Gampang! Inilah 6 Cara Hemat Kuota Internet untuk Smartphone

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, internet sudah menjadi hal yang sangat penting dan krusial. Sehari saja tidak mengakses internet, bisa-bisa mood kamu menjadi berantakan. Ditambah lagi saat kuota data internet tiba-tiba habis di saat yang tidak tepat. Tidak heran jika kini banyak orang yang antusias untuk mencari tahu cara hemat kuota yang mudah.

Namun sayangnya pemakaian kuota data internet berbanding terbalik dengan harganya. Semakin banyak dan cepat koneksi yang ditawarkan, maka biasanya akan semakin mahal harganya. Mungkin kamu pernah merasa sudah mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya untuk membeli kuota data internet. Tapi tenang, kini kamu tidak usah terlalu khawatir lagi. Buat kamu yang lagi irit atau ingin menghemat kuota internet, berikut ini ada beberapa cara hemat kuota data internet yang perlu kamu coba. Dijamin irit, deh!

Tips Mudah Hemat Kuota Data Internet 

Sebagai pengguna, tentunya kamu tidak bisa menyuruh provider untuk menurunkan harga paket data internet. Namun ada satu hal yang bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara hemat kuota data internet. Kamu bisa mengoprek smartphone milikmu agar bisa mengurangi pemakaian data internet.

Dengan kecanggihan sistem operasi smartphone saat ini, kamu bisa melakukan berbagai hal untuk membuat kuota internet kamu bertahan lebih lama. Misalnya memperkecil ukuran gambar, membatasi pemakaian internet pada suatu halaman tertentu, atau bahkan mematikan koneksi data internet secara berkala. Semuanya bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet kamu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti tips cara menghemat kuota berikut ini, ya.

1. Menggunakan Chrome Data Saver

cara hemat kuota
Sumber: https://uangonline.com/

Jika kamu adalah pengguna Chrome Browser, maka kamu bisa memotong penggunaan kuota data internet dengan cara mengaktifkan fitur Data Saver Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membuka menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di smartphone milikmu. Cara menghemat kuota data internet yang satu ini cukup ampuh. Chrome akan bekerja secara otomatis untuk memperkecil penggunaan data internet kamu saat browsing. Coba sekarang juga, deh!

2. Menonaktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Cara menghemat kuota data internet selanjutnya adalah menonaktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak sedang kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, langsung saja masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data internet kamu, karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

Baca juga:  Spesifikasi Apa yang Bisa Didapatkan di HP 2 Jutaan?

3. Membatasi Penggunaan Kuota Internet

cara hemat kuota
Sumber: https://goldenspikecompany.com/

Sebagai pengguna smartphone, kamu mungkin sudah tidak asing dengan fitur data usage warning dan limit system yang built-in di setiap smartphone android. Nah, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya kamu bisa masuk ke menu Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit, lalu Tap untuk mengaktifkannya. Meskipun terkesan sangat sederhana, namun fitur yang satu ini juga ampuh sebagai cara hemat kuota data internet. Terutama untuk para pengguna yang impulsif dalam menggunakan internet. Kamu tertarik untuk mencoba cara ini?

4. Membatasi Penggunaan Data di Background

Sementara itu, jika kamu benar-benar merasa boros kuota data internet, maka salah satu cara menghemat kuota adalah memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya kamu bisa langsung masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat aplikasi tersebut berjalan di background. Namun kendalanya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang. Biarpun ada konsekuensinya, cara hemat kuota data internet yang satu ini bisa menjadi opsi andalan buat kamu praktikkan.

5. Mengidentifikasi Aplikasi yang Menyedot Banyak Kuota

cara hemat kuota
Sumber: http://www.ibnlive.com/

Cara hemat kuota yang satu ini banyak sekali terlupakan, padahal sering kali menjadi faktor utama kuota boros yang tidak terdeteksi. Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kamu terkoneksi ke internet. Namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data internet. Nah, untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data internet kamu. Kemudian solusinya, kamu bisa uninstall aplikasi tersebut dan menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data. 

Baca juga:  5 Hero Terkuat di Mobile Legends 2023, Simak di Sini!

6. Membatasi Update Aplikasi

Jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka smartphone milikmu akan melakukan update secara otomatis setiap aplikasi yang sudah terpasang. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, di mana hal ini akan membuat kuota data internet menjadi cepat habis. Untuk menangani hal ini, maka kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Dengan begitu, aplikasi akan melakukan update aplikasi hanya pada saat smartphone milikmu terkoneksi dengan Wifi. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa masuk ke Play Store lalu pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Itulah beberapa cara hemat kuota data internet yang perlu kamu perhatikan. Kamu bisa coba praktekkan tips tersebut di smartphone milikmu, dan lihatlah bagaimana hasilnya. Selamat mencoba!