Ternyata Banyak Manfaatnya, Berani Coba Bungee Jumping?

Di Indonesia, ternyata ada banyak tempat wisata yang menawarkan aksi ekstrim bungee jumping dengan sajian pemandangan alam yang memukau, lho. Bagi kamu yang belum terlalu mengetahuinya, bungee jumping adalah salah satu kegiatan paling ekstrim yang pada umumnya dicari untuk memberikan pengalaman menarik sekaligus menguji adrenalin. 

Kenapa bisa menguji adrenalin? Pasalnya, cara melakukan bungee jumping adalah dengan melompat dari atas ketinggian dengan jarak puluhan hingga ratusan meter dari permukaan tanah. Meski demikian, kalau kamu mau coba melakukannya tidak perlu khawatir karena tubuh akan dilengkapi dengan berbagai macam alat pengaman yang ekstra ketat agar tidak terjadi kecelakaan.

Bagaimana, terdengar menarik untuk dicoba? Sebelum itu, ketahui dulu apa saja manfaat, tips melakukannya, hingga rekomendasi spot bungee jumping terbaik yang telah dirangkum di bawah ini, ya!

Sederet Manfaat Bungee Jumping untuk Kesehatan

Bagi kamu yang berencana untuk mencoba bungee jumping, berikut ini adalah beberapa manfaat bungee jumping yang perlu diketahui:

  • Mampu melepas stress dan rasa khawatir.
  • Dapat meningkatkan kecerdasan emosional. 
  • Melatih kemampuan untuk lebih fokus.
  • Manfaat lain dari melakukan bungee jumping adalah dapat mengatasi ketakutan, seperti bagi kamu yang takut dengan ketinggian, takut dengan ruang terbuka, interaksi dengan orang lain dan yang lainnya.
  • Dapat meningkatkan kepercayaan diri. 
  • Menawarkan interaksi sosial.

Perlengkapan yang Dibutuhkan

bungee jumping adalah
Sumber: Freepik

Perlu diketahui, bahwa bungee jumping hanya boleh dilakukan bagi yang sudah berusia 16 tahun ke atas. Setiap tempat dengan fasilitas kegiatan ini biasanya akan menyediakan semua peralatan yang diperlukan, sehingga kamu tidak perlu membawa apapun. Berikut ini adalah daftar peralatan yang digunakan saat bungee jumping untuk memastikan keamanan kamu.

  • Tali bungee, yaitu komponen utama dalam bungee jumping di mana tali ini akan diikatkan ke pergelangan kaki dan dihubungkan ke sebuah tali lebih panjang menggunakan rantai sehingga kuat menopang berat badan. Tali bungee ini biasanya terbuat dari karet atau lateks yang fleksibel, dan diganti secara berkala untuk memastikan kekuatan dan elastisitasnya tetap terjaga.
  • Tali pengaman, yaitu sabuk atau semacam tali yang akan dipasang di badan dan lagi-lagi di pergelangan kaki untuk memastikan kamu benar-benar aman saat melompat.
  • Ekstra tali karet. Beberapa fasilitas bungee jumping biasanya juga akan menyediakan pengaman tambahan berupa ekstra tali karet.
Baca juga:  Lindungi Smartphone-mu dengan Antivirus Android yang Paling Ampuh

Tips Melakukan Bungee Jumping bagi Pemula

Meskipun tergolong ekstrem, tetapi aktivitas bungee jumping ini sebetulnya relatif aman karena kamu akan digantung oleh tali kekang yang kuat. Jika kamu akan mencobanya untuk pertama kalinya, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Sebaiknya jangan melakukannya dalam kondisi perut penuh, dalam kondisi kenyang, atau setelah makan agar tidak muntah.
  • Pastikan kamu mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Pastikan juga sepatu yang dipakai pas di kaki sehingga tidak mudah lepas, dan jangan lupa lepaskan perhiasan atau aksesoris lainnya.
  • Percaya pada instruktur, dan ikuti protokol keamanan karena instruktur merupakan profesional terlatih dan tahu apa yang terbaik.
  • Usahakan untuk tidak melihat ke bawah agar tidak merasa gelisah saat berdiri di tepi ketinggian. Sebaiknya lihatlah ke depan atau tutup mata saat menjatuhkan diri.
  • Saat kamu sudah berdiri di tepi ketinggian dan siap melompat, jangan lagi melihat ke belakang. Hal yang perlu kamu lakukan adalah lompat, jadi jangan terlalu banyak berpikir dan stres. Tersenyumlah dan yakinlah bahwa kamu bisa menaklukan ketakutanmu!

Spot Bungee Jumping Terbaik di Indonesia

bungee jumping adalah
Sumber: Freepik

Permainan bungee jumping memang belum terlalu tenar di Indonesia. Tapi bukan berarti kamu sulit untuk menemukannya. Ada beberapa spot bungee jumping di Indonesia yang bisa kamu coba, beberapa di antaranya adalah:

  1. Jembatan Rajamandala, Bandung. Menjajal wahana ekstrim juga bisa dilakukan di Bandung, lho. Jembatan Rajamandala ini merupakan jembatan yang menghubungkan Bandung Barat dan Cianjur, yang sering digunakan untuk melakukan aktivitas rope jumping yang mirip dengan bungee jumping. Rope jumping menggunakan peralatan panjat tebing, seperti tali karmantel, seat harness, dan lainya. Kamu akan melompat dari ketinggian tepat di atas Sungai Citarum. Dijamin seru dan menantang!
  2. Jembatan Duwet, Kulon Progo, DIY. Jembatan Duwet merupakan jembatan penghubung antara Yogyakarta dan Kulon Progo, yang juga dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas ekstrim rope jumping. Di sana, kamu akan diajak untuk melompat dari ketinggian kurang lebih 60 meter. Berani coba? 
  3. Gili Trawangan, Lombok. Kamu bisa mencoba aktivitas ekstrim yang dapat membangkitkan adrenalin di Gili Trawangan. Aktivitas ekstrim ini juga menawarkan spot yang indah dan menarik sekali untuk disaksikan, tepatnya berada di sebuah kawasan danau yang memiliki udara yang sangat sejuk dan menyegarkan.
  4. Bali Tower, Kuta Bali. Di Tempat ini, kamu dapat melompat dari ketinggian 45 meter dan di bawahnya kamu akan berhadapan langsung dengan kolam renang yang memang dibuat khusus di bawah menara.
  5. Jalan Pura Puseh, Seminyak, Bali. Meskipun nantinya kamu akan melompat dari ketinggian, namun tidak perlu khawatir karena Bali Bungy yang merupakan jasa pelayanan permainan bungee jumping ini akan membekali kamu peralatan berstandar  internasional. Peralatan tersebut akan memberikan keamanan penuh selama kamu melakukan bungee jumping
Baca juga:  Kupas Tuntas Dark Spot: Penyebab dan 7 Cara Ampuh Mengatasinya

Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba bungee jumping di spot yang mana dulu? Di manapun pilihannya, pastikan kamu sudah siap sebelum terjun dari atas ketinggian, ya! Jangan ragu untuk mencoba, karena bungee jumping adalah salah satu aktivitas ekstrem yang banyak manfaatnya.