cara agar parfum tahan lama
Ilustrasi pemakaian parfum (Sumber: iStockPhoto)

8+ Cara Agar Parfum Tahan Lama, Anti Apek!

Memiliki bau badan yang kurang sedap tentu terasa sangat mengganggu bagi sebagian besar orang, baik pria maupun wanita. Nah, salah satu cara untuk menutupi bau badan yang tidak sedap adalah dengan menggunakan cara agar parfum tahan lama. Bagi sebagian orang, memakai parfum merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. Selain berguna untuk menyamarkan bau tubuh yang tidak sedap, parfum juga dapat membuatmu menjadi tenang, rileks karena aroma yang diberikan.

Namun, kebanyakan orang merasa kurang puas dengan parfum karena aromanya tidak dapat bertahan lama atau cepat hilang. Ternyata penyebab hilangnya aroma parfum yang begitu cepat ini bukan karena aktivitas yang tinggi, tetapi bisa jadi hal ini terjadi karena kamu salah saat mengaplikasikannya sehingga aromanya pun cepat menguap. Agar wangi parfum kamu bisa tahan lama, kamu bisa mengikuti 8+ tips agar wangi parfum kamu bertahan lama berikut ini.

cara agar parfum tahan lama
Sumber: iStockPhoto

8+ Cara Agar Parfum Tahan Lama

1. Oleskan Parfum Langsung ke Kulit

Kulit merupakan kanvas yang sempurna untuk aroma favorit. Agar parfum benar-benar terurai, dibutuhkan media (kulit) yang tepat untuk menambatkannya. Sifat lipofik (pecinta minyak)pada kulit, menjadikannya media yang sempurna untuk menempelkan minyak wangi. Selain itu, kehangatan kulit memulai proses penguraian menjadikan aroma parfum bebas untuk mengekspresikan dirinya sepenuhnya.

Baca juga:  5 Jenis Vitamin Rambut untuk Rambut Kering Jadi Sehat dan Berkilau

2. Semprotkan ke Beberapa Titik Tubuh

Saat mengoleskan parfum dengan benar pada beberapa titik yang tepat, aroma akan lebih awet. Pilih area tubuh yang secara alami hangat dan lembap, seperti bagian dalam siku, bagian belakang lutut, dada, dan sisi leher. Titik-titik ini memungkinkan parfum untuk benar-benar terpancar keharumannya. Jika tidak, top notes yang tercium akan cenderung hilang terlalu cepat serta akan meninggalkan aroma yang memabukkan, kaku, dan tak bernyawa.

3. Tidak Mengoleskan Parfum ke Rambut

cara agar parfum tahan lama
Sumber: iStockPhoto

Jangan gunakan eau de toilette di rambut karena formula berbasis alkohol cenderung mengeringkan dan merusak rambut. Namun kamu masih dapat menggunakan wewangian non alkohol pada rambut dengan aroma yang tidak memabukkan.

4. Tidak Menggosok Parfum ke Kulit

Tahan godaan untuk mengoleskan parfum ke kulit karena aroma yang dihasilkan sangat soft. Aroma harus menempel di kulit agar bisa bercampur dengan minyak alami kulit. Saat pergelangan tangan digosokkan, top notes akan memudar dan cepat menguap. Jika kulit digosok, akan mengeringkan banyak aroma dan kamu kehilangan pengalaman secara keseluruhan.

5. Lapisi Parfum dengan Aroma Berbeda

Melapisi (covering) aroma parfum adalah seni tersendiri. Kamu bisa melapisi parfum dengan aroma lainnya yang menyegarkan namun tidak terlalu strong, seperti musk powder. Hindari melapisi wewangian terlalu banyak karena bisa saja memusingkan kamu dan orang-orang di sekitarmu. Kamu bisa melapisi wewangian single notes seperti woody atau musky untuk membungkus wewangian earthy undertones. 

6. Semprotkan pada Pakaian

Cara memakai parfum agar tahan lama berikutnya adalah mengaplikasikan parfum pada pakaian. Tips ini banyak disukai banyak orang karena aroma wangi menjadi semakin awet. Namun perhatikan saat menyemprot parfum ke pakaian, hindari bahan seperti sutra yang dapat dengan mudah ternodai oleh minyak parfum. Pastikan semprot dari jauh untuk membentuk mist agar merata. Kamu bisa melakukan cara ini untuk pengalaman penciuman yang berbeda dari saat kamu mengoleskan parfum ke kulit.

Baca juga:  10 Pilihan Jenama Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

7. Gunakan Pelembap Atau Body Lotion

Wangi parfum akan lebih awet jika diaplikasikan pada kulit yang berminyak. Jadi, sebelum mengoleskan parfum pada kulit kita, sebaiknya oleskan pelembap terlebih dahulu. Jangan lupa, gunakan pelembap tanpa adanya campuran parfum di dalamnya. Jika menggunakan body lotion, Anda bisa mencampurkannya dengan parfum. Ini dilakukan karena dapat memaksimalkan aroma parfum kita. Tetapi, pastikan bahwa lotion tidak mengandung wewangian.

8. Letakkan Parfum di Tempat yang Tepat

Tempat menaruh parfum juga ternyata berpengaruh, loh! Ya, cara menaruh parfum merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dan keawetan wangi parfum. Pasalnya, sinar matahari dan temperatur yang panas  ternyata dapat merusak struktur molekul pewangi yang dapat mengurangi aroma dan kualitasnya. Maka dari itu, tempatkan parfum di tempat yang gelap dan dingin agar kualitas tetap terjaga.

9. Beri Jarak saat Menyemprot

cara agar parfum tahan lama
Sumber: iStockPhoto

Saat hendak menyemprotkan parfum, perhatikanlah jarak semprotanmu. Jarak saat menyemprotkan parfum ini penting diperhatikan agar lebih luas dan merata ketimbang menyemprotkannya dari jarak dekat. Jarak terbaik untuk menyemprotkan parfum adalah 15-25 cm dari tubuh. Dari jarak ini, penyebaran parfum pun menjadi lebih luas dan merata ketimbang menyemprotkannya dari jarak yang sangat dekat atau bahkan tidak berjarak. Hasil dari menerapkan tips menggunakan parfum ini, wanginya dijamin lebih tahan lama, terasa ringan, juga menyegarkan.

Nah, itulah cara membuat parfum lebih tahan lama hingga seharian. Selain memiliki parfum yang berkualitas, mengaplikasikan cara memakai parfum agar tahan lama juga tak kalah pentingnya. Parfum modern saat ini diracik dengan bahan aktif yang berkualitas dan tetap wangi meski bercampur dengan keringat.

Mia Atika

Add comment

Share