Must Know! 9 Cara Membersihkan Wajah dari Make Up dan Kotoran

Pernah gak sih kamu ngerasa mager untuk menghapus make up setelah seharian beraktivitas? Jika kebiasaan itu kamu lakukan, nyatanya nggak baik loh untuk kesehatan kulit wajah. Membiarkan make up menempel di wajah tanpa dibersihkan sebelum tidur di malam hari akan mengundang banyak permasalahan kulit. Mulai dari jerawat, pori-pori tersumbat, kulit kusam, dan masalah kulit lainnya. Cara membersihkan wajah dari make up nggak cukup hanya memakai face wash aja loh karena make up dan kotoran belum terangkat sempurna dari kulit wajah. Agar wajah tetap sehat dan bersih dari make up secara maksimal, perhatikan cara membersihkan wajah yang tepat step by step pada ulasan berikut ini

Bahaya Jika Tidak Membersihkan Wajah dari Makeup

Pori-pori tersumbat adalah salah satu bahaya yang mengganggu kesehatan kulit akibat jika wajah tidak dibersihkan dengan benar. Banyak orang yang belum benar-benar menerapkan cara membersihkan wajah, meskipun ini adalah bagian terpenting dari rutinitas perawatan kulit. 

Wajah ber-make up yang nggak dibersihkan atau asal dirasa sudah bersih saja bisa mendatangkan masalah bagi kulit. Seperti yang sudah disebutkan di atas, wajah yang kotor dapat memicu pori-pori tersumbat akibat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih yang menumpuk. Parahnya, pori-pori yang tersumbat ini dapat terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat (P.acnes) yang pada akhirnya memicu jerawat

Saat membersihkan wajah dari make up, pemakaian produk cleanser yang terlalu keras juga bisa mendatangkan bahaya untuk kulit. Sabun cuci muka dengan formula yang terlalu keras dan bersifat mengeringkan, justru mengurangi kadar air dan kelembaban yang sangat dibutuhkan kulit. Akibatnya, kulit akan terasa kering bahkan bisa teriritasi. Oleh karena itu, pilihlah produk cleanser yang lembut, ringan, serta bersifat menghidrasi saat diaplikasikan untuk membersihkan wajah. 

Baca juga:  10+ Rahasia Muka Glowing Alami dan Bebas Kusam Setiap Hari, Ampuh!

Step by Step: Cara Membersihkan Wajah yang Benar 

1. Pertama, Mengikat Rambut ke Belakang 

Langkah awal yang sebaiknya kamu lakukan sebelum menghapus make up adalah mengikat rambut ke belakang dengan gaya rambut ekor kuda. Pastikan tidak ada satu helai rambut yang terurai mengenai wajah, leher, dan sekitar garis rambut. Mengapa mengikat rambut penting dilakukan sebelum membersihkan wajah? Tentunya rambut yang diikat akan mempermudah proses menghapus make up secara menyeluruh hingga area-area yang jarang dibersihkan, seperti garis rambut.

2. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

cara membersihkan wajah

Sebelum membersihkan wajah dari make up dan kotoran, cuci tangan dahulu. Kondisi tangan yang tidak bersih akan men-transfer lebih banyak kotoran menempel ke permukaan wajah. Jadi selalu ingat untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menghapus make up di wajah, ya!

3. Mulai Hapus Makeup yang Menempel dengan Face Cleanser

cara membersihkan wajah

Membersihkan make up tidak cukup dengan langsung membilas wajah memakai air. Untuk mengangkat sisa make up yang menempel, terapkan teknik double cleansing atau pembersihan wajah dalam dua langkah. Double cleansing memiliki manfaat untuk hasil kulit halus, pembersihan lebih menyeluruh, dan penyerapan produk skincare yang lebih baik.

Awali double cleansing dengan mengaplikasikan produk cleansing oil, cleansing balm, micellar water, atau cleansing milk sesuai keinginanmu. Aplikasikan produk cleansing secara merata ke wajah lalu bersihkan menggunakan kapas. 

