9 Cafe 24 Jam di Jogja, Cocok untuk Nongkrong sampai Nugas!

Sebagai salah satu kota wisata, ada banyak tempat ngopi yang dapat ditemukan dengan mudah di setiap sudut kota Yogyakarta. Masing-masing cafe di Jogja ini hadir dengan ciri khas tersendiri, mulai dari working space untuk tempat bekerja, kemudian live music hingga 24 jam. Desain cafe di Jogja yang buka 24 jam ini juga dibuat sangat nyaman, sehingga pengunjung betah untuk berlama-lama.

Beberapa cafe juga memiliki konsep unik seperti tradisional Jawa, lokasi yang dekat dengan rel kereta sampai artisan coffee yang tengah menjamur sekarang ini. Fasilitas yang diberikan pun beragam. Seperti stop kontak untuk alat elektronik hingga WiFi untuk menunjang aktivitas pengunjung cafe. Berikut ulasan dari 9 cafe 24 jam di Jogja yang cocok untukmu.

cafe 24 jam jogja
Sumber: iStockPhoto

Rekomendasi 9 Cafe 24 Jam di Jogja

1. Loko Coffee Shop Malioboro

cafe 24 jam jogja
Sumber: RMU

Cafe 24 jam Jogja ini bisa menjadi pilihan pertama untuk mengisi perut selepas turun dari kereta api di Stasiun Tugu Jogjakarta. Awalnya, cafe ini khusus berada di dalam area stasiun. Namun pihak stasiun Tugu Jogjakarta kemudian memperluas ke bagian depan di ujung kawasan Malioboro. Berkonsep semi outdoor, tentunya cafe ini sangat asyik dipakai nongkrong dari berbagai kalangan masyarakat.

Soal sajiannya, di sini tersedia beragam varian kopi Nusantara yang diolah secara espresso based maupun manual brew. Makanannya sendiri tersedia dari mulai tradisional seperti bakmi godog, gudeg koyor, dan brongkos. Tapi ada juga makanan internasional seperti cordon bleu, sandwich, hingga pancake. Atmosfer kafe yang nyaman dan desainnya yang menarik membuat cafe ini memiliki daya tarik sendiri.

2. Silol Kopi & Eatery

cafe 24 jam jogja
Sumber: Safara Jogja

Cafe yang berada di pusat kota Jogja ini memiliki beragam fasilitas yang memanjakan para pengunjungnya. Mulai dari tempat yang nyaman, hingga suguhan live music yang tersedia di akhir pekan. Untuk menu makanan dan minuman juga beragam, mulai dari aneka olahan biji kopi dari berbagi jenis sampai makanan khas Barat. Daya tarik dari Silol Kopi & Eatery ini juga terletak dari desain interior yang instagramable, sehingga cocok untuk para anak muda. Lokasi cafe 24 jam ini berada di Jalan Suroto, Kotabaru, Jogjakarta.

Baca juga:  12 Kuliner Jogja Menggugah Selera yang Wajib Kamu Coba

3. Dummin Coffee

cafe 24 jam jogja
Sumber: Rakamin Academy

Dummin Coffee adalah cafe yang didesain modern dan minimalis, sehingga akan membuat kamu betah untuk nongkrong berlama-lama, bahkan hingga mengerjakan tugas di sini.
Lokasinya juga cukup strategis, berada di depan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), tepatnya ada di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kota Yogyakarta. Menu yang disediakan cukup beragam dengan harga berkisar atara Rp18 ribu dan Rp24 ribu.

4. Brick Cafe

cafe 24 jam jogja
Sumber: Jogja Kita

Cafe 24 jam ini terletak di Jalan Damai, Kabupaten Sleman. Desain interior dan eksteriornya dibuat sangat menawan dengan sentuhan estetika bergaya Eropa. Tidak tanggung-tanggung, menu di Cafe Brick ini juga terinspirasi dari berbagai hidangan Asia dan Eropa. Cafe ini bukan hanya sekadar tempat nongkrong, melainkan sudah jadi spot foto menarik, mulai dari klasik hingga kontemporer. Fasilitasnya cukup beragam, seperti area yang ramah anak, zona merokok, hingga infused water bagi pengunjung yang ingin refill air minum.

5. Legend Coffee

cafe 24 jam jogja
Sumber: Situs resmi Legend Coffee Jogja

Berlokasi di ujung Jalan Abu Bakar Ali yang dekat dengan akses ke arah Malioboro, Legend Coffee jadi pilihan tempat nongkrong yang legendaris. Cafe ini dulunya terkenal sebagai pilihan nongkrong 24 jam di Jogja. Namun semenjak pandemi, tempat ini dibatasi hanya sampai jam 24.00 saja. Areanya sendiri sangat luas dengan konsep bangunan lawas yang memancarkan aura estetiknya.

