5+ Cara Agar Rambut Lembut dan Jatuh yang Perlu Dicoba

“Hei.. rambutmu kok halus dan lembut sih? Apa rahasianya?”  Tentunya percakapan seperti itu adalah sebuah kebanggaan bagi kamu yang memiliki rambut sehat, lembut dan jatuh. Rambut bukan hanya masalah penampilan tapi juga bercerita tentang dirimu. Dengan menerapkan cara agar rambut lembut dan jatuh yang hasilnya menawan, akan membuatmu memulai hari dengan rasa percaya diri. Rasa cemas, insecure dan gelisah akan selalu datang ketika rambut mulai lepek, bau, dan mengembang di siang hari.

Bagi kamu yang mungkin mempunyai masalah dengan rambut kusam, lepek, bercabang, dan sebagainya, jangan berkecil hati dulu, ya. Karena masih banyak cara yang bisa dilakukan merawat rambutmu dengan rutinitas hair care yang tepat agar terlihat sehat dan menawan. Yuk simak ulasan berikut ini agar rambut kamu terlihat indah dan berkilau tentunya juga lembut dan jatuh hingga gampang diatur kembali.

Cara agar Rambut Lembut dan Jatuh

1. Keramas Secara Teratur

Sumber: Freepik

Cara agar rambut lembut dan jatuh adalah mengatur waktu keramas, artinya jangan terlalu sering dan juga jangan terlalu jarang. Sesuaikan waktu keramas dengan kebutuhan rambutmu. Rambut yang berminyak dan rambut kering tentunya tidak sama kebutuhan dan waktu keramasnya. Jika mempunyai rambut yang kering dan kusam mungkin bisa keramas setiap 4 hari sekali, rambut yang berminyak bisa diatur dengan keramas setiap 2 hari sekali. Terlalu sering berkeramas akan menimbulkan masalah yang baru, kulit kepala menjadi kering, lepek dan kusam. Maka kamu harus mengenali karakteristik rambutmu agar bisa mengatur waktu keramasmu dengan baik.

Baca juga:  Tampilan Halus dengan Keratin Rambut Treatment, Ini Caranya!

2. Menggunakan Kondisioner Setelah Keramas

Sumber: Freepik

Salah satu cara yang bisa digunakan agar rambut lembut dan jatuh adalah menggunakan kondisioner secara rutin dan teratur setelah keramas. Dengan menggunakan kondisioner secara rutin dan teratur akan membuat rambut terpenuhi nutrisinya dan terjaga kelembabannya. Kondisioner juga bisa melindungi kerusakan rambut akibat terpapar sinar matahari atau penggunaan hair dryer yang cukup sering.

Kondisioner yang memiliki komposisi minyak esensial dan kandungan lainnya sangat bermanfaat bagi perlindungan rambut rusak. Pemilihan kondisioner yang tepat tentunya harus kamu perhatikan dengan jenis rambutmu agar hasilnya bisa lebih maksimal.

3. Membilas Rambut dengan Air Dingin

Sumber: Freepik

Cara selanjutnya yang juga harus kamu perhatikan adalah membiasakan membilas rambut menggunakan air dingin. Benefit yang didapatkan dari membilas rambut dengan air dingin adalah kemampuannya untuk menutup kutikula (lapisan terluar) helai rambut. Dikutip dari laman Herworld, air panas bisa membuka kutikula helai rambut sehingga bisa berakibat terganggunya kesehatan rambut.

4. Hindari Pengering, Pengeriting dan Pelurus Rambut

Sumber: Freepik

Rambut yang terlalu sering terpapar panas dengan suhu tinggi mengakibatkan rambut akan menjadi kusam dan mudah patah. Terlalu sering menggunakan pengering, pengeriting dan pelurus rambut dengan suhu yang tinggi sangat beresiko menjadikan rambut kusam, kering dan mengembang.

Carilah waktu yang relax untuk membilas rambutmu sehingga tidak terburu-buru harus dikeringkan dengan pengering yang bersuhu tinggi. Biasakan menggunakan handuk untuk memanjakan rambut setelah membilas, karena mengeringkan dengan handuk jauh lebih ramah untuk kesehatan rambutmu. 

Baca juga:  9 Urutan Hair Care Routine yang Perlu Kamu Terapkan, Rambut Sehat dan Berkilau!

5. Cara agar Rambut Lembut dan Jatuh dengan Makanan Sehat

Sumber: Freepik

Perawatan rambut tidak cukup hanya dengan perawatan luar saja, tapi juga harus diimbangi dengan asupan gizi yang cukup. Untuk rambut yang tumbuh lebih kuat tentunya membutuhkan asam lemak esensial dan juga omega 3, dan itu bisa didapat dengan mengkonsumsi ikan tuna, ikan kembung juga ikan salmon. Ikan berlemak tadi juga mengandung vitamin B, vitamin D yang sarat akan protein dan selenium yang sangat baik untuk kesehatan rambut.

Selain itu mengkonsumsi telur adalah pilihan yang tidak boleh diabaikan, bisa dikatakan telur adalah multivitamin alami yang mengandung berbagai vitamin, mineral dan nutrisi. telur memiliki biotin dan vitamin B yang bisa mencegah kerontokan rambut, bahkan juga mendukung kesehatan rambut dan kuku.

Mengkonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan yang sarat dengan vitamin A, vitamin C dan vitamin E juga penting untuk kesehatan dan pencegahan rambut rontok. Sayuran hijau seperti bayam, kubis dan collard adalah pilihan bagus untuk itu semua. 

Buah-buahan yang mengandung antioksidan dan vitamin C sangat membantu untuk melindungi folikel rambut dari radikal bebas, dan bisa didapatkan dari buah jeruk, ceri, aprikot dan anggur.

Baca juga: Creambath BIsa Dilakukan di Rumah Juga, Ini 4 Rekomendasi Produknya!

Sekarang kamu telah memahami rahasia cara agar rambut lembut dan jatuh setiap saat. Luangkan waktu untuk terapkan perawatan rambut harian yang tepat sesuai jenis dan masalah rambut yang kamu alami. Di samping memilih produk perawatan rambut yang tepat, juga jangan lupa untuk merawat rambut dari dalam, ya!