goreng
Sumber: iStockPhoto

Sukun sangat bemanfaat bagi para pengidap diabetes karena kandungan seratnya dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Menurut penelitian menunjukan bahwa bila kita mengkonsumsi sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

4. Kenyang Lebih Lama

Sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Sehingga seseorang akan merasa aktif dan energik saat mengkonsumsinya. Untuk orang yang menderita obesitas, buah ini merupakan pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukkan ke dalam daftar menu dietmu.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat sukun juga bisa untuk menyehatkan kulit. Vitamin C dalam buah ini dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meregenerasi sel-sel kulit baru. Selain itu, penelitian telah menunjukkan, vitamin C melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Oleh karena itu, manfaat sukun juga dapat membantu mengurangi dampak sinar UVA dan UVB yang berbahaya yang menyebabkan kerutan, kulit kendor, tanda-tanda penuaan, dan sebagainya. 

6. Menangkal Radikal Bebas

Sukun yang dikonsumsi secara cukup juga mampu menangkal radikal bebas pada tubuh. Terdapat kandungan polifenol dan flavonoid di dalamnya. Kandungan antioksidan pada sukun baik untuk mendukung imunitas pada tubuh. Alhasil, kamu bisa beraktivitas dengan nyaman karena imun tubuh terjaga dengan baik.

Manfaat Sukun bagi Ibu Hamil

7. Mencegah Sembelit

Pada saat hamil, ibu hamil kerap mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Hal ini disebabkan uterus yang terus membesar seiring dengan perkembangan janin. Namun tak perlu khawatir, karena kamu bisa mencegah dan mengatasi sembelit dengan rajin mengkonsumsi sukun.

Sukun mengandung serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar pencernaan. Tak hanya itu, kandungan serat pada buah ini juga dapat mencegah obesitas saat hamil. Hal ini dikarenakan serat mampu mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Jadi buah ini sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan ibu hamil yang mengidap diabetes gestasional sekalipun tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini.

Baca juga:  Lancar Saat Persalinan dengan Pijat Perineum untuk Bumil

8. Membantu Penyembuhan Luka

keripik buah sukun
Sumber: iStockPhoto

Manfaat sukun lainnya adalah mampu mempercepat penyembuhan luka karena adanya kolagen yang terkandung di dalamnya. Meski luka kecil, namun jika dibiarkan bisa saja memicu terjadinya infeksi atau menjadi penyebab dari kondisi yang lebih parah apabila tidak ditangani dengan tepat. Selain itu, sukun juga dikenal mampu bantu meringankan alergi yang diderita oleh ibu hamil.

9. Meningkatkan Hemoglobin

Hemoglobin (Hb) merupakan zat penting berupa protein yang ada di dalam sel darah merah dan berperan dalam penyaluran oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kadar Hb yang rendah pada bumil bisa menyebabkan anemia yang berbahaya bagi kesehatanmu dan janin. Salah satu cara menjaga kadar Hb agar tetap normal di dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi, seperti sukun.

10. Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Manfaat sukun untuk kesehatan ibu hamil lainnya adalah membantu perkembangan otak bayi. Perlu diketahui bahwa buah ini memiliki kandungan asam folat yang baik untuk otak bayi. Asam folat juga mampu mencegah bayi lahir cacat. Jadi jangan lupa untuk memasukkan sukun dalam daftar menu, ya!

11. Mengurangi Peradangan

Manfaat sukun untuk kesehatan ibu hamil yang lain adalah dapat mengurangi peradangan. Antioksidan pada buah ini mampu mengurangi aktivitas sel tubuh yang berperan dalam proses peradangan. Tak hanya itu, daun pada sukun juga efektif mengurangi pembengkakan pada tubuh.

12. Mencegah Depresi

sukun goreng tepung
Sumber: iStockPhoto

Selama kehamilan, rasa tertekan, stres, hingga depresi mungkin saja menghampiri. Jika Anda kerap mengalami hal ini selama proses kehamilan, tidak perlu khawatir. Kamu perlu lebih banyak mengkonsumsi sukun. Zat antidepresan pada buah ini dapat membuat kamu lebih tenang dan rileks menjalani proses kehamilan.

Demikianlah sejumlah manfaat dan kelebihan buah sukun. ternyata buah ini tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin. Perbanyak mengkonsumsi sukun dapat menjaga kesehatan.