cara glow up
Sumber: Freepik

Kuncinya Konsisten, Ini 14 Cara Glow Up dari Dalam dan Luar yang Efektif

Glow up telah menjadi tren kekinian yang populer di kalangan beauty enthusiast dan masyarakat pada umumnya. Setelah menemukan apa maksud dari hype ini, banyak orang yang benar-benar percaya dan lebih bahagia setelah mereka glow up atau lebih bersinar. Makna glow up lebih dari sekadar perubahan fisik, lho! Arti dari kata glow up adalah sebuah “cahaya” yang datang dari dalam ke luar. Tampilan “lebih cantik” hanyalah konsekuensi dari menjaga kesehatan fisik dan mental menjadi lebih baik, merasa lebih percaya diri, dan menebar lebih banyak kebaikan. Untuk itu, simak cara glow up yang bisa kamu aplikasikan untuk mencapai pancaran luar biasa dalam hidupmu!

Cara Glow Up yang Tepat dan Konsisten

Banyak orang yang masih terjebak “bersinar dalam semalam”, namun perubahan permanen tidak bisa terjadi secepat itu dan prosesnya instan. Tujuan menerapkan cara glow up yang benar di sini bukan kecepatannya, namun menjadi transformasi berkelanjutan yang berdampak jangka panjang untuk kesehatan dan kebahagiaan hidup. Jadi, jangan buru-buru!

1. Merancang Target Waktu

Dalam memulai langkah perubahan untuk diri kita lebih bersinar memang memerlukan waktu yang ditargetkan. Misalnya, kamu merancang “satu bulan perubahan” secara konsisten dan lihat apa saja manfaatnya bagi dirimu. Dalam prosesnya, jangan berkecil hati dan menyerah! Konsisten adalah cara terbaik untuk melanjutkan apa yang sudah kamu mulai untuk hidup yang lebih baru dan bahagia.

2. Lebih Mengenal Emosi dalam Diri

Lebih memahami emosi yang bergulat di dalam dirimu menjadi langkah awal yang sangat penting dilakukan. Karena kecerdasan emosional yang terus dilatih dapat membantu mengubah hidupmu sepenuhnya. Sadari bahwa diri kita berada di bawah kontrol penuh atas emosi kita. Dengan begitu, kita bisa mendorong emosi dalam diri yang lebih terkendali, percaya diri, dan semakin bahagia hari demi hari. Selain itu, dengan mengenal emosi dalam diri, seseorang akan lebih mudah menghadapi berbagai kondisi berbeda di luar dirinya dan hasilnya lebih berempati kepada orang lain.

3. Dikelilingi Orang-Orang yang Positif

Sumber: Freepik

Habiskan quality time yang berharga bersama orang-orang yang positif. Kita akan jauh lebih nyaman dan bahagia saat dikelilingi orang-orang yang selalu menerangi kita, mendukung, dan mencintai secara mendalam. Sebaliknya, saat kamu merasa tidak berenergi saat bersama seseorang, mereka mungkin bisa mengurangi personal glow yang kamu miliki. Untuk itulah, selalu pastikan circle yang kamu miliki adalah orang-orang yang baik dan positif!

Baca juga:  8 Tips Simple Agar Nail Polish Bagus dan Tahan Lama, Simak di Sini!

4. Meditasi dengan Caramu Sendiri

Untuk menenangkan pikiran, menghilangkan negative mind, dan memusatkan jiwa dan raga dalam satu kepala, coba lakukan meditasi sesuai dengan caramu sendiri. Cara glow up dari dalam diri ini memiliki manfaat luar biasa untuk fisik, mental, dan emosional yang sehat. Membantu stres berkurang, memperlambat proses aging, hingga sistem kekebalan tubuh meningkat.

Ada banyak jenis meditasi sederhana dan mudah untuk dilakukan. Tak hanya sekadar duduk diam dan tidak memikirkan apa-apa, jika itu tidak cocok dengan dirimu, temukan gaya meditasi yang lebih menenangkan dan berdampak untuk diri sendiri.

5. Lakukan Afirmasi Setiap Hari

Kamu terkadang juga memerlukan sedikit sensasi untuk diri sendiri. “Memprogram ulang” pikiran bawah sadar untuk percaya apapun yang dikatakan disebut sebagai afirmasi. Maksud afirmasi harian di sini adalah: Apa yang kita pikirkan adalah apa adanya diri kita.

Misalnya, jika kamu selalu berkata, “Aku cantik,” maka kamu akan mulai merasa lebih cantik setiap hari.  Ini menjadi bagian terpenting sebagai cara glow up dari pikiran kita sendiri. Afirmasi positif ini membantumu mencapai tujuan dengan merasa lebih bahagia dengan penampilanmu dan berusaha untuk merawat diri lebih baik. 

6. Glow Up Your Skin

Sumber: Freepik

Cara lebih bersinar dari luar paling efektif tentu dengan mengaplikasikan perawatan kulit sehari-hari. Selain mendapatkan hasil kulit bersih, sehat, dan glowing, skincare routine akan memberimu waktu untuk fokus pada self care, yang penting untuk kesehatan mental dan emosional. Pastikan lakukan urutan skincare yang benar dan gunakan produk skincare yang aman dan cocok untuk jenis kulitmu.

