Ilustrasi Bayi Terbangun (Sumber: iStockPhoto)

Anti Rewel, Ini 10+ Cara Membangunkan Bayi yang Efektif

Bayi baru lahir menghabiskan hampir 20 jam untuk tidur. Saat bayi tidur, rasanya tidak tega membangunkannya untuk menyusui ataupun memandikannya. Meskipun ada bayi yang bisa bangun sendiri ketika mereka lapar dan membutuhkan susu, namun ada juga bayi yang tertidur pulas. Hal ini membuatmu mencari cara untuk membangunkan bayi dengan nyaman.

Mengapa bayi baru lahir sering tidur? Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Jika kamu adalah orang tua baru, mungkin beberapa cara di bawah ini dapat kamu lakukan agar bayi tidak rewel saat dibangunkan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Sumber: iStockPhoto

10+ Cara Membangunkan Bayi

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat bayi terbangun dari tidurnya. Apa saja ya?

1. Memilih Waktu yang Tepat

Idealnya, bayi memiliki waktu berisitirahat antara 14-17 jam. Meskipun begitu, ada bayi yang memerlukan waktu tidur yang lebih panjang hingga 20 jam. Kamu tetap harus membangunkannya untuk disusui, sehingga kamu perlu memilih waktu yang tepat. Pilihlah waktu dimana bayi berada dalam fase tidur aktif, yang ditandai dengan adanya gerakan kaki atau tangannya.

2. Berikan Sentuhan Hangat

Sumber: iStockPhoto

Bayi masih sensitif terhadap sentuhan. Oleh karena itu, kamu dapat membangunkannya dengan membelai punggung atau kepalanya. Kamu juga bisa memijat kakinya dengan lembut agar ia terbangun perlahan. Dengan begitu, bayi tidak akan rewel saat dibangunkan.

Baca juga:  Sekolah Ramah Anak: Pengertian, Konsep, hingga Manfaatnya bagi Anak

3. Redupkan Lampu

Selain sentuhan, bayi juga masih sensitif terhadap cahaya. Untuk itu, kamu dapat meningkatkan pencahayaan ruangan secara perlahan agar bayi dapat terbangun. Bagi bayi, adanya cahaya menandakan bahwa ini waktunya untuk beraktivitas. Dengan begitu, kamu juga bisa menerapkan konsep siang dan malam pada bayi.

4. Mengganti Popok

Sumber: iStockPhoto

Salah satu cara membangunkan bayi tanpa rewel berikutnya adalah dengan mengganti popok. Meskipun bayi tidak buang air, kamu harus mengecek popoknya secara berkala. Jika bayi menggunakan popok kain, gantilah setiap 3 jam sekali. Namun jika bayi menggunakan popok sekali pakai, gantilah popok 3-4 jam sekali.

5. Berinteraksi dengan Bayi

Meskipun bayi belum bisa berbicara, namun dia masih bisa berinteraksi dengan sentuhan tubuh dan pendengarannya juga aktif. Saat bayi tengah tertidur, berbicaralah kepadanya dengan nada lembut atau nyanyikan lagu yang menenangkan. Interaksi ini sangat efektif dilakukan orang tua kepada anak. Selain bayi bisa terbangun dengan tenang tanpa rewel, komunikasi juga akan terbangun.

6. Lap dengan Kain/Handuk Basah

Sumber: iStockPhoto

Jika bayi masih belum terbangun dengan sentuhanmu, maka cobalah membangunkannya dengan menggunakan handuk basah. Rendam handuk di dalam wadah berisi air hangat beberapa saat. Kemudian usapkan handuk yang basah tersebut ke wajah bayi secara perlahan. Sensasi hangat dari air akan sedikit mengagetkan bayi, sehingga dia akan terbangun.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menurut WHO? Ini Ulasannya!

7. Dekatkan Bayi ke Payudara

Tahukah kamu, mendekatkan bayi dengan payudara akan membuat dia terbangun, lho! Bayi memiliki naluri tertentu dalam mengetahui payudara ibunya. Jadi, jika kamu mendekatkan payudara ke bayi yang sedang tertidur, maka bayi akan merespon dengan cara memajukan mulutnya ke puting. Dengan begitu, bayi akan terbangun dan kamu bisa langsung menyusuinya.

8. Teknik Boneka

Sumber: iStockPhoto

Ini bisa kamu gunakan untuk membuat bayi terbangun, lho! Cara menggunakan teknik boneka ini adalah dengan mengangkat bayi dengan perlahan, kemudian sangga punggungnya. Lalu naikkan bayi ke posisi tegak. Tepuk punggungnya dengan lembut hingga matanya terbuka. Lakukan cara ini dengan perlahan ya, agar bayi tidak menangis dan rewel saat terbangun.

9. Panggil Nama Bayi

Tahukah kamu? Bayi dapat mengerti jika namanya dipanggil, lho! Ini bisa menjadi salah satu cara agar bayi dapat terbangun. Ajak dia berbicara sambil memanggil namanya. Selain membuat bayi terbangun, ini bisa menstimulasi kemampuan bayi untuk lebih peka dengan keadaan sekitar. Hal ini juga dapat melatih pendengaran bayi.

10. Bangunkan Bayi Saat REM

Sumber: iStockPhoto

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membangunkan bayi adalah saat bayi berada dalam fase tidur REM (Rapid Eye Movement). Ini ditandai dengan kelopak mata yang bergerak, bibirnya yang tersenyum, dan anggota tubuh yang meregang. Jika kamu membangunkan bayi di saat seperti ini, bayi akan lebih mudah terbangun. Bayi yang sedang terlelap akan lebih susah dibangunkan.

Nah, itulah 10+ cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat bayi terbangun tanpa membuat dia rewel atau menangis. Tidak perlu merasa tega untuk tidak membangunkannya, sebab bayi memang harus dibangunkan agar bisa menyusui. Sehingga dia akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mengoptimalkan tubuh kembangnya selain tidur. Semoga cara-cara di atas dapat membantumu, ya!

Mia Atika

Add comment

Share