Foto oleh Michael Steinberg dari Pexels

Ini Cara Investasi Emas Terbaru Paling Menguntungkan

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang sudah digunakan oleh banyak orang. Hingga saat ini emas masih dianggap sebagai alat untuk menyimpan kekayaan. Meskipun ada banyak jenis investasi, namun emas tetap menjadi pilihan favorit bagi banyak kalangan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Hal ini dikarenakan emas menjadi barang yang harganya cenderung terus naik tiap tahunnya dan jarang terjadi penurunan secara signifikan. Maka nggak perlu heran lagi nih kalau semakin banyak orang yang memilih cara investasi emas sebagai alternatif investasi.

Kalau dibandingkan dengan aset lain, emas memang lebih unggul. Bisa dibilang investasi emas adalah cara menabung yang aman, mudah, dan terjangkau. Kalau kamu tertarik dengan investasi emas ini, maka sebaiknya kamu mencari informasi dulu sebanyak-banyaknya tentang jenis dan cara investasi emas yang baik dan cocok buat kamu. Saat ini investasi emas bisa dilakukan secara offline maupun online. Lalu bagaimana cara investasi investasi emas secara online maupun offline tersebut? Simak informasinya di bawah ya.

Cara Investasi Emas Offline

cara investasi emas offline dalam bentuk perhiasan
sumber : www.pexels.com

Membeli emas fisik mungkin memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Jika kamu juga ingin melakukan investasi emas dalam bentuk fisik maka  kamu disarankan untuk melakukan investasi dalam bentuk logam mulia 24 karat atau batangan. Jangan membelinya dalam bentuk perhiasan, karena perhiasan lebih sulit dijual dan harganya tidak standar. Belum lagi dengan adanya banyak potongan saat emas dibuat menjadi perhiasan. Nilai jual kembali bisa turun secara signifikan setelah pembelian. Oleh karena itu, perhiasan merupakan pilihan buruk bagi investor emas.

Baca juga:  DC vs Marvel: Sengitnya Persaingan Industri Superhero, Siapa Paling Jago?

Nah, kalau kamu tertarik berinvestasi emas secara offline, disarankan untuk  membeli dalam bentuk batangan. Emas batangan merupakan pilihan terbaik untuk investasi dalam bentuk fisik. Opsi terbaik untuk para investor yang mau berinvestasi emas fisik adalah dengan membeli emas batangan langsung dari perusahaan yang memiliki kredibilitas yang baik.

Setelah membeli emas tentu saja kamu juga harus menyimpannya di tempat yang aman karena emas adalah logam mulia yang beresiko hilang dan dicuri oleh orang lain. Supaya hal ini tidak terjadi, kamu bisa memanfaatkan layanan dari bank.

Kamu bisa menggunakan layanan Safe Deposit Box (SDB) yang disediakan oleh bank untuk mengamankan emas yang kamu miliki. Terutama jika kamu memiliki emas batangan yang jumlahnya tidak sedikit. Untuk menggunakan layanan SDB ini kamu mungkin harus membayar biaya penyimpanannya. Namun hal ini sebanding dengan tingkat keamanan penyimpanan yang sangat terjamin.

Cara Investasi Emas Secara Online

cara investasi emas secara online
sumber : www.pexels.com

Banyak jenis investasi berbasis online yang bermunculan dan mengubah persepsi orang soal investasi. Bahkan, investasi emas pun kini bisa dilakukan secara online. Kamu nggak perlu harus setiap saat ke toko emas untuk membelinya. Sekarang sudah banyak platform digital buat para investor emas yang tentunya sangat praktis. Kamu bisa membeli emas secara online lewat aplikasi atau website dan melakukan pembayaran via transfer. Nantinya jumlah emas yang sudah dibeli akan tercatat di aplikasi atau situs tempat dimana kamu membeli emas tersebut.

Selain itu minimum pembelian di investasi emas online ini sangat terjangkau karena nilai minimum yang kecil. Bayangan bahwa investasi emas itu mahal dan butuh dana besar, sudah tidak berlaku di investasi emas secara online. Untuk menjual kembali emas yang kamu beli pun juga sangat mudah.

Baca juga:  Investasi Emas Menguntungkan dengan Menghindari 4 Kesalahan Ini

Dengan investasi emas online ini kamu nggak perlu pergi ke luar rumah untuk menjualnya, cukup dengan menjual secara online melalui aplikasi dan uang hasil penjualan akan masuk ke rekening bank kamu. Dengan cara investasi emas online ini, risiko kehilangan pun lebih kecil karena emas yang kamu beli langsung disimpan di tempat menabung emas online. Jadi kamu bisa tetap merasa aman tanpa perlu khawatir lagi mencari tempat untuk menyimpan emas tersebut.

Lalu bagaimana dengan fisik emas? Dengan cara investasi emas online ini maka fisik emas nggak akan kamu terima. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kalau suatu saat membutuhkan fisik emas tersebut, kamu bisa memesan ke tempat kamu beli itu buat mencetak emas dalam bentuk logam mulia. Untuk mencetaknya kamu akan dikenakan biaya tapi tenang saja karena biayanya cukup terjangkau. Bahkan kamu bisa langsung mendapatkan fisik emasnya. Tidak ada risiko emas yang kamu terima adalah palsu karena pencetakan logam mulia fisik dilakukan di tempat yang punya izin resmi.

Bagaimana Cara Investasi Terbaik?

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai cara investasi emas secara offline maupun online di atas, mungkin sekarang saatnya kamu memulai investasi.

Sebagai tambahan, jika kamu tertarik untuk berinvestasi emas ini, pilihlah jenis investasi yang cocok buat kamu. Pastikan juga untuk membeli emas disaat harga cukup murah dan menjualnya ketika harganya sudah naik dan selisih jualnya cukup banyak. Semoga bermanfaat ya.

Share