cara membersihkan telinga
Telinga bayi (Sumber: Pexels/Burst)

Ini Cara Membersihkan Telinga Bayi tanpa Cotton Bud!

Saat menjadi orang tua baru, tentunya kamu akan sedikit kebingungan dalam menghadapi perawatan tubuh bayi. Salah satunya adalah cara membersihkan telinga. Telinga adalah bagian tubuh yang sensitif bagi bayi, sehingga butuh kehati-hatian dalam membersihkannya. Jika kamu asalh membersihkan telinganya, maka bayi akan merasa tidak nyaman hingga mengalami trauma saat telinganya akan dibersihkan.

Agar membersihkan telinga bayi menjadi hal yang menyenangkan, kamu dapat melakukan 8 cara di bawah ini. Telinga bayi sebaiknya dibersihkan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk menghindari penumpukan kotoran yang kemudian dapat mengganggu pendengaran bayi. Jika tidak dibersihkan, maka kotoran akan semakin keras dan sulit dikeluarkan. Yuk, simak 8 cara untuk membersihkan telinga bayi!

cara membersihkan telinga bayi
Sumber: iStockPhoto

Ciri-Ciri Kotoran Telinga Bayi yang Normal

Sebelum mengetahui bagaimana membersihkan telinga bayi dengan aman, kamu perlu mengetahui tanda kotoran telinga bayi yang normal seperti apa.

  1. Warna kotoran telinga yang normal adalah cokelat muda, oranye, atau kekuningan. Bayi cenderung memiliki tekstur kotoran lebih lembut dan berwarna terang.
  2. Secara umum, ada dua jenis kotoran telinga. Yaitu kotoran basah yang biasa dimiliki oleh orang Afrika, Eropa, dan Amerika. Jenis kedua yaitu kotoran kering yang dimiliki oleh orang Asia, Pulau Pasifik, dan Amerika Latin.
Baca juga:  Ketahui 10 Manfaat Inhalasi untuk Terapi Anak!

8 Cara Membersihkan Telinga Bayi

Jika ingin membersihkan telinga bayi, kamu perlu melakukan 8 cara ini agar bayi tidak rewel saat telinganya dibersihkan.

1. Hindari Penggunaan Cotton Bud

cara membersihkan telinga tanpa cotton bud
Sumber: iStockPhoto

Untuk membersihkan telinga bayi, hindari penggunaan cotton bud. Hal ini dikhawatirkan membuat kapas akan menyumbat saluran telinga dalam bayi. Namun jika kamu ingin membersihkan bagian daun telinganya, kamu masih bisa menggunakan cotton bud. Lumasi kapas cotton bud dengan minyak kelapa atau VCO agar kotoran terangkat dengan mudah.

2. Bersihkan Telinga saat Mandi

Dalam membersihkan telinga bayi, perlu waktu yang tepat agar bayi tidak rewel. Waktu yang tepat untuk membersihkan bayi adalah saat mandi. Pada waktu tersebut, telinga bayi cenderung basah sehingga memudahkanmu untuk membersihkan telinganya. Kamu dapat menggunakan air dan waslap untuk membersihkan bagian luar telinga bayi. Cara ini termasuk metode yang paling disarankan oleh banyak dokter anak.

3. Mulai Bersihkan dari Bagian Luar

Kamu bisa lebih dulu bersihkan kotoran hanya pada bagian paling luar liang telinga. Akan lebih baik jika dalam cara membersihkan telinga bayi ini tidak menggunakan cairan pembersih telinga bayi jenis apa pun. Kamu perlu memahami bahwa telinga bayi masih sensitif. Cara membersihkan telinga bayi dengan menggunakan cairan pembersih telinga bayi dan penggunaan alat bantu lainnya memiliki risiko penyakit pada telinga bayi.

4. Gunakan Alat/Bahan yang Aman bagi Bayi

cara membersihkan telinga dengan kapas
Sumber: iStockPhoto

Dalam membersihkan telinga bayi, kamu perlu menggunakan alat/bahan yang aman. Seperti waslap dan kain yang lembut. Telinga bayi sangat sensitif, oleh karena itu perlu alat/bahan yang tidak melukai kulit bayi. Pastikan untuk tidak menggunakan alat pembersih telinga yang terbuat dari logam atau penggunaan benda-benda yang tajam kepada bayi. 

Baca juga:  Air Ketuban Merembes, Ini 15 Penyebabnya! Bumil Wajib Tahu

5. Hindari Pembersih Telinga

Cairan pembersih telinga merupakan salah satu hal yang perlu dihindari saat mengaplikasikan cara membersihkan telinga bayi yang tepat. Namun, hal tersebut juga memiliki pengecualian. Kamu bisa menambahkan cairan pembersih telinga pada cara membersihkan telinga bayi ini jika obat tersebut merupakan resep yang dianjurkan oleh dokter.

6. Gunakan Obat Tetes Telinga sesuai Resep

Jika dirasa perlu, kamu bisa menggunakan cairan pembersih telinga yang memang diberikan oleh dokter sebelumnya untuk membersihkan telinga bayi. Cairan pembersih telinga ini relatif aman kok untuk digunakan jika kotoran yang menyumbat telinga bayi terlihat dengan jelas. Umumnya, dokter akan memberikan petunjuk dan arahan penggunaan cairan pembersih telinga.

7. Pastikan Kondisi telinga Bayi Lembap

Hindari membersihkan telinga bayi saat kering. Kondisi ini terbalik saat kondisi telinga si Kecil dalam keadaan basah basah, telinga yang kering cenderung sulit untuk dibersihkan. Lakukan pembersihan dengan rutin untuk menjaga telinga bayi tetap bersih. Kamu juga bisa menyeka dengan baby oil atau VCO untuk mencegah penumpukan kotoran.

8. Jangan Bersihkan Telinga Dalam

Umumnya, kotoran dalam telinga bayi tak perlu Anda keluarkan. Pasalnya, kotoran ini justru memiliki peran penting dalam melindungi telinga bayi. Kotoran telinga atau cerumen, adalah zat yang secara alami terbentuk di dalam telinga, termasuk pada bayi. Zat ini dibuat di saluran telinga dan berfungsi sebagai pelumas. Serumen mengandung enzim yang dapat membantu menghalangi bakteri dan jamur penyebab infeksi telinga pada bayi.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara membersihkan telinga yang aman untuk bayi. Jika cara-cara tersebut tidak bisa dilakukan, maka kamu perlu mengkonsultasikan dengan dokter anak. Semoga cara tersebut dapat membantumu untuk membersihkan telinga bayi dengan aman.

Mia Atika

Add comment

Share