8 Cara Menabung Paling Efektif di Usia 25-40

Ingin menikmati masa tua dengan nyaman? Pastinya iya. Tapi kapan kita harus memperhatikan masalah finansial untuk bisa bertahan dengan baik? Cara menabung bagaimana yang efektif untuk merencanakan keuangan di masa tua?

Konon, masa produktif seseorang di mulai dari usia 25 dan mencapai titik balik ketika berusia 40. Ini artinya, pada rentang usia tersebut, diharapkan kamu bisa bekerja secara efisien sekaligus mengelola keuangan dengan benar. Jika kamu bisa melakukan perencanaan keuangan secara benar, maka keuanganmu secara tidak langsung akan terselamatkan.

Di bawah ini akan kita bahas cara menabung yang benar agar hari tuamu dapat dilalui tanpa rasa was-was.

1. Kerja Keras dan Cerdas untuk Menabung

sumber : www.balipost.com

Mumpung masih muda, manfaatkan sebaik mungkin waktumu untuk berkarya. Selain mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk membiayai kebutuhan, lewat bekerja kamu juga bisa mengasah skill dan pengetahuanmu. Serap informasi sebanyak mungkin, belajarlah dari lingkungan dengan baik, serta terapkan pengetahuan yang kamu miliki di tempat kerja.

Kerja keras tidak hanya akan membuatmu disukai oleh atasan, tapi juga meningkatkan bargaining position kamu, sehingga peluang untuk mencapai karier yang lebih cemerlang dan gaji yang bagus akan semakin besar.

Dengan bekerja keras dan cerdas, berarti kamu sudah menerapkan cara menabung yang benar baik secara keuangan maupun skill.

2. Menabung secara Konvensional

cara menabung konvensional


Menabung wajib dimasukkan dalam daftar prioritas saat menyusun rencana keuangan oleh siapa pun, terutama kamu yang sekarang berusia 25 tahunan. Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambah usia, semakin besar pula dana yang kamu perlukan untuk menutup kebutuhan.

Misalnya untuk persiapan menikah, membeli rumah, menyiapkan pendidikan anak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ya, meski kamu masih melajang, hal-hal seperti ini wajib dipikirkan sejak dini agar tidak kerepotan atau merepotkan banyak orang nantinya. Menabunglah sejak dini daripada repot berhutang sana-sini.

Baca juga:  Ketahui 5 Jenis Investasi Online dengan Profit Tinggi

3. Memiliki Investasi

cara menabung dengan berinvestasi


Investasi merupakan salah satu perencanaan masa depan dan cara menabung yang wajib dilakukan oleh kamu yang berusia 25 tahun. Produk investasi ada banyak, seperti investasi properti, reksadana, emas batangan, saham, investasi berjangka, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedikit saran, jika modal yang kamu punya cukup besar, investasi properti berupa kost/rumah kontrakan adalah yang paling tepat. Selain tidak membutuhkan perawatan berkala, harga tanah dan bangunan kian tahun akan kian mahal. Kamu pun tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian.

4. Memiliki Aset Tetap

aset properti


Menabung aset adalah cara menabung jangka panjang. Bagi masyarakat Indonesia, rumah merupakan salah satu parameter untuk mengukur sukses tidaknya seseorang. Nah, mumpung kamu masih muda dan belum memiliki keluarga, lebih baik persiapkan diri dengan cara menabung yang tepat untuk memiliki rumah.

Tak perlu menunggu menikah dulu baru punya rumah, sebab umumnya kebutuhan setelah menikah akan jauh lebih besar lagi sehingga keinginan untuk membeli rumah terpaksa harus dikesampingkan demi menutup kebutuhan lain yang lebih urgent. Rumah selain sebagai aset tetap, juga bisa dimanfaatkan sebagai warisan kelak untuk anak atau cucu kamu, lho.

5. Memiliki Dana Darurat 

Di usia yang menginjak 40 tahun, Kamu setidaknya sudah memiliki tabungan yang utuh untuk dana darurat Kamu. Mengingat banyak kemungkinan serta ketidakpastian dalam hidup, memiliki dana darurat merupakan suatu keharusan untuk menciptakan rasa aman di usia kamu yang nanti tak lagi muda. 

Selain itu, dana darurat ini sebaiknya dapat memberikan banyak manfaat kamu dalam hal fasilitas yang diberikan. Pastikan kamu tahu manfaat-manfaat apa yang bisa kamu peroleh dari penggunaan dana darurat tersebut. 

Baca juga:  10 Cara Jualan di Bukalapak Paling Praktis dan Mudah

6. Mengumpulkan Uang Receh

Jangan anggap remeh uang receh, kamu pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Nah, belajar dari pepatah tersebut coba kamu kumpulkan setiap uang receh yang didapat dan ditemukan dalam tas, saku, ataupun dompet setiap harinya.

Sediakan tempat untuk mengumpulkan uang dengan ukuran yang cukup besar, karena uang recehan lumayan memakan tempat. Kamu pernah mendengar seseorang yang berhasil membeli kendaraan bermotor dengan uang receh? Nah, cara seperti ini dapat dikatakan menabung mudah yang unik dan efektif juga memiliki dampak besar.

7. Menyisihkan Tabungan di Awal Bulan

Cara menabung yang benar adalah dengan memiliki anggaran untuk di masukkan tabungan. Bukan menunggu uang sisa tiap bulan. Jika kamu sudah disiplin untuk menabung di awal bulan, maka kamu pasti bisa memiliki sejumlah uang tetap di rekening tabungan yang akan terus bertambah.

8. Fokus Menyisihkan Uang, Bukan Berutang

Cara menabung yang benar adalah menyisihkan uang, bukan berutang. Akan lebih baik jika kamu tidak memiliki utang yang terlampau besar saat amu telah mencapai 40 tahun. Dengan ini kamu akan lebih mudah untuk fokus pada penyimpanan dana bagi kebutuhan pensiun kamu, membayar kebutuhan kuliah anak-anak kamu, maupun untuk mensokong kebutuhan lain selain dan di luar keharusan untuk membayar utang. 

Jika kamu sudah telanjur terlibat dalam utang yang tinggi, kamu harus mulai merencanakan untuk menguranginya kali ini. Kamu juga bisa melakukan review terkait keseimbangan pengeluaran kamu. 

Cara menabung di atas walaupun terkesan mudah, kenyataannya sering membutuhkan komitmen yang tinggi. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih berusia 25 tahun, diharapkan bisa memulainya seawal mungkin, agar dapat meperoleh hasil maksimal dari uang yang telah kamu simpan tadi.

Tags: , , ,

Berita Terbaru