Buah yang Baik dan Tidak Baik Pasca Operasi Caesar, Cermati!

Salah satu metode persalinan yang digunakan adalah operasi SC (Sectio Caesaria) atau yang dikenal dengan operasi caesar. Metode ini dilakukan dengan cara membedah perut ibu hamil untuk mengeluarkan bayi. Dalam pemulihannya, ibu harus mencermati buah yang baik pasca operasi caesar. Hal ini dilakukan agar luka bekas operasi dapat cepat pulih.

Tidak semua buah bisa kamu konsumsi dalam masa pemulihan setelah operasi caesar. Ada buah yang baik, dan juga tidak baik untuk membantu mengobati luka bekas operasi. Selain itu, buah-buahan ini juga kaya akan vitamin untuk memulihkan energi ibu setelah melahirkan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Sumber: Freepik

9 Buah yang Baik dan Tidak Baik Pasca Operasi Caesar

Untuk mempercepat proses penyembuhan luka operasi, sebaiknya kamu mengonsumsi beberapa buah yang cocok. Adapun kamu juga harus menghindari untuk mengonsumsi buah-buahan tertentu agar cepat pulih.

1. Manggis

Sumber: iStockPhoto

Manggis adalah salah satu buah yang dapat mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam manggis sangat bagus untuk memperbaiki sel-sel yang rusak akibat operasi. Buah dengan kulit ungu ini juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan kulit untuk melakukan regenerasi dengan cepat. Kamu yang baru selesai operasi caesar wajib untuk memperbanyak mengonsumsi buah manggis. Selain dagingnya, kulit dari buah manggis ini juga mengandung antioksidan tinggi sehingga bagus juga untuk menyembuhkan luka operasi.

2. Apel

Saat menjenguk orang sakit, tentunya kamu akan membawa buah-buahan agar yang sakit segera sehat. Apel adalah salah satu buah favorit yang dijadikan orang sebagai buah tangan untuk menjenguk orang sakit. Selain kaya akan antioksidan dan vitamin C, buah ini juga kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa menjadikan buah ini sebagai camilan ataupun dibuat jus sebagai minuman sehari-hari. Sari buah apel juga bagus untuk dijadikan makanan diet pasca operasi, lho.

Baca juga:  Ini 7 Tips Pumping ASI Agar Hasilnya Melimpah!

3. Anggur

Sumber: iStockPhoto

Buah yang baik dikonsumsi pasca operasi caesar selanjutnya adalah anggur. Semua jenis anggur sangat bagus untuk membantu menyembuhkan luka operasi. Hal ini dikarenakan di dalam buah anggur mengandung banyak antioksidan dan buah penyembuh luka operasi vitamin C. Harga buah ini memang cukup mahal, namun khasiat yang akan didapatkan dari buah ini juga banyak. Memakan buah anggur secara langsung lebih direkomendasikan.

4. Mangga

Buah mangga bagus untuk penyembuhan luka operasi caesar karena mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kamu bisa mengolah mangga menjadi manisan ataupun jus agar tidak mudah bosan dalam mengonsumsinya. Gunakan buah mangga yang sudah matang dan rasanya manis. Hindari untuk memilih mangga muda karena kurang cocok untuk ibu yang sedang menyusui.

5. Jeruk

Sumber: iStockPhoto

Makanan agar luka caesar cepat kering yang selanjutnya adalah jeruk. Tidak dapat dipungkiri bahwa kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk sangatlah tinggi. Kamu bisa mengonsumsi jeruk secara langsung maupun dijadikan minuman hangat. Konsumsi jeruk setiap hari dapat membuat luka operasi cepat pulih. Tidak hanya itu, kulit bekas operasi juga bisa hilang dengan mengonsumsi buah kaya vitamin C ini.

6. Pepaya

Kebutuhan kalori, protein, hingga kalsium meningkat selama menyusui. Terutama untuk masa pemulihan luka pasca persalinan caesar. Kamu dapat memakan buah pepaya yang kaya enzim papain dan antioksidan beta karoten dalam jumlah cukup. Apalagi pepaya secara efisien mengeluarkan semua racun, radikal bebas berbahaya dan protein tidak aktif dari kulit. Ditambah lagi, pepaya bermanfaat guna meningkatkan sintesis protein kolagen, yakni memberikan kulit yang lembut dan kenyal.

Baca juga:  Hak dan Kewajiban Anak di Rumah, Orang Tua Harus Tahu!

7. Tomat

Buah tomat yang kaya vitamin C dapat membantu tubuh menyembuhkan luka dan menurunkan risiko infeksi. Satu cangkir tomat mengandung sekitar 30 gram vitamin C. Vitamin C umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit. Hal ini bisa mendorong pertumbuhan jaringan ikat baru, memperbaiki luka dan mempercepat proses penyembuhan.

8. Pisang

Sumber: Freepik

Memberikan tubuh asupan vitamin yang sehat dari buah akan mempersingkat waktu penyembuhan setelah operasi. Salah satunya adalah dengan memakan buah pisang. Buah pisang dianggap sebagai makanan super. Konsumsi buah setiap hari dapat meningkatkan kecantikan bersama dengan kesehatan. Pisang mengandung antioksidan dan menyimpan berbagai nutrisi. Bahkan potasium dan mangan di dalam pisang merupakan elemen yang sangat penting untuk membuat kulit sehat.

9. Pir

Dari buah-buahan yang ada, ada beberapa buah yang tidak baik untuk pemulihan setelah operasi caesar. Salah satunya adalah buah pir. Buah dengan kulit berwarna kuning ini tidak disarankan sebagai buah untuk masa pemulihan. Hal ini dapat kamu hindari hingga setidaknya 40 hari setelah melahirkan. Buah yang mengandung gas bisa menyebabkan masalah pencernaan pada tubuh ibu yang baru melahirkan.

Selain mengonsumsi buah yang baik pasca operasi caesar, ada beberapa tips lainnya yang perlu dilakukan setelah operasi caesar. Antara lain tidak melakukan aktivitas berat, merawat luka dengan cara mengganti perban secara berkala, dan juga memenuhi nutrisi bagi ibu dan bayi. Semoga informasi di atas dapat membantumu untuk memulihkan luka pasca operasi caesar, ya.