Cara Berjualan di Shopee yang Wajib Kamu Ketahui

cara berjualan di Shopee

Berjualan secara online kini semakin diminati, baik itu lewat media sosial atau lewat e-commerce seperti Shopee. Dengan berjualan melalui e-commerce, kamu tidak perlu bingung menyewa toko dengan biaya mahal sekaligus bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Namun meskipun terkesan mudah, kenyataannya tidak semua orang tahu bagaimana cara berjualan di Shopee.

Jangan khawatir, untuk mengatasi hal tersebut, kali ini kita telah mempersiapkan untuk membahas cara berjualan di Shopee yang akan berguna untuk penjual pemula.

Sekilas Tentang Shopee

Shopee adalah situs e-commerce yang berkantor pusat di Singapura di bawah naungan SEA Group. Sebelumnya dikenal dengan nama Garena, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Mulai tahun 2019, Shopee juga sudah aktif di negara Brasil, menjadikannya negara pertama di Amerika Selatan dan luar Asia yang dikunjungi Shopee.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada bulan Desember 2017 oleh TheAsianParent mengungkapkan bahwa Shopee adalah platform belanja pilihan pertama bagi para ibu di Indonesia (73%), diikuti oleh Tokopedia (54%), Lazada (51%), dan Instagram (50%).

Pada April 2020, Shopee Indonesia mulai mempromosikan penjualan makanan siap saji di platform Shopee. Program yang diberi nama ShopeeFOOD ini telah merekrut lebih dari 500 penjual makanan di wilayah Jakarta.

Cara Berjualan di Shopee

Daftar Akun Shopee

shopee sebagai salah satu marketplace online shopping

Cara berjualan di Shopee yang pertama adalah dengan membuka situs resmi Shopee di browser desktop. Selain lewat komputer kamu juga bisa mendaftar lewat hp (smartphone) menggunakan aplikasi Shopee yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Baca juga:  10 Cara Jualan di Bukalapak Paling Praktis dan Mudah

Buka akun baru dengan klik tombol daftar yang ada di sisi kanan atas. Setelah diklik, isi formulir yang ada dengan data pribadi kamu. Ingatlah untuk mengisi data diri secara benar dan lengkap. Telitilah kembali setelah kamu mengisi data pribadi pada form pendaftaran.

Buka dan Atur Toko

fitur shopee
sumber : buat toko online

Setelah terdaftar, langkah kedua cara berjualan di Shopee adalah dengan memilih menu ”Jual” yang ada di sisi kiri atas. Untuk di smartphone, kamu bisa mengakses menu ini dengan klik tab “Saya” yang ada di sisi kanan bawah layar dan klik opsi Mulai Jual yang ada di sisi kiri atas.

Setelah itu kamu akan masuk ke dalam fitur Shopee Seller Centre. Fitur Shopee seller Centre Ini semacam pusat kendali untuk mengelola toko kamu.

Pilih menu Pengaturan Toko. Kemudian isi profil toko kamu, mulai dari nama toko, deskripsi toko, logo/foto toko dan banner toko. Setelah semuanya diisi, klik “simpan”.

Atur Alamat Toko dan Jasa Pengiriman

Setelah itu pilih menu “Alamat Saya” untuk mengatur alamat toko kamu. Selanjutnya klik tombol “Tambah alamat baru”. Isi formulir yang ada dengan rincian alamat toko dan klik simpan.

Setelah itu pilih menu “Jasa Kirimku” untuk mengatur jasa ekspedisi pengiriman yang akan digunakan toko. Akan ada beberapa opsi, dan klik toggle yang berada di jasa kirim yang diinginkan hingga berwarna hijau.

Sertakan Rekening Bank

sertakan cara pembayaran dan no rekening sebagai salah stu cara berjualan di shopee
sumber : tribunnews

Sebagai cara berjualan di Shopee yang ke empat, kamu bisa mengisi rincian rekening bank untuk melakukan pembayaran atau menerima uang penjualan. Caranya klik menu Kartu/Rekening Bank. Nantinya kalian akan diminta memasukkan password akun Shopee kalian untuk verifikasi.
Untuk menambahkan rekening bank, klik opsi “Tambah Rekening Bank”. Setelah itu isi form yang ada dengan rincian rekening bank kamu dan klik Lanjut.

Baca juga:  Ingin Investasi Berhasil? Yuk Berkenalan dengan Saham Blue Chip

Mulai Menambahkan Produk

Sekarang toko kalian sudah jadi dan siap untuk berjualan. Untuk memulai berjualan, klik ikon kotak yang ada di samping nama akun dan pilih menu “Produk Saya”.

Untuk menambahkan produk jualan kamu, klik opsi Tambah Produk Baru. Tuliskan nama produk dan pilih kategori yang cocok untuk produk jualan, misalnya Pakaian Wanita > Atasan > Kemeja dan klik Lanjut.

Masukkan Rincian Produk

Masukkan informasi lebih rinci tentang produk di form yang disediakan. Mulai dari deksripsi, merek, asal produk, bahan, dan style. Setelah itu isi informasi penjualan termasuk harga dan jumlah stok produk.

Unggah foto-foto untuk menunjukkan produk jualan kalian. Shopee memungkinkan kalian untuk mengunggah hingga sembilan foto. Kemudian masukkan rincian untuk pengiriman termasuk berat produk dalam gram, ukuran paket dan ongkos kirim.

Toko Siap Dibuka

Setelah semuanya terisi, klik Simpan dan Tampilkan. Ulangi langkah memasukkan produk hingga semua produk jualan terunggah di Shopee. Sekarang produk jualan kalian sudah bisa dicari dan dilihat oleh semua pengguna Shopee.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Setelah mengetahui langkah-langkah cara berjualan di Shopee di atas, kami berharap bahwa kamu segera bisa memiliki toko online di sana. Dengan memiliki toko online, kamu akan lebih leluasa menjalankan bisnismu, dari mana saja dan kapan saja. Salam sukses!





Tags: , , , ,

Berita Terbaru