cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

10+ Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Tepat

Bagaimana sih cara cepat menurunkan berat badan yang tepat? Pada dasarnya, kunci utama dari mengurangi berat badan adalah pola makan yang sehat dan mengendalikan asupan kalori. Kedua hal tersebut harus juga dibarengi dengan peningkatan aktivitas fisik, sehingga kamu akan mendapatkan berat badan ideal. Kemudian setelah itu, perubahan gaya hidup dan kebiasaan makan juga perlu diperhatikan agar berat badan yang berhasil turun bertahan lama.

Dalam rangka menurunkan berat badan, satu hal yang perlu kamu lakukan adalah menentukan target penurunan berat badan yang ingin dicapai terlebih dahulu. Tapi harus diingat, jangan menetapkan target yang ekstrem, ya! Sebab hal ini justru akan menimbulkan beragam gangguan kesehatan, mulai dari konstipasi, diare, pengurangan massa otot, hingga malnutrisi, yang pada akhirnya juga akan menggagalkan usaha penurunan berat badan.

Sebaiknya, buatlah target penurunan berat badan secara bertahap sebanyak 0,5–1 kilogram per minggu atau 2–4 kilogram per bulan. Bukan hanya lebih sehat, namun menetapkan target dengan cara ini tentunya juga dapat membuat berat badan ideal yang nantinya dicapai bisa bertahan lama.

Nah, sekarang sudah siap untuk mengetahui cara-cara cepat menurunkan berat badan? So check this out!

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Tak perlu lama-lama lagi, di bawah ini sudah disiapkan beberapa tips dan cara cepat menurunkan berat badan yang bisa kamu ikuti. Simak satu per satu, dan lakukan secara rutin, ya!

1. Jangan Lewatkan Sarapan

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Kebanyakan orang salah dalam melakukan diet, jangan sampai kamu juga menjadi salah satunya! Bukannya mengganti menu makanan, namun malah melewatkan sarapan pagi. Padahal sarapan merupakan santapan yang paling penting untuk menjalani hari. Jika kamu melewatkan sarapan, maka tubuh tidak mendapat energi, dan kamu pun akan merasa lebih lapar pada siang hari yang akhirnya justru malah mengonsumsi makanan dua kali lebih banyak.

2. Minum Air Putih

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Tubuh manusia normalnya terdiri dari 60% air, yang artinya air berperan sangat penting pada hampir setiap fungsi tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik, tentunya akan bekerja lebih baik dalam membakar lemak tubuh.

Baca juga:  Tips Cepat Hamil Ini Efektif Agar Segera Dapat Momongan

Sudah bukan rahasia umum lagi jika minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan dengan berbagai cara, antara lain menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, memudahkan tubuh untuk bergerak, membantu mengurangi asupan kalori cair, meningkatkan motivasi, hingga mengurangi stres.

3. Awali Hari dengan Segelas Air Lemon

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Perlu diketahui, buah lemon mengandung potasium yang berguna untuk meningkatkan massa otot sehingga lemak jenuh dalam tubuh akan lebih mudah terbakar. Nah, cara yang paling praktis mengonsumsi buah lemon adalah dengan memotong buah lemon menjadi dua bagian lalu peras buah tersebut ke dalam air putih dingin, lalu tinggal diminum, deh!

4. Makan Buah Pisang di Pagi Hari

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Jika kamu mengonsumsi pisang di pagi hari, maka kamu akan lebih mudah merasa kenyang dan metabolisme pencernaan tubuh juga menjadi lebih lancar, lho

5. Kurangi Asupan Karbohidrat

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Mengingat sumber lemak jenuh paling utama adalah karbohidrat, jadi mengurangi asupan karbohidrat akan memberikan perubahan yang signifikan pada berat badan. Kamu bisa mengganti asupan karbohidrat dengan sayuran-sayuran yang bergizi tinggi, sehingga energi kamu tidak cepat habis. Jika masih merasa lapar, maka kamu bisa mengganti snack dengan mengonsumi jus buah atau camilan sehat di bawah 150 kalori.

6. Konsumsi Makanan Berserat

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Makanan berserat ternyata juga memiliki peran penting dalam program menurunkan berat badan, mengapa demikian? Pasalnya, makanan yang kaya akan serat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Serat larut juga dapat membantu penyerapan zat gizi serta dapat memperlambat pencernaan. Dengan begitu, lambung tidak akan cepat kosong, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama.

