9 Cara Makeup Natural dan Simpel, Cocok Buat Beginner!

Salah satu cara terbaik untuk membuat penampilan diri semakin menarik adalah dengan ber-makeup. Bukan hanya dilihat dari hasil akhir merias wajah, para wanita kebanyakan terus berusaha mengaplikasikan cara makeup natural dan flawless. Untuk mendapatkan finish look yang benar-benar natural, cantik, dan nggak menor, bagi para pemula bisa menjadi sedikit sulit. 

Nah, buat kamu yang sedang belajar cara makeup natural dan cantik, kami akan membantumu “menyulap” tampilan wajahmu semakin memikat. Dilansir dari laman Cosmopolitan, simak beberapa langkah makeup natural dan flawless yang disetujui oleh ahli penata rias. Check this out!

Cara Makeup Natural Step By Step

1. Siapkan Kulit Wajah yang Bersih dan Base Makeup

Kondisi kulit wajah yang bersih dan sehat menjadi kunci mendapatkan makeup natural. Setelah mencuci wajah dan mengoleskan pelembab, saatnya kamu aplikasikan base makeup agar hasilnya menempel dan tahan lama. 

Untuk membantu memperbaiki tekstur kulit dan warna kulit tidak merata, kamu bisa andalkan produk primer sesuai jenis kulitmu. Tekstur primer yang lebih ringan meluncur dengan mulus di kulit serta menyamarkan tampilan bintik hitam dan meratakan warna kulit.

Dapatkan hasil riasan wajah yang halus dan fresh dengan mengoleskan primer ke T-zone memakai ujung jari secara merata. 

cara makeup natural dan simpel
Sumber: Freepik

2. Oleskan Foundation untuk Hasil Wajah Glow-Up

Cara makeup natural berikutnya adalah membuat complexion yang sempurna. Pertama, oleskan foundation secara tipis-tipis terlebih dahulu. Untuk trik dapatkan complexion yang bisa menyatu dengan kulit, pilihlah liquid Foundation dengan formula satin matte-nya. 

Tekstur liquid foundation yang ringan menghasilkan permukaan kulit yang terlihat sangat halus. Ratakan foundation dengan jari, beauty blender, atau spons untuk efek kulit kamu lebih segar.

Baca juga:  4 Cara Jedai Rambut Paling Simple, Hasilnya Jadi Cantik!

3. Concealer untuk Menyamarkan Ketidaksempurnaan Kulit

Untuk memaksimalkan coverage pada complexion, pakailah concealer untuk memberikan coverage dasar yang akan menutupi “ketidaksempurnaan” wajah. Kamu cukup mengaplikasikan concealer hanya di bagian wajah yang benar-benar ingin disamarkan. Misalnya lingkaran hitam di bawah mata (mata panda), bekas jerawat, dark spot, dan lainnya. Concealer akan menyamarkan tanda-tanda kelelahan pada kulit wajah dalam hitungan detik. Teksturnya yang cair mudah meleleh dengan mulus saat ditepuk lembut dengan jari manis. 

Percaya ga sih, olesan concealer membantu menyempurnakan kulit dengan menunjukkan healthy glow skin yang kamu miliki. Terakhir, kamu bisa oleskan compact powder atau loose powder untuk mengunci complexion makeup.

cara makeup natural
Sumber: Freepik

4. Raih Rona Pipi yang Cantik Alami

Untuk dapatkan rona pipi yang merona namun tetap natural, pilih produk blush on dengan formula yang bagus kemudian aplikasikan di tempat yang tepat. Kami memberikan tips untuk memilih warna blush on yang sesuai keinginanmu. 

Pilih warna blush on apapun yang kamu sukai. Putar jari kamu pada permukaan blush dan aplikasikan pada pipi secara perlahan, cukup dengan tepuk lembut. Untuk pilihan warna misalnya, perona pipi berwarna krem ​​menghasilkan rona kemerahan yang alami dan menggoda. 

cara makeup natural
Sumber: Freepik

Untuk hasil rona pipi yang natural dan segar, pakai metode senyum lalu gunakan dua jari untuk mengoleskan blush on ke pipi. Baurkan blush on di sepanjang tulang pipi untuk mendapatkan kilau yang alami dan meyakinkan. 

