Cara Jualan di TikTok dan 8 Tips Jitu Maksimalkan Penjualannya!

Tidak dapat dipungkiri, popularitas salah satu media sosial, TikTok, telah menjadi satu hal besar yang turut merubah skema pemasaran yang terjadi di dunia. Tidak sedikit kemudian bisnis yang berusaha memanfaatkan kesempatan ini. Tentu kamu tidak boleh ketinggalan, dan wajib paham benar cara jualan di TikTok ini.

Bisnis yang dijalankan dengan TikTok sebagai media promosinya menyasar pengguna media sosial ini dalam jumlah yang besar. Segmentasi yang luas serta cakupan publik yang begitu besar, menjadikannya sebuah platform pemasaran yang cukup potensial.

Selain dapat membawa penggunanya ke situs resmi atau akun marketplace yang kamu miliki, berjualan di TikTok secara langsung juga menarik untuk dicoba.

Baca Juga: 10 Tugas Sales Promotion dan 6 Manfaatnya untuk Bisnis

Ini Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Jualan di TikTok

cara jualan di tiktok

Untuk cara utama yang digunakan jika kamu ingin berjualan di TikTok, tentu mengubah akunmu menjadi sebuah akun bisnis. Dengan begini kamu akan memiliki toko di TikTok yang bisa diakses dan lebih mudah melakukan transaksi.

Caranya cukup mudah, berikut langkahnya.

  • Pertama unduh aplikasi TikTok di perangkat yang kamu miliki
  • Daftarkan akun menggunakan data bisnis, mulai dari email, nama akun sesuai dengan toko yang diinginkan, dan sebagainya
  • Setelah memiliki akun lanjutkan dengan klik ‘Saya’
  • Klik tkamu  titik tiga yang ada di bagian pojok atas
  • Klik ‘Kelola Akun Saya’
  • Lanjutkan dengan klik opsi ‘Alihkan ke Akun Bisnis’
  • Kemudian pilih kategori bisnis yang sesuai dengan keinginan kamu
  • Edit profil, dan pasang foto akun yang menarik, jangan lupa isi bio dengan keterangan bisnis yang lengkap
  • Tambahkan link ‘lapak’ yang kamu  miliki di situs e-commerce atau marketplace
  • Jangan lupa juga berikan fitur keranjang kuning dan sematkan produk yang kamu  jual
Baca juga:  5 Ide Outfit Jalan-Jalan Simple dan Stylish, Kamu Harus Coba!

Selesai, kini kamu telah memiliki akun TikTok bisnis dan bisa digunakan untuk berjualan secara aktif.

Setelah memiliki akun bisnis ini, selanjutnya yang kamu perlukan adalah tips sederhana namun efektif, dalam meningkatkan penjualan di akun yang kamu miliki.

8 Tips Efektif Jualan di TikTok untuk Pemula

cara jualan di tiktok

1. Pertama, Buatlah Konten!

Pada dasarnya, TikTok dihidupkan dengan konten yang variatif, menghibur, kreatif, informatif, hampir seluruh jenis konten tersedia di sini. Maka untuk mendapatkan perhatian, buat konten yang menarik untuk disaksikan, dan sematkan pesan soft selling pada konten kamu.

Ingat, perhatikan tren yang tengah terjadi, mulai dari format konten, efek yang digunakan, hingga sound yang tengah happening. Penggunaan kombinasi yang tepat bisa membantu kontenmu viral di dilihat lebih banyak orang.

2. Optimalkan Fitur yang Disediakan

Masih terkait dengan konten yang kamu buat, maksimalkan setiap fitur yang tersedia, dan dapat dikombinasikan untuk membuat konten yang menarik. Kamu bisa menambahkan musik atau sound sendiri, kemudian voice changer, filter yang beragam, hingga plugin lain untuk aplikasi ini.

Intinya, kamu harus memahami fitur yang tersedia, dan kemungkinan lain yang bisa dicoba. Tidak ada salahnya bukan mencoba membuat tren baru ketika sudah mulai diperhatikan publik?

3. Caption Informatif tapi Menarik

Penulisan copy pada bagian caption konten juga menjadi faktor penting berikutnya, dan mendukung cara jualan di TikTok yang efektif. Pemilihan kata, penyampaian informasi, serta penyusunan yang tepat bisa membantu konten menjadi lebih menarik.

Baca juga:  Tips Memilih Smart TV Terbaik, Cocok untuk Netflix-an

Yang harus dipastikan, copy yang disematkan harus berhubungan dengan produk, atau dapat memicu rasa ingin tahu orang yang melihatnya.

4. Konsistensi adalah Kunci

Konten yang kamu unggah tidak dapat dipastikan viral dalam satu hari saja. Tidak sedikit konten yang baru viral bahkan setelah cukup lama diunggah, karena baru lewat pada FYP pengguna TikTok secara luas.

Maka dari itu, konsistensi mengunggah konten akan jadi kuncinya. Semakin banyak konten, maka semakin banyak feedback yang diterima oleh akun kamu, dan semakin mudah pula akun muncul di FYP pengguna TikTok.

5. Kerjasama dengan Influencer

Mungkin ini bisa jadi tahap lanjutan yang kamu gunakan setelah kamu memiliki cukup modal, atau budget pemasaran lebih besar. Pengaruh dari influencer dapat menjadi cara pemasaran yang cukup efektif dan mendatangkan banyak pembelian dari pengikutnya.

Namun demikian, tetap cermat dalam melihat dan memilih influencer ya, sebab ini akan mempengaruhi citra produk yang kamu miliki,

6. Fitur Ads Menjadi Alternatif Menarik

Selain kelima cara dan tips di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur TikTok Ads. Fitur ini dapat membantu kamu menjangkau lebih banyak audiens dan pengguna TikTok, sehingga potensi penjualan yang muncul juga semakin besar.

7. Tanggapi Pelanggan dengan Ramah

Ramainya pesanan yang datang di toko yang kamu miliki tidak berarti kamu bisa semena-mena dalam menanggapi pelanggan. Pastikan pertanyaan yang muncul dijawab dengan baik, sehingga interaksi bisa berjalan lebih produktif.

Jika sudah cukup kerepotan, kamu bisa mulai mempekerjakan admin untuk urusan ini.

8. Monitor Persediaan Barang, Lekas Lakukan Restock

Tidak ada yang tahu kapan pesanan dalam jumlah besar akan datang. Maka dari itu, lakukan pengawasan pada jumlah barang yang dimiliki, dan selalu lakukan pembelian kembali di saat yang tepat.

Dengan begini ketika terjadi penjualan dalam jumlah besar, Anda tidak perlu repot mencari persediaan dan tidak perlu terjadi pesanan tertunda dari pelanggan Anda.

Baca Juga: Maksimalkan Metode Flash Sale dengan 8 Tips Ini! 

Cukup mudah bukan cara jualan di TikTok dan delapan tips praktisnya?