8 Tempat Camping di Jawa Tengah dan Daftar Perlengkapannya

camping adalahSumber: Freepik

Siapa yang setuju, kalau tidur di dalam tenda, trekking, memasak dan makan bersama keluarga, akan menjadi penghilang penat? Camping memang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau sahabat. Camping adalah aktivitas outdoor yang akan membuat tubuh lebih segar karena terkena cahaya matahari serta membuat jam biologis tubuh kembali normal.

Apa saja sih aktivitas seru yang bisa dilakukan saat camping?

Aktivitas seru pertama dari camping adalah pada saat menikmati malam, di mana kamu bisa keluar dari tenda dan memandang langit malam tanpa terhalang apapun. Ada banyak sekali bintang-bintang yang bisa menghiasi malam kamu di sana, dan pemandangan indah seperti itu bisa saja jarang kamu saksikan jika berada di lingkungan rumah.

Selain itu, kamu juga bisa mengadakan acara api unggun saat berkemah. Pada saat mengadakan api unggun, kamu bisa membakar jagung, bernyanyi bersama, dan melakukan aktivitas menghibur lainnya. Api unggun juga bagus untuk menghangatkan suhu tubuh di lokasi perkemahan yang dingin, lho

Alam bebas juga membuat kamu lebih mudah untuk menyaksikan langsung awal titik matahari terbit hingga akhir dari matahari terbenam. Keindahan langit di saat-saat itu mungkin tidak bisa dengan mudah kamu saksikan di lingkungan tempat tinggal. Jadi dengan camping, kamu bisa mengkhususkan waktu untuk menyaksikannya!

Rekomendasi Tempat Camping Paling Asyik di Jawa Tengah

camping adalah
Sumber: Freepik

Sebenarnya ada banyak sekali spot camping di Indonesia dengan pemandangan yang indah dan juga nyaman. Penasaran? Yuk, cari tahu dulu spot-spot camping terbaik yang tersebar di Jawa Tengah! Setelah itu, siapkan segala peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk camping bersama keluarga atau sahabat. 

1. Sunrise Camp Gunung Prau

Gunung Prau terkenal dengan lanskap alamnya yang sangat menawan, dan bisa dijadikan tempat untuk latihan mendaki, karena medannya yang tidak terlalu sulit. Kamu harus tahu nih, kalau gunung Prau menjadi batas untuk tiga kabupaten yang ada di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Wonosobo.

Waktu terbaik untuk menghabiskan liburan di Prau adalah pada puncak kemarau yang berlangsung di bulan Agustus-September. Saat musim kering, pemandangan gunung Prau akan memanjakan mata, di mana langitnya akan terlihat biru bersih, padang rumput luas terbentang dari timur ke barat. Camping di gunung Prau akan memberikan kamu pengalaman yang luar biasa, di mana kamu bisa menikmati salah satu golden sunrise terbaik di Indonesia.

Baca juga:  9 Danau di Indonesia Tercantik yang Seru Buat Piknik

2. Camp Area Umbul Bengkok

Camp Area Umbul Bengkok adalah salah satu destinasi yang cukup baru, di mana letaknya ada di Desa Karangasem, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Untuk sampai ke area camping, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 menit dari Kota Purwokerto.

Camp Area Umbul Bengkok ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga dan sahabat. Tidak perlu repot membawa peralatan kemah, karena di lokasi sudah terdapat tenda, alas tidur, selimut, dan lain sebagainya yang disewakan dengan harga yang bersahabat. 

3. Camp Ground Sikunir

Berkemah di kawasan Sikunir juga bisa menjadi surga tersendiri untuk para pencinta alam. Pasalnya, Bukit Sikunir terkenal dengan golden sunrise-nya yang menawan, tak heran jika para pengunjung Bukit Sikunir adalah pelancong lokal dan mancanegara.

Lokasi Bukit Sikunir ini di desa tertinggi di Pulau Jawa, tepatnya di Desa Sembungan yang mempunyai ketinggian 2.306 mdpl. Dari atas Bukit Sikunir, kamu akan melihat golden sunrise, menyaksikan matahari tenggelam, hingga melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing, serta kabut awan saat pagi hari. 

4. Wana Campsite Nglimut

Wana Campsite Nglimut adalah salah satu tempat camping ground di Jawa Tengah yang di kelilingi oleh hutan pinus. Camping ground ini terletak di lereng Gunung Ungaran sebelah barat laut tepatnya berada di Dusun Nglimut, Desa Gonoharjo, Limbangan, Kendal. 