Sapukan sedikit bronzer di sekitar tepi luar wajah untuk menambah tampilan warm di kulit.

5. Merapikan Alis agar Semakin Natural

Untuk tampilan makeup natural dan cantik, alis juga memainkan peran penting lho! Buat alis terlihat natural dan tegas untuk hasil riasan yang cantik. Gunakan Brow Shaper untuk lengkungan alis yang alami dan seimbang. Gunakan ujung pensil alis untuk membuat sketsa alis yang tajam dengan guratan-guratan seperti meniru halusnya rambut. Untuk membuat bentuk alis yang lebih tahan lama bentuknya, kamu bisa tambahkan sapuan maskara alis yang waterproof. 

Baca juga:  7 Parfum Pria Terbaik dari Brand Lokal dan Luar Negeri, Bisa Jadi Wishlist Terbaru!

6. Buat Mata Smokey Halus dengan Eyeshadow Pallete

Percantik tampilan mata smokey kamu dengan menggunakan eyeshadow pallete untuk hasil yang lembut dan smudgy.

Untuk memulai cara makeup natural di area mata ini, gunakan kuas kecil dan halus untuk menerapkan warna eyeshadow paling gelap di palet. Sapukan eyeshadow brush ke depan dan ke belakang dengan gerakan membentuk huruf ‘C’ di area kelopak mata. 

Padukan warna eyeshadow nude di atas warna yang lebih gelap tadi. Selanjutnya, sapukan di sepanjang garis bulu mata bagian atas. Jangan ragu untuk membaurkan warna eyeshadow dengan gerakan ke bawah untuk hasil warna yang natural, nge-blend.

cara makeup natural
Sumber: Freepik

7. Buat Eyeliner untuk Percantik Mata

Cara make up sederhana dan natural berikutnya yaitu dengan membuat eyeliner. Kamu bisa memilih formula eyeliner yang waterproof, ringan, dan warnanya sesuai keinginanmu. Tak hanya warna hitam, kamu bisa memilih warna coffee atau caramel yang memberi definisi halus. Waterproof eyeliner sangat ideal untuk diaplikasikan di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah. Formula anti luntur ini memberikan sentuhan warna yang padat dan eye-catching.

8. Maskara untuk Bulu Mata Lentik 

Jika kamu menginginkan tampilan bulu mata yang alami, lebat, panjang, dan lentik, gunakan maskara, ya! Warna maskara hitam dan cokelat akan menjadi andalan kamu untuk bulu mata yang natural. 

Maskara yang tepat memberikan hasil akhir lembut dan cantik. Pilih formula inovatif maskara yang memperkuat, menambah volume, dan memperpanjang bulu mata setiap kali kamu menerapkan. 

Cara mengaplikasikan maskara adalah dengan menekan lembut aplikator maskara dari akar bulu mata, lalu gerakan zig-zag ke ujung untuk mendapatkan bulu yang mengkilap dan rata. Sempurna dan tanpa cela.

cara makeup natural dan cantik
Sumber: Freepik

9. Oleskan Lipstik pada Bibir

Terakhir, cara makeup natural, cantik, dan paripurna yang paling penting adalah mengoleskan lipstik ke bibir! Kamu bisa memilih warna lipstik dengan tampilan dewy, matte, dan glossy. Tak lupa untuk memilih lipstik yang dilengkapi formula pelembab yang menghidrasi bibir. Untuk hasil lipstik yang semakin cantik dan memikat, kamu bisa terapkan teknik ombre lips yang membaurkan beberapa shade warna lipstik kesukaanmu.

cara makeup natural
Sumber: Freepik

Baca Juga: 5+ Cara Agar Rambut Lembut dan Jatuh yang Perlu Dicoba

Itulah beberapa cara makeup natural, cantik, dan flawless untuk penampilan sehari-hari maupun pergi ke acara penting. Setelah memahami panduan makeup yang cantik langkah demi langkah, kamu juga perlu untuk memilih rangkaian produk makeup yang berkualitas, non comedogenic, dan pasti cocok untuk jenis kulitmu, ya!