7. Luangkan Waktu untuk Daily Skincare Routine

Setiap harinya, pada waktu malam hari menjelang tidur dan pagi hari setelah bangun tidur, jangan lewatkan waktu untuk rutinitas perawatan kulit wajah. Cara glow up dari luar ini penting untuk kamu lakukan selain untuk mendapatkan kulit glowing, juga mencegah kulitmu dari berbagai masalah seperti jerawat dan skin aging. Berikut ini adalah urutan skincare yang tepat untuk diaplikasikan:

  • Mulai dengan membersihkan kulit dengan face cleanser yang gentle dan lembut untuk semua jenis kulit.
  • Lakukan eksfoliasi dengan produk yang lembut (seminggu sekali atau dua kali untuk memberi wajah kilau instan). Kamu bisa aplikasikan masker wajah dari bahan-bahan alami yang menghidrasi dan menenangkan. 
  • Gunakan kapas untuk mengoleskan toner ke kulit. Ini penting untuk menyeimbangkan pH kulit dan mengembalikan kelembapan kulit setelah mencuci wajah.
  • Aplikasikan serum wajah dan berikan pijatan lembut pada wajah.
  • Akhiri dengan oleskan pelembap yang akan mengunci hidrasi di wajah. Semua jenis kulit termasuk kulit berminyak dan berjerawat juga wajib pakai pelembap, lho!

8. Gunakan Sunscreen dengan SPF Tinggi Setiap Hari

Sinar matahari di pagi hari memang sangat baik untuk kesehatan kulit karena membantu produksi vitamin D di permukaan kulit. Namun sinar UV juga dapat menyebabkan masalah serius pada kulit jika terpapar berlebihan dan tanpa perlindungan yang kuat. Termasuk skin aging, hiperpigmentasi, hingga dark spot yang mengganggu tampilan wajah sehat

Jadi kamu wajib mengaplikasikan sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) minimal 30 setiap harinya untuk melindungi kulit dari sinar yang berbahaya. Pilih formula sunscreen dengan ekstra pelembap ringan dan tidak membuat lengket di kulit. Jika diperlukan, reapply sunscreen beberapa jam sekali atau sesuai petunjuk pemakaiannya.

Baca juga:  Wajib Tahu, 9+ Cara Menebalkan Rambut yang Alami dan Sehat

9. Tingkatkan Pesona Make Up dan Rambutmu

Sumber: Freepik

Cara perawatan dari luar ini menjadi bagian penting untuk mewujudkan sinar dalam dirimu secara alami. Kamu tidak perlu mengubah tampilan make up dan model rambut sepenuhnya dan beralih from natural to done up. Lakukan peningkatan rutinitas hair care dan make up skill-mu secara bertahap ke level berikutnya sesuai kenyamananmu.

10. Belajar Merias Diri dengan Make Up Artist

Ini termasuk langkah opsional untuk membantu meningkatkan level merias wajahmu. Namun jika dilakukan, akan semakin lebih baik! Sambil bersenang-senang, kamu akan mendapatkan tips spesifik tentang make up seperti apa yang paling cocok untuk wajah dan style-mu. Tanyakan cara glow up dengan menonjolkan bagian wajah mana yang ingin kamu highlight, seperti mata, bibir, atau tulang pipi. Kamu juga bisa meminta rekomendasi produk make up apa saja yang ringan dan pasti harganya affordable. 

11. Pakai Pakaian yang Pas!

Berpakaianlah sesuai dengan keadaanmu saat ini. Beberapa orang membuat kesalahan dengan memakai jeans yang terlalu ketat atau dress yang terlalu besar. Dengan mengenakan pakaian yang pas, bisa membuat tampilanmu berubah dan tidak membosankan. Tak melulu mengikuti tren fashion terkini, gunakan pakaian yang sesuai dengan style dan kamu tetap percaya diri mengenakannya. 

12. Don’t Forget to Living Healthier

Sumber: Freepik

Glowing bukan hanya sebatas tentang penampilan fisik saja, namun juga tentang bagaimana kamu menjalani hidup lebih sehat. Gaya hidup sehat akan membuatmu merasa dan terlihat hidup lebih baik. Atur pola makanan sehat, dapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas, serta jangan lupakan olahraga.

13. Banyak Minum Air Putih

Tubuh tetap terhidrasi adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan terlihat awet muda. Cegah dehidrasi karena bisa membuatmu lemas dan terlihat lelah. Cukupi kebutuhan air putih setidaknya 8 gelas sehari atau sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Gunakan pula botol kemasan air yang bebas BPA untuk meminimalkan dampak negatif untuk tubuh dan tentu lingkungan.

14. Workout Setiap Hari

Hanya dengan waktu 15 menit workout setiap hari meski di rumah, dapat membantu mengubah hidup benar-benar bersinar. Olahraga bagus untuk kesehatan, penampilan fisik, kulit, hormon, hingga suasana hati. Lakukan workout apapun yang mudah dilakukan dan membuatmu bahagia. Kamu juga bisa pergi ke gym, ikut kelas menari, atau sekadar mengajak hewan peliharaan kesayanganmu jalan-jalan di sekitar rumah. Tak masalah apapun itu, asal kamu tetap bergerak dan bersenang-senang.

Baca juga: Meski Wajar Terjadi, Quarter Life Crisis Harus Disikapi dengan Tepat

Apa tujuan kamu sekarang? Ingin glow up dalam jangka pendek atau panjang? Untuk mencapainya, tetapkan tujuan hidupnya sekarang dan lakukan tindakan yang efektif. Jadilah cerdas dan memahami apa manfaat glowing up secara fisik dan mental.

Share