Wana Campsite Nglimut ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap selain area camping ground. Mulai dari dekat dengan sumber air, area parkir yang luas, warung makan, bahkan ada live music yang kadang diadakan saat weekend. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk menghabiskan liburan akhir pekan dengan kegiatan camping di Wana Campsite Nglimut?

5. Mawar Camp – Gunung Ungaran

Kalau kamu hobi mendaki gunung, kamu bisa melihat keindahan Gunung Ungaran dengan mendaki melalui jalur pendakian Gunung Ungaran via Mawar atau via Parantunan. Tapi, kalau kamu hanya ingin camping, maka kamu bisa berkemah di Camp Mawar – Ungaran. Camp Mawar ini terletak di area pintu gerbang pendakian Gunung Ungaran via Mawar yang bisa dikunjungi kapan saja.

6. Bumi Perkemahan Sekipan

Campgrounds Sekipan adalah salah satu tempat camping asyik yang terletak di Karanganyar. Tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi camping bersama sahabat atau keluarga. Fasilitasnya sudah super lengkap, kamu bisa bermain trampolin, flying fox, dan juga jembatan goyang. Selain itu, terdapat juga spot–spot yang unik untuk berfoto, mulai dari Miniatur Kabah, Kapal Titanic, Kampoeng Halloween, hingga Replika Presiden RI.

Baca juga:  Wajib Tahu! 8 Fakta dan Hal Menarik Seputar Gunung Kembang

7. Tlogo Dringo

Tahukah kamu, bahwa Tlogo atau Telaga Dringo disebut sebagai Ranu Kumbolo-nya Jawa Tengah? Keindahan alamnya memang membuat Telaga Dringo ini dijadikan sebagai wisata yang diminati, terutama untuk yang senang wisata camping di Banjarnegara. Telaga Dringo terletak di dekat kawasan Tawangmangu, Karanganyar, dani berdekatan dengan Kawah Candradimuka dan Sumur Jalatunda.

8. Camp Ground Promasan

Kalau kamu suka dengan suasana kebun teh, maka camping ground Promasan adalah salah satu pilihan yang bagus. Camping ground Promasan ini berada di barat Gunung Ungaran yang mempunyai banyak jalur akses.

Selain itu, masih ada banyak lagi tempat camping di Jawa Tengah yang juga bisa kamu kunjungi. Ada Camping Ground Pinus Cunthel yang terletak di Getasan, Kabupaten Semarang. Atau Sidempul Camping Ground di Temanggung juga bisa kamu pilih sebagai tempat camping terbaik. 

Daftar Perlengkapan untuk Camping Seru Bersama Keluarga atau Sahabat

camping adalah
Sumber: Freepik

Bagaimana, sudah menentukan pilihan akan camping di mana? Destinasi manapun yang akhirnya kamu pilih sebagai tempat camping bersama keluarga atau sahabat, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapannya, ya

Perlengkapan apa saja yang perlu dibawa saat camping adalah sebagai berikut:

  • Tenda camping, frame, dan pasak adalah perlengkapan utama yang tidak boleh ketinggalan. Khususnya jika kamu memilih tempat camping yang tidak menyediakan atau tidak menyewakan perlengkapan ini.
  • Jaket gunung, jas hujan, dan baju ganti juga wajib dibawa. 
  • Sepatu dan sandal gunung, serta kaos kaki. 
  • Sleeping bag dan matras untuk tidur semakin nyaman.
  • Kompor dan gas, serta perlengkapan untuk memasak juga diperlukan. 
  • Logistik atau bahan makanan dan air minum.
  • Pisau serbaguna, korek api, senter, serta headlamp beserta baterai cadangan. 
  • Kantong plastik dan trash bag
  • P3K dan survival kit lainnya.

Sebaiknya kamu menggunakan tas carrier untuk membawa segala peralatan dan perlengkapan untuk camping seperti yang telah disebutkan di atas. Mengingat biasanya beberapa barang kecil akan hilang dan ketinggalan jika tidak di-packing dalam satu tas atau wadah. Itulah mengapa kamu perlu menggunakan tas carrier yang memiliki kapasitas banyak. Ada banyak pilihan tas carrier dalam berbagai model dan ukuran yang dijual di pasaran. Kamu tinggal pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan saja!

Tags: , , , , ,

Berita Terbaru