Jangan Sembarangan! Begini Cara Memakai Masker yang Benar

cara memakai masker yang benar

Semenjak COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi global, beberapa imbauan gencar diberikan kepada seluruh masyarakat untuk mencegah penularan yang semakin meluas. Dalam hal ini, seluruh masyarakat dianjurkan bahkan diwajibkan untuk sering mencuci tangan dengan sabun, dan air mengalir. Selain itu, masyarakat juga terus diingatkan untuk mematuhi peraturan physical distancing, menghindari kerumunan, serta menjaga kesehatan masing-masing. Bukan hanya itu saja, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO juga telah mengimbau seluruh masyarakat untuk wajib mengenakan masker saat keluar rumah. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana cara memakai masker yang benar?

Dalam hal ini, masyarakat yang sehat memang disarankan untuk menggunakan masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali. Imbauan ini dilakukan agar persediaan masker medis seperti masker bedah, dan N95 dapat diprioritaskan bagi dokter dan petugas medis lainnya. Berikut ini ada beberapa informasi terkait penggunaan masker medis dan masker kain, serta bagaimana cara mencuci masker kain yang tepat. Simak baik-baik, ya!

Cara Memakai Masker Medis yang Benar

cara memakai masker

Penggunaan masker medis memang sangat dianjurkan pada orang yang sakit dengan gejala batuk atau pilek. Tujuannya adalah agar tidak menularkan penyakitnya tersebut kepada orang lain. Meskipun kelihatannya mudah, namun cara memakai masker tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah panduan cara memakai masker yang benar yang direkomendasikan:

  • Pastikan ukuran masker yang akan kamu gunakan cocok dengan wajah, tidak kebesaran ataupun kekecilan.
  • Pastikan kamu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer terlebih dahulu sebelum memakai masker. 
  • Cara memakai masker yang benar adalah memakai masker dengan sisi luar masker berwarna hijau atau biru. Sedangkan bagian dalam masker yang menempel langsung dengan area mulut dan hidung berwarna putih. Kemudian, pastikan sisi atas masker yang ditandai dengan adanya garis kawat hidung. 
  • Untuk jenis masker karet, kamu hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang kedua telinga. Sedangkan, bagi yang memakai masker tali, posisikan garis kawat di atas hidung, lalu ikatkan kedua sisi tali pada bagian atas kepala. Jika masker sudah menggantung, lalu tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Selanjutnya, ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher. 
  • Setelah masker sudah terpasang aman di wajah, cubit atau cocokkan bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung kamu, agar masker lebih tertutup rapat. 
Baca juga:  Tes Psikologi untuk Mengetahui Kepribadian dan Kondisi Psikologis Seseorang

Penting untuk diingat, apabila masker sudah terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker, ya. Jika ingin menyentuh masker, maka pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Masker medis harus dibuang setelah digunakan, dan sebaiknya masker tidak digunakan lebih dari satu hari. Maka segera ganti masker kamu apabila sudah kotor atau rusak.

Cara Memakai Masker Kain yang Benar

cara memakai masker
Sumber: https://blog.spacestock.com/

Cara memakai masker kain yang pertama, yaitu dimulai dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Cuci tangan kamu dengan sabun dan air mengalir hingga bersih selama minimal 20 detik. Pastikan seluruh bagian lipatan tangan dan area tersempit juga dapat dibersihkan dengan baik. Jika tidak tersedia air mengalir, maka kamu bisa menggunakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

Setelah mencuci tangan, gunakan masker kain kamu dengan memasangnya hingga menutupi hidung, mulut, sampai dagu. Pastikan masker kain tersebut telah terpasang dengan rapat, atau tidak terdapat sela antara wajah dengan masker. Dengan begitu, area yang rentan seperti hidung, dan mulut dapat terlindungi dengan baik dari kontaminasi virus dan kotoran lainnya.

Sama halnya dengan penggunaan masker medis, saat kamu memakai masker kain, kamu juga sebaiknya tidak menyentuh masker sebelum mencuci tangan. Apabila masker kain yang kamu pakai telah basah atau lembab, ganti segera dengan masker yang baru. Dalam penggunaan masker kain ini, sebaiknya kamu mempunyai beberapa potong masker sebagai ganti.

Tips Mencuci Masker Kain yang Tepat ala dr. Reisa

cara mencuci masker
Sumber: https://www.rukita.co/

Dr. Reisa Broto Asmoro mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan cara mencuci masker kain. Cara mencuci masker kain yang tepat dipercaya dr. Reisa dapat membuat masa pakai masker lebih lama. Dikatakan dr. Reisa, bahwa membersihkan masker kain memang terlihat mudah dan sederhana, tapi sebenarnya mencucinya tidak boleh asal-asalan. Bahan yang dibutuhkan untuk mencuci masker kain dijabarkan dr. Reisa sebagai berikut:

  • Bahan yang dibutuhkan adalah detergen atau penghilang noda.
  • Air mengalir atau air hangat dengan suhu minimal 30 derajat celcius.
  • Siapkan baskom, sarung tangan dapur, dan jemuran pakaian, serta handuk bersih.
Baca juga:  Apa Arti Urban Farming? Bagaimana Cara Melakukannya?

Setelah alat dan bahan yang diperlukan telah kamu siapkan, selanjutnya langkah-langkah untuk membersihkan masker kain adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama, jangan lupa untuk cuci tangan dengan air mengalir dan sabun terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya isi baskom dengan air, lalu tambahkan dengan detergen atau pemutih pakaian sesuai dengan instruksi yang ada dalam kemasan. Campur larutan tersebut dengan merata. 
  3. Lalu rendam masker ke dalam larutan tersebut, lalu diamkan selama 10 menit.
  4. Setelah didiamkan selama 10 menit, tekan masker secara lembut dan perlahan menggunakan tangan yang bersih. Penting untuk diperhatikan, bahwa jangan mengucek masker terlalu kuat. Tujuannya adalah untuk menghindari serat kain serta menjaga efektivitas masker kain. 
  5. Kemudian bilas masker dengan air mengalir, dan pastikan tidak ada sisa pembersih dalam kain.
  6. Serap cairan berlebih yang masih menempel di masker dengan cara menepuk-nepuk tiap sisi masker menggunakan handuk bersih.
  7. Yang terakhir, jemur masker di tempat yang terpapar cahaya matahari, panas, serta memiliki ventilasi udara yang baik.
  8. Setelah selesai, jangan lupa untuk cuci tangan lagi menggunakan air mengalir dan sabun.

Bagaimana, cara memakai masker yang benar agar terhindar dari paparan virus corona dan tips mencuci masker ala dr. Reisa cukup mudah untuk dipraktekkan bukan?

Tags: , , , , ,

Berita Terbaru