4. Hindari Produk Cleansing Oil untuk Kulit Berminyak dan Kombinasi

Pemilik kulit berminyak dan kombinasi sangat tidak dianjurkan memakai produk cleansing oil. Alasannya, saat diaplikasikan ke wajah, residu minyak yang ditinggalkan oleh produk cleanser ini berisiko untuk jenis kulit dengan pori-pori yang rawan tersumbat. Tidak hanya soal itu, formula oil di dalamnya dapat menghambat penyerapan produk skincare lain yang teksturnya lebih ringan (seperti toner, serum, pelembab, dan lainnya). Hal ini terjadi karena formula oil-based dalam cleansing oil tidak menembus membran sel kulit secara efektif, sehingga penyumbatan pori-pori kulit tidak terhindarkan. 

cara membersihkan wajah

5. Pakai Face Wash dan Pijat Wajah dengan Lembut 

Setelah makeup terangkat dengan produk face cleanser, selanjutnya gunakan facial wash atau facial foam yang lembut dan ringan sebagai langkah kedua pada teknik double cleansing. Aplikasikan produk ke seluruh permukaan wajahmu hingga leher secara merata. Agar produknya menyerap ke kulit dengan sempurna, berilah waktu sejenak. 

Oh iya! Pijat wajahmu yang diolesi face wash dengan gerakan memutar secara lembut selama kurang lebih satu menit. Cara membersihkan wajah dengan pijatan lembut ini penting untuk merangsang sistem limfatik, sehingga melancarkan pasokan oksigen dan sirkulasi darah pada area wajah.

Baca juga:  Jadi Glow Up, Ini Buah untuk Skincare Mencerahkan Wajah Kusam

Setelah wajah cukup dipijat dengan lembut, bilas menggunakan air hingga tidak ada sisa produk yang menempel. Sekarang wajahmu dipastikan sudah benar-benar bersih. 

cara membersihkan wajah

6. Memakai Face Wash dengan Formula yang Lembut dan Ringan

Kamu sudah tahu sekarang cara membersihkan wajah memakai face wash. Dalam memilih produk face wash juga harus cermat dan nggak bisa sembarangan. Pilihlah formula face wash yang lembut, ringan, sedikit busa, dan bebas sulfat. Formula bebas sulfat perlu kamu pilih sebab bahan sulfat ini tidak dianjurkan untuk digunakan ke kulit wajah, karena bersifat mengeringkan dan menghilangkan minyak dari kulit wajah. Dengan pemakaian produk face wash yang tepat, setelah wajah dibilas, kulitmu terasa lembab, bersih, serta tidak akan terasa kencang, kering, hingga memerah. 

7. Pakai Air Hangat untuk Membilas Wajah

cara membersihkan wajah

Saat membilas wajah, pakailah air hangat suam-suam kuku untuk membantu mengangkat kotoran dan sebum berlebih di wajah. Hindari menggunakan air panas karena bersifat mengeringkan kulit dan menghilangkan minyak alami yang sehat dari kulit. Jika muncul kemerahan di kulit setelah dibilas memakai air hangat, maka bilas wajah dengan air dingin untuk membantu menyempitkan pembuluh darah.

8. Keringkan Wajah dengan Handuk yang Lembut dan Bersih

Kulit wajah cenderung menjadi tipis dan rentan jika dibersihkan dengan tidak hati-hati. Setelah melalui tahapan pembersihan wajah di atas, keringkan wajah dengan handuk khusus untuk wajah yang bertekstur lembut atau waslap. Tepuk-tepuk handuk khusus wajah tadi untuk mengeringkan kulit serta menghilangkan residu produk face wash dan bakteri yang menyumbat pori-pori wajah. Setelah wajah bersih dan kering, aplikasikan produk skincare berikutnya mulai dari toner bebas alkohol, essence, serum, hingga pelembab. 

9. Selalu Bersihkan Wajah di Pagi Hari

Jangan lewatkan langkah pembersihan wajah di pagi hari meski wajahmu sudah dibersihkan di malam hari sebelumnya menjelang tidur. Saat akan memulai aktivitas di pagi hari, selalu bersihkan wajah dari kotoran dan debu yang mungkin menempel selama kamu tertidur. Kalau kulit jarang dibersihkan di pagi hari, risiko pori-pori tersumbat dan jerawat dapat terjadi, lho. 

Tidak hanya membersihkan kotoran dari wajah, beberapa formula aktif pada produk night skincare (seperti AHA, BHA, dan retinol) harus dibersihkan dari kulit untuk menghindari reaksi kulit atau iritasi. “You have to reset the skin”. Intinya, dapatkan wajah yang segar dan bersih di pagi hari sebagai kebutuhan penting untuk merawat kulit wajah tetap sehat.

cara membersihkan wajah

Baca juga: Kenali Kulit Kering Bersisik dan Dapatkan Solusinya

Demikian tahapan cara membersihkan wajah dari make up yang menempel seharian. Selalu pastikan di malam hari menjelang tidur, wajah sudah dibersihkan dari kotoran dan sisa make up. Lakukan teknik double cleansing secara konsisten untuk hasil kulit yang bersih, glowing, dan plump sepanjang waktu.