Legend Coffee ini juga dikenal sebagai cafe sejuta umat karena konsepnya yang menyediakan banyak games seru di dalamnya. Soal makanan beratnya tersedia nasi goreng sapi, bakmi godog, sop buntut, bubur ayam, dan juga spaghetti. Sedangkan untuk kudapannya tersedia tempe mendoan, pisang bakar, roti bakar, kentang goreng, dan banyak lagi. Minumannya juga beragam, mulai dari kopi-kopian hingga minuman jus.

6. Peacock Coffee Palagan

cafe 24 jam jogja
Sumber: Visiting Jogja

Lokasinya strategis di samping hotel Hyatt, Jalan Palagan dengan konsep ruangan terbuka terpisah. Ada zona merokok terpisah, namun untuk masuk harus melewatinya terlebih dahulu. Jam bukanya mulai pukul 07.00 pagi hingga tengah malam. Meskipun bukan cafe yang punya area luas dan lega, tapi dijamin sangat nyaman serta estetik dengan sedikit unsur vintage. Dengan tembok bata berwarna putih, terdapat banyak pigura cantik dan pot tanaman hias yang semakin membuat kece.

Apalagi di sini ada fasilitas WiFi yang membuatnya jadi favorit anak muda untuk nongkrong sekaligus mengerjakan tugas atau work from cafe. Sajian makanan di sini ada waffle, pai apel, pai cokelat, roti sosis keju, lasagna, pasta carbonara, dan pasta meatball bolognese. Minimannya tersedia dari mulai espresso, cinnamon latte, choco rhum, dan lain sebagainya.

Baca juga:  8 Cafe Hits di Jogja yang Cocok untuk Kerja di Luar Rumah!

7. Kopitu Coffee and Partner

cafe 24 jam jogja
Sumber: Restaurant Guru

Kopitu Cafe jadi tempat nongkrong paling tepat sambil menikmati kopi. Ada banyak pilihan kopi nusantara hingga internasional. Lokasinya berada di kawasan Nologaten yang mudah di akses dan dekat dengan kampus. Tersedia area indoor dan outdoor yang nyaman. Area indoor-nya bisa dimanfaatkan untuk menggelar berbagai event. Makanannya cukup beragam, mulai dari menu nasi, pasta dan burger. Untuk menu minumannya, kafe ini memiliki menu espresso based, mocktail, milk based, manual brew, dan lain sebagainya.

8. Mister Burger Kofisyop

cafe 24 jam jogja
Sumber: Situs Resmi Mister Burger

Di Jogja, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati burger. Mister Burger Kofisyop menawarkan menu-menu burger dengan harga yang ramah di kantong. Tempat ini lebih luas, lebih besar, dan memiliki nuansa lebih modern, sehingga cocok bagi kamu yang gemar nongkrong. Lokasinya yang berada di Jalan Jenderal Sudirman dan merupakan salah satu jalan utama di Jogja, tempat ini pun selalu ramai pengunjung.

Jika kamu berkunjung pada malam hari, kamu dapat menikmati pemandangan lalu-lalang kendaraan dari balkon Mister Burger Kofisyop. Bintang utama di sini tentunya adalah burger dengan beragam varian rasa. Namun, kamu juga bisa memilih menu lain seperti hotdog, grilled chicken, sandwich, french fries, mozzarella stick, kebab, salad, pasta, pizza, dan masih banyak lagi. Menu minuman pun tak kalah beragam, mulai dari kopi, teh, hingga minuman segar seperti float.

9. Internet Learning Cafe

cafe 24 jam jogja
Sumber: Internet Learning Cafe

Alternatif terakhir cafe 24 jam di Jogja adalah Internet Learning Cafe (ILC). Suasana tempat ini modern dan menggabungkan konsep cafe dengan warnet. Selain tempatnya yang nyaman, bersih, dan memiliki akses internet supercepat, ILC pun menyediakan makanan serta minuman.

Sambil berselancar di internet, kamu dapat menikmati minuman hangat seperti cokelat panas atau cappucino untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Jika kamu lapar, kamu bisa memesan camilan seperti kentang goreng. Tersedia pula menu berat seperti sop ayam dan nasi goreng. Lokasi ILC berada di Jalan Kaliurang KM 5,2 dan Jalan Ipda Tut Harsono, Timoho.

Nah, itu dia 9 rekomendasi cafe yang cocok untuk keperluan nongkrong dan mengerjakan tugas hingga work from cafe. Mau lesehan hingga kelas artisan coffee ada semuanya, tergantung untuk suasana dan kopi kualitas apa. Rugi rasanya kalau ke Yogyakarta tapi belum mencicipi kulinernya, ada banyak pilihan tempat unik dan menarik. Bahkan untuk anak muda yang suka bergaul, ada beberapa cafe menarik dengan spot cantik yang instagramable.