cara melebatkan rambut bayi
Ilustrasi rambut bayi lebat (Sumber: Freepik)

7 Cara Melebatkan Rambut Bayi dengan Alami, Pernah Coba?

Saat bayi lahir, rambut yang ada pada bagian tubuh disebut dengan rambut velus. Rambut ini hanya bertahan hingga sekitar tiga bulan. Selanjutnya rambut bayi akan rontok dan berganti dengan rambut baru. Para orangtua pun akan khawatir apakah rambut bayinya bisa tumbuh kembali atau tidak. Sehingga kamu akan mencari cara melebatkan rambut bayi dengan alami.

Perlu diingat bahwa genetik memegang peranan penting. Bila kedua orang tua rambutnya tipis, kemungkinan besar anak juga akan berambut tipis. Hal ini juga berlaku dalam hal kecepatan pertumbuhan rambut. Jika kamu ingin mencari informasi tentang cara melebatkan rambut bayi, simak penjelasan mendalam ini, ya!

cara melebatkan rambut bayi
Sumber: iStockPhoto

7 Cara Melebatkan Rambut Bayi dengan Alami

Beberapa cara untuk melebatkan rambut bayi secara alami adalah sebagai berikut:

1. Lidah Buaya

Sudah menjadi rahasia umum jika lidah buaya dipercaya sebagai bahan alami yang ampuh menumbuhkan rambut. Tradisi menggunakan lidah buaya sebagai “obat” penumbuh rambut ini sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang dulu. Cara penggunaan lidah buaya adalah sebagai berikut: ambil gel lidah buaya, oleskan secara merata ke akar rambut dan kulit kepala. Setelah didiamkan selama 1 jam, bilas rambut bayi dengan air bersih.

2. Pola Makan yang Sehat

Menu makanan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk membantu menumbuhkan rambut bayi yang lebih tebal dan lebih penuh. Jika bayi berusia minimal 6 bulan dan makan makanan padat, beri mereka makanan yang kaya zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin D, seng, dan protein. Jika kamu sedang menyusui, penting bagimu untuk menjaga pola makan yang sehat juga. Pola makan busui sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Makanan yang kamu makan juga dapat mendorong pertumbuhan rambut.

Baca juga:  Sugar Rush dan Dampaknya pada Kesehatan Anak, Bahayakah?

3. Almond

cara melebatkan rambut bayi
Sumber: iStockPhoto

Kacang-kacangan yang juga direkomendasikan sebagai cara melebatkan rambut bayi adalah almond. Kacang almond merupakan sumber protein dan asam amino yang penting. Namun, sebelum memberikannya dalam MPASI bayi. Pastikan tidak ada reaksi alergi saat memberikan kacang almond pada bayi. Tak hanya dapat menebalkan rambut, konsumsi almond juga dapat meningkatkan tekstur kulit bayi hingga meningkatkan daya tahan tubuhnya.

4. Vitamin D

Tak hanya dari luar, asupan vitamin dari dalam tubuh juga dapat menjadi cara melebatkan rambut bayi. Salah satu yang utama adalah vitamin D yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Ketika bayi memasuki masa MPASI, cobalah untuk mengenalkan sayuran kaya vitamin D seperti labu atau ubi. Selain itu, kamu bisa menjemur anak pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan vitamin D.

5. Zat Besi

Asupan zat besi juga tak kalah penting agar rambut bayi tumbuh lebat. Bahan MPASI yang mengandung zat besi dapat menguatkan rambut sehingga tumbuh lebih tebal dan lebat. Jadi, jangan ragu menambahkan menu-menu kaya zat besi seperti sayuran hijau, labu, atau biji-bijian untuk bayi. Selain itu, protein kaya zat besi seperti daging merah, ikan, atau kuning telur juga bisa jadi pilihan menu makanan yang sehat.

6. Pijat Kepala

Berdasarkan penelitian, memijat kulit kepala dengan rutin sebanyak dua kali sehari berguna untuk mengurangi rambut rontok. Bahkan, pijatan juga berguna sebagai cara melebatkan rambut bayi. Ketika kulit kepala dipijat, folikel rambut pun meregang. Hal ini membuat folikel terangsang sehingga rambut pun tumbuh lebat. Pijatan juga membuat pembuluh darah di bawah kulit kepala menjadi lebih lancar. Efeknya, ada pertumbuhan rambut pun terjadi sehingga rambut bayi pun tebal.

Baca juga:  Bagaimana Perkembangan Bayi 3 Bulan? Simak Baik-Baik!

7. Keramas Secara Rutin

cara melebatkan rambut bayi
Sumber: iStockPhoto

Cara terakhir untuk membuat rambut tumbuh lebat adalah dengan keramas secara rutin. Bayi belum bisa mengatur temperatur tubuhnya sendiri. Oleh karena itu, ia rentan berkeringat, bahkan saat AC dipasang dengan suhu rendah sekalipun. Itulah mengapa kamu sebagai orang tua perlu sangat jeli memerhatikan agar bagian tubuh bayi, termasuk rambut, tetap terjaga kebersihannya. Cuci rambut bayi dengan teratur dan jangan menunda karena dapat membuatnya kusut. Gunakan air hangat sehingga bayi tetap merasa nyaman. Pilihlah sampo yang cocok dengan kulit anak Anda.

Selain ketujuh cara di atas, kamu juga bisa memakai bahan-bahan alami seperti minyak kemiri dan juga produk-produk kesehatan rambut bayi lainnya. Pastikan bahan-bahan tersebut tidak membuat alergi pada bayi, ya. Selain itu, jangan mengikat rambut bayi terlalu kuat dan lama karena dapat membuat akar rambut rusak hingga kerontokan. Itulah 7 cara melebatkan rambut bayi secara alami. Praktis dan juga terjangkau, bukan?

Mia Atika

Add comment

Share