Ada berbagai sumber serat larut yang bisa kamu temukan dengan mudah, meliputi sereal gandum, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji rami.

7.  Kurangi Konsumsi Gula Berlebihan

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Bagi kamu yang pecinta kopi dan teh, jangan khawatir karena kamu tidak harus menghentikan konsumsi teh dan kopi. Hanya saja, kamu perlu mengurangi porsi gula yang digunakan. Jika kamu biasa minum kopi atau teh dengan dua sendok gula, maka ada baiknya kamu tidak memakai gula sama sekali dan menggantinya dengan madu alami yang lebih sehat. Selain itu, kamu juga perlu membatasi makanan yang mengandung gula. 

8. Berhenti Makan Sampai Tidak Lapar

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Alih-alih makan sampai kenyang, usahakan untuk makan sampai kamu tidak merasa lapar. Cara cepat menurunkan berat badan yang satu ini ternyata penting, karena ketika tubuh merasa kenyang artinya kamu kelebihan energi atau bahan bakar.

Jadi, cobalah untuk mulai menyadari muncul dan hilangnya rasa lapar, sehingga untuk mencegah asupan kalori berlebih kamu bisa berhenti makan ketika rasa lapar hilang. Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara lain dengan sarapan dalam porsi yang besar dan makan malam dengan porsi yang sedikit. Diet sehat ini bisa disesuaikan seiring dengan berjalannya waktu.

Baca juga:  Tak Ingin Mabuk dalam Perjalanan? Cegah dengan 6 Cara Ini!

9. Jangan Makan Sambil Nonton!

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Salah satu kesalahan diet untuk menurunkan berat badan yang banyak dilakukan orang-orang adalah makan sambil nonton bermain gawai. Kalau sudah merasa tidak lapar, berhentilah makan atau ngemil. Ketika makan sambil bermain gawai atau menonton, maka kamu akan menjadi tidak sadar kalau sudah makan terlalu banyak.

Makan sambil menonton televisi memicu seseorang untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlebihan. Sehingga akibatnya, seseorang yang kerap menonton televisi sambil ngemil akan kelebihan asupan kalori hingga 106 kkal daripada yang jarang menonton televisi.

10. Tidur yang Cukup

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Salah satu penyebab kenaikan berat badan yang mungkin tidak disadari adalah kurangnya waktu tidur. Nafsu makan sebenarnya dikendalikan oleh neurotransmitter, yaitu pembawa pesan yang membuat sel saraf saling berkomunikasi. Pembawa pesan otak ini terdiri atas ghrelin dan leptin, di mana ghrelin meningkatkan rasa lapar, sedangkan leptin menimbulkan sensasi kenyang. Kadar kedua neurotransmitter ini yang naik-turun sepanjang hari menandakan bahwa tubuh membutuhkan kalori.

Kalau kamu kurang tidur, maka kadar neurotransmitter ini akan tidak seimbang. Sehingga akibatnya, rasa lapar atau keinginan untuk makan di tengah malam meningkat.

11. Intermittent Fasting, Berani Coba?

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Berpuasa atau intermittent fasting juga bisa menjadi cara untuk mengurangi berat badan, lho. Kamu bisa mencoba metode berpuasa jangka pendek selama 16 jam dan makan hanya selama 8 jam setiap hari. Metode ini jika dilakukan secara konsisten, tentunya akan mendorong kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan.

Pastikan Kamu Berolahraga Secara Rutin!

cara cepat menurunkan berat badan
Sumber: Freepik

Jika ingin memiliki tubuh yang lebih ideal dan daya tahan yang lebih fit, jangan malas berolahraga!  Berbagai jenis olahraga, seperti bersepeda, berenang, jogging, hingga latihan angkat beban, sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Olahraga tentunya akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang dibakar pun lebih banyak. Sebaiknya, pilih jenis olahraga yang kamu sukai dan lakukan secara rutin.

Jangan lupa, nikmati prosesnya!

Sebenarnya, pola makan sehat dan rutin berolahraga yang dilakukan selama beberapa minggu belum tentu bisa menjaga berat badan yang berhasil turun. Cara cepat menurunkan berat badan yang telah disebutkan di atas sebaiknya dilakukan secara rutin. Ingat, proses gaya hidup sehat itu tidaklah sebentar. Namun, hasil yang didapatkan tentunya akan berlangsung lama dan sepadan.

Rishna Maulina

Add comment

Share