Cara Jualan di Tokopedia, Mudah dan Langsung Bisa!

cara jualan di tokopedia

Saat ini banyak produk yang bisa dijual secara online apalagi dengan dukungan berbagai teknologi yang canggih, seperti jual beli melalui marketplace salah satunya Tokopedia. Banyak orang memilih berjualan di sana dan ingin tahu cara jualan di Tokopedia secara mudah.

Memang saat ini sudah banyak inovasi yang dihadirkan untuk kemudahan berjualan dan berbelanja. Kamu bahkan tidakperlu lagi menyewa toko karena kamu bisa menjualnya secara online lewat Tokopedia. Kamu juga tidak perlu bertatap muka untuk melakukan transaksi barang yang mau kamu jual karena marketplace ini bisa menjadi perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan penjualan yang juga disertai dengan fasilitas pembayaran.

Nah, apa sih Tokopedia itu? Bagaimana cara jualan di Tokopedia? Apa aja keunggulannya? Simak penjelasannya di bawah ya

Sekilas Tentang Tokopedia

tokopedia salah satu marketplace yang paling diminati

Tokopedia adalah salah satu marketplace berbasis online yang memungkinkan setiap orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan sebuah pengalaman jual beli online yang aman dan nyaman. Penggunaannya pun juga sangat mudah.

Tokopedia didirikan pada tanggal 17 Agustus 2009 oleh Wiliam Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison yang didanai pertama kali oleh PT. Dwitama. Kini Tokopedia sudah menciptakan banyak inovasi untuk mempermudah penjual dalam menjual barangnya ataupun pembeli untuk mencari barang yang diinginkannya. Jadi tidak heran kalau pertumbuhan penggunanya semakin bertambah dari tahun ke tahun dalam mempercayakan penjualan dan pembelian barangnya di Tokopedia.

Alasan Jualan di Tokopedia

alasan jualan di tokopedia

Alasan kenapa kamu harus jualan di Tokopedia adalah karena Tokopedia memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah dengan banyaknya fitur yang dimilikinya. Apa saja sih fiturnya? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga:  4 Bisnis Startup Asli Indonesia yang Menjadi Unicorn

TopAds

Fitur ini bisa membuat calon pembeli melihat toko ataupun produk yang sedang kamu promosikan nih, karena toko ataupun produk kamu akan muncul di pencarian teratas halaman yang diakses pembeli saat melakukan pencarian barang melalui kata kunci yang diinginkan.

Statistik Toko

Kamu sebagai penjual bisa memantau perkembangan toko melalui fitur statistik toko ini.  Dengan begitu kamu bisa merencanakan strategi penjualan yang tepat supaya toko bisa semakin berkembang. Statistik toko bisa diakses bagi pelanggan Gold Merchant.

Gold Merchant

Gold Merchant adalah fitur berbayar di Tokopedia yang memberi kemudahan dalam pengelolaan toko kamu, seperti bisa melakukan perhitungan kurs dollar, informasi toko fisik yang dapat diakses di katalog, penambahan admin dan masih banyak lagi.

JNE Online Booking

JNE Online Booking adalah sistem otomatis yang membuat kamu nggak perlu lagi memasukkan nomor resi manual karena sudah masuk secara otomatis melalui JNE. Jadi bisa menghemat banyak waktu kamu dalam menginformasikan resi pengiriman.

Preferred Logistic Partner

Logistic partner Tokopedia adalah JNE, jadi pengiriman dengan menggunakan JNE akan mendapatkan cashback sebesar 2% dari setiap ongkos kirim yang dikeluarkan.

Lucky Deal

Lucky Deal diberikan oleh Tokopedia kepada penjual aktif. Ada cukup banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Lucky Deal ini dalam satu periode.

User Management

User Management adalah fitur berbayar yang bisa kamu gunakan kalau kamu sudah mulai kewalahan melayani pembeli karena tingginya angka penjualan. Kamu bisa menambahkan hingga 10 admin untuk membantu kamu dalam mengelola toko, dimana admin dapat mengakses inbox, mengelola toko dan melakukan transaksi.

Baca juga:  5 Ide Bisnis Makanan Ringan Terfavorit dan Tips Suksesnya

Cara Jualan di Tokopedia

Buat jualan di Tokopedia kamu nggak perlu menyiapkan banyak syarat. Kamu cukup membuka website Tokopedia dan membuat akun dulu disitu. Kamu juga bisa download aplikasi Tokopedia di App Store maupun Play Store dan mengikuti cara jualan di Tokopedia seperti di bawah ini:

1. Klik “Buka Toko Gratis”

Seperti yang udah dijelaskan di atas, kamu harus masuk atau membuat akun Tokopedia dulu sebelum mulai membuka toko. Ini merupakan syarat utama untuk mengetahui identitas penjual.

2. Tentukan Nama & Link Toko

Kamu harus memastikan kalau nama dan link toko kamu masih belum dipakai orang lain. Kamu bisa menggunakan nama toko asli kamu atau mencari nama baru yang lebih menarik.

3. Lengkapi Informasi Toko

Isilah informasi yang lengkap mengenai toko kamu, seperti deskripsi toko dan informasi pengiriman. Masukkan alamat toko kamu dan tandai lokasinya di peta agar pembeli bisa mengetahui berapa estimasi biaya pengirimannya. Jangan lupa juga buat upload logo terbaik buat identitas toko kamu ya.

4. Pilih Layanan Kurir Terdekat

Kamu perlu menambahkan dukungan kurir yang bisa dipilih oleh pembeli. Semakin banyak pilihannya, semakin membuat pembeli merasa nyaman berbelanja di toko kamu.

5. Upload Katalog Produk yang Akan Dijual

Nah hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengisi katalog penjualan kamu dengan produk-produk yang siap dipasarkan. Jangan lupa untuk menentukan harga, mengisi deskripsi, serta informasi penting lainnya mengenai produk kamu.

Jadi deh, toko kamu sudah berhasil dibuka dan tinggal nunggu pembeli memesan dan membeli barang jualan kamu. Sudah cukup jelas kan informasi seputar cara jualan di Tokopedia ini? Semoga membantu ya. Selamat mencoba.

Tags: , , , , , ,

Berita Terbaru