Cermati Cara Iklan di Instagram dan 4 Tips Jitunya!

Penggunaan Instagram Ads menjadi salah satu metode pemasaran banyak dipilih. Tidak saja karena caranya yang mudah, namun juga segmentasi pasarnya yang lebih jelas sehingga aktivitas pemasaran dapat dilakukan tepat sasaran. Apakah kamu sudah tahu cara iklan di Instagram untuk bisnis kamu?

Untuk dapat membuat iklan did Instagram, tentu kamu juga wajib paham bagaimana cara yang harus dilakukan. Kamu bisa menemukan penjelasan dari cara tersebut di artikel ini, lengkap dengan tips agar iklan yang kamu buat untuk bisnismu menjadi semakin menarik.

Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Jualan di TikTok dan 8 Tips Jitu Maksimalkan Penjualannya!

Cara Beriklan di Instagram, Praktis!

cara iklan di instagram

Sedikitnya ada enam langkah yang harus kamu lakukan untuk beriklan di Instagram. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Pertama, Buka FaceBook Ads Manager

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka laman Facebook Ads Manager pada akun Facebook yang kamu miliki. Fitur ini tidak hanya membuat kamu dapat beriklan di Facebook, namun juga di Instagram, sebab keduanya berada di bawah perusahaan yang sama, yakni Meta.

Login akun Facebook kamu, dan cari opsi Facebook Ads Manager di akun tersebut.

2. Kedua, Pilih Opsi Create Ads

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah memilih Create Ads pada opsi yang tersedia. Menu ini tersedia di bagian kanan atas, dan ditkamui dengan tombol berwarna hijau yang cukup menonjol. kamu akan cukup mudah menemukan tombol ini pada dashboard laman ini.

Baca juga:  4 Tugas Utama Account Manager dan Skillset yang Dibutuhkan

3. Pilih Opsi Tujuan Beriklan

Lakukan pengaturan untuk Instagram Ads yang akan kamu lakukan. Ada tiga kategori tujuan beriklan, pertama kesadaran, kedua pertimbangan, dan yang ketiga adalah konversi. Ketiga tujuan ini akan disesuaikan dengan keinginan kamu dalam menerbitkan iklan.

Untuk tujuan kesadaran, iklan akan berfokus pada peningkatan brand awareness pada publik Instagram yang kamu miliki. Dalam tujuan pertimbangan, maka iklan akan fokus untuk meningkatkan traffic ke situs resmi bisnis kamu. Untuk konversi, iklan akan bertujuan untuk memberikan pemasukan melalui pembelian yang dilakukan lewat iklan tersebut.

4. Pengaturan Ads yang akan Diterbitkan

Setelah memilih tujuan beriklan langkah selanjutnya adalah menentukan pengaturan iklan. Mulai dari target audiens, anggaran yang akan dialokasikan, hingga jadwal iklan untuk muncul di Instagram.

Kolom target audiens dapat diisi dengan persona dari target penerima iklan yang diinginkan. Kategorisasinya mulai dari jenis kelamin, usia, hobi, preferensi bahasa, dan letak geografis dari target audiens ini.

Selanjutnya tentukan anggaran yang kamu miliki untuk beriklan. Anggaran ini akan berpengaruh pada intensitas kemunculan iklan yang akan kamu terbitkan. Terakhir, pilih jadwal penayangan iklan yang kamu miliki. Semakin lama iklan dipasang, maka akan semakin besar anggaran yang dibutuhkan.

5. Format Penayangan Iklan

Beberapa format yang tersedia adalah format iklan gambar, format iklan video, format iklan slideshow, hingga format iklan collection. Semua disesuaikan dengan konten yang kamu miliki untuk diluncurkan sebagai iklan.

6. Terakhir, lakukan Pembayaran

Jika semua pengaturan selesai dilakukan, kamu tinggal melakukan pembayaran atas iklan yang akan dipasang ini. Metode pembayarannya sendiri cukup fleksibel. Kamu bisa menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Baca juga:  Jangan di Skip! Inilah Manfaat Clear Cache untuk Android

Setelah selesai, pihak Facebook akan melakukan review pada iklan yang diajukan ini. Jika memenuhi syarat, maka iklan dapat segera ditayangkan.

Simak 4 Tips Beriklan yang Menarik dan Efektif Berikut

cara iklan di instagram

Setelah memahami teknis cara iklan di Instagram, kemudian kamu juga wajib memperhatikan beberapa tips beriklan agar menarik dan efektif. Sederhana saja, tujuannya agar iklan yang kamu buat dan luncurkan bisa memberikan efek sesuai dengan ekspektasi yang kamu miliki.

Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut.

Wajib Kenali Audiens

Memahami karakter dan minat audiens yang menjadi sasaran kamu adalah hal wajib. Sebab dengan pemahaman ini, kamu bisa membuat konten yang menarik untuk segmen tersebut, dan mendapatkan perhatian lebih lama. Tanpa data mengenai audiens, konten yang kamu buat tidak akan memiliki konsep yang jelas, dan bisa saja tidak memperoleh atensi dari target yang kamu miliki.

Tujuan Utama Iklan

Selain memahami target audiens, kamu juga wajib memahami apa tujuan yang ingin dicapai dalam iklan yang dibuat. Apakah peningkatan awareness? Atau traffic ke situs resmi? Atau justru mendapatkan konversi dan penjualan? Hal ini juga akan berpengaruh pada konten iklan yang akan kamu buat.

Caption yang Mengundang Perhatian

Memang untuk beriklan di Instagram kamu harus memiliki kemampuan mencari perhatian. Tidak hanya dengan konten yang kamu unggah dalam bentuk foto atau video, namun juga caption. Konten visual jelas akan menarik perhatian, namun caption yang tepat dapat membuat tujuan beriklan tercapai dengan lebih mudah.

Pantau Performa Iklan

Secara terus menerus, kamu sebaiknya memantau iklan tersebut. Terlebih jika kamu belum pernah beriklan sebelumnya, data akan performa iklan penting untuk dimiliki. Hal ini dapat menjadi dasar analisis untuk kegiatan pemasaran berikutnya, sehingga iklan di periode selanjutnya bisa lebih efektif dan mencapai tujuan dengan baik.

Baca Juga: Bisnis Potensial, Kenali 4 Jenis Hospitality Industri 

Cara iklan di Instagram memang bukan hal yang sulit, terlebih jika kamu juga mengintegrasikannya dengan berbagai tools pengukuran yang tersedia. Dengan begini, kamu bisa beriklan lebih efektif dan efisien, sehingga efeknya untuk perusahaan akan semakin baik.