Siapkan Buah untuk Bayi Sebagai Pelengkap Menu MPASI

Air susu ibu (ASI) merupakan sumber gizi terbaik untuk bayi sampai usianya mencapai enam bulan. Kemudian setelah enam bulan, secara perlahan bayi harus sudah mulai diperkenalkan dengan makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI). Terlebih saat bayi sudah menunjukkan tanda-tanda siap makan, artinya bayi sudah siap untuk mulai belajar makan. Namun tidak sembarang makanan bisa diberikan untuk bayi, lho. Pasalnya, bayi masih sulit untuk menelan dan mencerna makanan yang sifatnya keras. Nah, buah-buahan dapat menjadi salah satu jawaban sebagai asupan nutrisi harian untuk bayi. Lantas, apa saja pilihan buah untuk bayi yang baik dan aman dikonsumsi bayi?

Pentingnya Buah untuk Bayi

Untuk mendukung tumbuh kembang bayi sejak dini sekaligus mencukupi kebutuhan gizi bayi, makanan yang diberikan untuk bayi harus terdiri dari beragam zat gizi. Selain asupan protein, karbohidrat, dan lemak untuk bayi, zat gizi lain yang tidak kalah penting bagi bayi adalah asupan serat, mineral, dan vitamin untuk bayi. Setiap orang tua bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serta serat bayi sekaligus dengan memberikannya berbagai jenis buah.

Buah-buahan murni yang kaya zat gizi, dan juga memiliki rasa yang lezat memang mudah untuk disajikan. Menariknya lagi, tekstur buah-buahan yang terbilang lembut dan empuk juga dapat membantu bayi dalam belajar makan, menggenggam makanan sendiri, serta belajar mengunyah. Bahkan, konsumsi buah-buahan dapat membantu mengurangi risiko bayi terserang berbagai penyakit. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah dapat membantu memperkuat sistem kekebalan atau imun tubuh. Bukan hanya itu saja, tingginya kandungan serat yang ada di dalam buah-buahan juga dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah sembelit pada bayi.

Baca juga:  Siapkan Menu MPASI Pertama dengan 7 Tips Ini!

Berbagai Pilihan Buah untuk Bayi

buah untuk bayi

Dengan melihat manfaat buah untuk bayi, tentunya menyediakan buah sebagai salah satu makanan harian bayi merupakan pilihan yang tepat dan baik. Nah, untuk membantu kamu dalam memilih buah untuk bayi sekaligus membuatnya tidak bosan, berikut ini ada beberapa buah yang baik dan bisa menjadi pilihan. 

1. Pisang

buah untuk bayi
Sumber: Freepik

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk bayi dan sering dijadikan sebagai makanan pendamping ASI. Pasalnya, buah yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan halus, jadi tidak akan menyulitkan bayi untuk melumat ataupun mencernanya. Selain itu, pisang juga tergolong mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah. Kamu bisa memilih pisang ambon, pisang emas, ataupun pisang susu. Yang terpenting adalah, pilih pisang yang sudah matang jika akan diberikan untuk bayi.

2. Alpukat

buah untuk bayi
Sumber: Freepik

Buah lain yang tidak kalah bagus dan direkomendasikan untuk bayi adalah alpukat. Alpukat ini merupakan sumber lemak tak jenuh dan vitamin E. Selain itu, alpukat juga memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa yang enak. Sehingga alpukat sangat pas untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI. Di dalam 100 gr alpukat terkandung 85 kalori energi, 7,7 gr karbohidrat, 0,9 gr protein, serta 6,5 gr lemak. Sementara untuk vitamin dan mineral pada alpukat tersebut terdiri dari 10 mg kalsium, 0,9 mg besi, 278 mg kalium, dan 13 mg vitamin C. 

3. Pepaya

buah untuk bayi
Sumber: Freepik

Selain manis dan lezat, pepaya juga kaya akan folat, serat, dan vitamin A, C dan E. Kandungan serat dan enzim papin yang terdapat di dalam buah pepaya ini sangat baik dan bagus untuk pencernaan bayi. Itulah mengapa banyak orang yang menjadikan pepaya sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi masalah sembelit. Setiap kali kamu memberikan pepaya sebanyak 100 gr, maka bayi akan mendapatkan 46 kalori asupan energi, 12,2 gr karbohidrat, 0,5 gr protein, 0,1 gr lemak, dan 1,6 gr serat. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada buah pepaya ini mencakup 23 mg kalsium, 1,7 mg besi, 221 mg kalium, dan 78 mg vitamin C.

Baca juga:  Daging Sapi: Kandungan, Manfaat, dan Olahannya untuk Anak

4. Kiwi

buah untuk bayi
Sumber: Freepik

Buah kiwi kaya akan serat dan vitamin A dan C, sehingga baik juga diberikan untuk bayi. Namun perlu diingat bahwa sifat asam yang terkandung pada kiwi kadang bisa menyebabkan ruam popok atau ruam mulut pada bayi. Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk melihat apakah ada tanda-tanda alergi ketika kamu memberikan kiwi ini kepada bayi untuk pertama kalinya. Kandungan gizi yang bisa didapatkan dalam buah kiwi meliputi 42,1 kalori energi, 10,1 gr karbohidrat, 2,1 gr serat, 215 mg kalium, 23,5 mg kalsium, serta 64 mg vitamin C.

5. Apel

buah untuk bayi
Sumber: Freepik

Apel memiliki kandungan gizi seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu juga mengandung mineral lainnya yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Selain mudah dicerna, apel juga tidak menyebabkan alergi untuk bayi. Kamu dapat memberikan apel pada bayi di bulan keenam saat bayi mulai belajar makan makanan pendamping ASI. Di dalam 100 gram (gr) buah apel terdapat 58 kalori (kal) energi, 14,9 gr karbohidrat, 0,3 gr protein, dan 0,4 gr lemak. Ada juga 2,6 gr serat, 6 mg kalsium, 0,3 mg besi, 130 mg kalium, serta 5 mg vitamin C pada buah apel.

Menawarkan buah untuk bayi sebenarnya sama seperti mengenalkan berbagai jenis makanan baru lainnya. Terkadang, bayi bisa langsung suka sehingga tidak perlu dibujuk berkali-kali agar mencicipi buah tersebut. Sementara di waktu lainnya, ada beberapa jenis buah yang mungkin kurang disukai hingga membuatnya enggan untuk mencoba kembali. Namun jangan patah semangat ya, teruslah latih bayi agar menyukai buah-buahan.