Car Free Day yang Hanya Muncul di Hari Minggu, Ini Sejarahnya!

Kamu sering pergi ke kawasan dimana tidak ada kendaraan bermotor saat akhir pekan? Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), adalah hari dimana salah satu atau beberapa ruas jalan dibebaskan dari kendaraan bermotor untuk keperluan masyarakat sekitar. Di Car Free Day, masyarakat bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti berolahraga, hingga berdagang. Kamu juga bisa melakukan kegiatan sosial bersama kelompok komunitasmu di sana.

Tahukah kamu, Hari Bebas Kendaraan Bermotor itu dirayakan tiap 22 September dan menjadi awal mula sejarah Car Free Day? Ya, Hari Bebas Kendaran Bermotor sebenarnya bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. KIra-kira ada hal menarik apa ya tentang Car Free Day ini? Yuk, simak pembahasannya lebih lanjut!

car free day
Sumber: Pinterest

Sejarah Car Free Day

Bahaya dari asap kendaran motor sudah disadari manusia sejak tahun 1950. Hingga akhirnya pada 1956 negara Belanda dan Belgia lah yang pertama kali melakukan Car Free Sundays, Lalu di tahun 1990-an banyak negara di Eropa mengikuti hal yang serupa.  Setelah itu, kepopuleran Car Free Day di dunia semakin meningkat. Dalam sejarah Indonesia sendiri, Car Free Day diyakini sudah dilakukan sejak awal tahun 2000-an. Pada tanggal 21 September 2003, kegiatan Car Free Day sedunia serempak dilaksanakan oleh 1500 kota di dunia termasuk Jakarta, dihadiri 112 juta manusia.

Baca juga:  Tiru 9 Gaya OOTD untuk Bukber Ini, Dijamin Kece!

Delapan Manfaat CFD

car free day
Sumber: Pinterest

Adapun 8 manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dari Car Free Day yang dilakukan pemerintah setempat yaitu:

  1. Sarana Olahraga. Jalanan yang luas memudahkan para masyarakat untuk melakukan olahraga dengan nyaman tanpa takut ada kendaraan bermotor yang menganggu.
  2. Sarana Rekreasi. Selain untuk berolahraga, Car Free Day juga bisa menjadi ajang untuk berkumpul dengan keluarga ataupun teman-teman komunitas.
  3. Ajang Berdagang. Selain makanan dan minuman, para pedagang juga menjual berbagai macam dagangan seperti mainan anak, baju, sepatu, dan aksesoris lainnya.
  4. Bermain dengan Hewan Peliharaan. Mereka yang mempunyai hewan peliharaan biasanya diajak sambil menemani berolahraga, mulai dari anjing hingga hewan reptil.
  5. Aksi Sosial. Aksi sosial seperti penggalangan dana dan bakti sosial sering dilakukan pada saat terjadi bencana alam atau bencana kemanusiaan.
  6. Promosi Produk. Dengan sekedar membagikan brosur atau memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang pentingnya produk tersebut agar masyarakat mengetahui dan tertarik untuk membeli produk tersebut.
  7. Mengurai Kemacetan. Car Free Day adalah kampanye yang turut membantu mengurangi polusi udara, karena kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang polusi udara yang cukup besar.
  8. Menghilangkan Penat. Setelah bekerja selama 5-6 harii, saatnya kamu refreshing dengan pergi ke CFD.

Tips Sebelum ke Car Free Day

car free day
Sumber: iStockPhoto

Sebelum pergi ke Car Free Day, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Datang Pagi. Biasanya, kegiatan ini dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 12 siang. Pastikan kamu datang pada jam tersebut, ya!
  2. Kenakan Pakaian yang Sesuai. Gunakan sepatu olahraga atau alas kaki yang nyaman untuk berjalan, serta pakaian yang gampang menyerap keringat.
  3. Pakai Sunscreen. Karena kamu akan mendatangi ruangan terbuka, maka kamu harus sedia sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Oleskan di wajah dan bagian tubuh yang bisa terkena sinar matahari langsung.
  4. Jaga Barang Bawaan. Bawalah barang bawaan secukupnya, karena kegiatan ini bisa menjadi sasaran para pencuri untuk melancarkan aksinya.
  5. Bawa Uang Tunai Secukupnya. Jika kamu ingin membeli makanan atau minuman, kamu bisa membawa uang tunai secukupnya di dompet. Namun jika stand-stand di Car Free Day memiliki fasilitas QRIS untuk pembayaran, maka akan semakin mudah.
  6. Membuang Sampah pada Tempatnya. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, buanglah sampah sesuai kelompoknya.
Baca juga:  Pemilihan Padu Padan Warna untuk Outfit Jalan-jalanmu!

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Car Free Day. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan menjaga bumi dan tubuh kita tetap sehat. Supaya generasi penerus kita masih bisa menikmati udara segar di masa depan. Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan, ya!