6 Fakta Unik Buya Hamka Film yang Syarat Sejarah

Ketika kumpul dengan keluarga menjelang lebaran nanti, kamu pasti bingung untuk mencari kegiatan ngabuburit yang tidak terlalu menguras energi. Eitss tapi nggak usah bingung, ternyata tanggal 19 April 2023 nanti, akan tayang secara premiere Buya Hamka film. Sebuah film menarik dan inspiratif yang dibintangi sederet artis top tanah air.

Tidak hanya kisahnya yang menarik. Sejumlah fakta dibalik penayangan Buya Hamka film ini juga unik. Ingin tahu apa saja keunikan fakta Buya Hamka film sebelum menontonnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Fakta Menarik di Balik Pembuatan Buya Hamka Film

1. Proses Produksi Hingga 9 Tahun

buya hamka film
Sumber: Pixabay

Film Buya Hamka menjadi salah satu film yang paling ditunggu-tunggu oleh penonton Indonesia. Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang tokoh terkenal di Indonesia, Buya Hamka. Proses produksi film ini ternyata tidaklah mudah, dimulai dari ide hingga penyelesaian naskah dan syuting, memakan waktu selama sembilan tahun.

Ide untuk membuat film ini sebenarnya sudah dicetuskan sejak tahun 2014 oleh Din Syamsuddin, namun baru direalisasikan pada tahun 2023. Proses produksi film ini sangat panjang dan tidak mudah, karena membutuhkan banyak perubahan naskah dan penyempurnaan alur cerita agar menjadi sebuah film yang benar-benar menggugah perasaan penonton.

Alim Sudio dan Cassandra Massardi, sebagai penulis naskah, menghabiskan waktu selama sembilan tahun untuk menyelesaikan naskah film ini. Mereka berusaha untuk menggambarkan sosok Buya Hamka secara akurat dan detail, sehingga cerita yang dihasilkan dapat menginspirasi banyak orang.

2. Menelan Biaya Produksi Cukup Mahal

buya hamka film
Sumber: Freepik

Selain memiliki cerita yang menarik, film ini juga dinobatkan sebagai film termahal Falcon Pictures, mengalahkan film Bumi Manusia yang sebelumnya mendapatkan julukan sebagai film termahal. Frederica, selaku produser film Buya Hamka, mengungkapkan bahwa biaya produksi film ini mencapai lebih dari Rp25 miliar.

Baca juga:  The Flash Film: Tanggal Rilis, Pemeran, dan Sinopsis Cerita

Hal ini dikarenakan pembuatan film biopik ini membutuhkan biaya yang cukup besar, terutama dalam hal pemilihan lokasi syuting, pengadaan kostum, serta efek khusus yang diperlukan. Sebelumnya, film termahal Falcon Pictures adalah Bumi Manusia yang menggandeng Iqbaal Ramadhan dan Mawar Eva de Jongh sebagai pemeran utamanya. Film tersebut dikabarkan telah menelan biaya produksi sebesar lebih dari Rp50 miliar.

Meskipun biaya produksi film ini masih jauh di bawah Bumi Manusia, namun tetap saja angka tersebut cukup besar. Dengan biaya produksi yang besar, diharapkan film ini dapat menjadi karya yang membanggakan bagi Indonesia dan mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Baca Juga: 6 Fakta dan Hal Menarik Avatar 2, Kisah Berlanjut di Perairan!

3. Laudya Cynthia Bella Mengaku Terkendala Bahasa Daerah

buya hamka film
Sumber: Arifwibowo.blogspot

Laudya Cynthia Bella berperan sebagai Siti Raham yakni istri dari Buya Hamka. Laudya mengaku jika ia cukup kesulitan untuk menggunakan bahasa daerah sebagai percakapan sehari-hari. Apalagi reading naskah hanya diberikan waktu singkat, yakni sekitar 20 hari. Sebab itulah, Laudya Cynthia Bella belum memperbanyak riset untuk mendalami karakternya, namun ia tetap berusaha semaksimal mungkin menampilkan yang terbaik dalam film Buya Hamka ini.

4. Durasi film 7 Jam dan Dibagi 3 Volume

buya hamka film
Sumber: Freepik

Film Buya Hamka dibagi menjadi 3 volume dengan total durasi tayang sekitar 7 jam. Sutradara Fajar Bustomi memiliki alasan mengapa film tersebut memiliki durasi tayang yang sangat panjang. “Ini film panjang dan ini film menarik. Makanya nulis skenario sampai 4 tahun lebih, dari sekian panjang kisah Buya Hamka itu harus dirapetin 5 jam, ternyata filmya jadinya 7 jam. Sayang sekali kalau diedit,” tutur Fajar. “Dan akhirnya kita putusin film ini jadi 3 bagian. Keputusan ini kita rasa ada informasinya, makanya jadi 3 bagian film,” tambah Fajar. Untuk volume pertama film ini akan tayang pada 20 April 2023 mendatang.

Baca juga:  10 Rekomendasi Film Animasi Terbaru untuk Liburanmu!

5. Biaya Makeup Vino Capai Miliaran

buya hamka film
Sumber: Freepik

Rupanya membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mengubah tampilan wajah Vino G Bastian menjadi Buya Hamka. Sutradara Fajar Bustomi mengatakan bahwa menggelontorkan dana mencapai Rp 3 miliar untuk make-up prostetik Vino G Bastian. “Biaya makeup Vino Rp 3 miliar saat jadi Buya Hamka, manjain banget,” ucap Fajar Bustomi. Sementara Vino G Bastian mengaku bangga lantaran makeup tersebut dikerjakan langsung oleh orang Bali. Diketahui, Falcon Pictures dan Starvision Plus melibatkan 14 spesial makeup effects and FX prosthetics yang semuanya berasal dari Bali.

Baca Juga: 8 Hal Menarik dari Film One Piece Red, Film Bajak Laut ‘Musikal’

6. Diperankan Sederet Bintang Top Tanah Air

buya hamka film
Sumber: tabloidbintang

Film Buya Hamka menjadi film bertabur bintang yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar perfilman Indonesia. Dengan Vino G. Bastian sebagai pemeran utama, film ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang ulama terkenal Indonesia, Buya Hamka.

Namun, kehadiran Vino G. Bastian bukanlah satu-satunya daya tarik dari film ini. Ada sederet aktor dan aktris lainnya yang turut meramaikan film Buya Hamka ini.

Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Rey Bong, Mawar Eva de Jongh, Reza Rahadian, Yoriko Angeline, Marthino Lio, Wafda Lubis, hingga Anjasmara adalah beberapa nama dari deretan bintang yang memerankan karakter penting dalam film ini

Setiap karakter yang dimainkan oleh para aktor dan aktris ini memiliki peran penting dalam kehidupan Buya Hamka, sehingga film ini menjadi semakin hidup dan penuh warna.

Kisah perjalanan hidup Buya Hamka yang inspiratif dan penuh makna, diharapkan dapat menginspirasi banyak orang untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Film ini menjadi bukti bahwa sebuah karya yang luar biasa membutuhkan kerja keras dan ketekunan, namun hasilnya akan sangat memuaskan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Sudah siapkah untuk menonton film Buya Hamka? Jangan lupa untuk mengajak teman dan saudara menonton fim inspiratif dan edukatif ini ya.