Cara Mencuci Muka yang Benar dan 7 Rekomendasi Face Wash

Kegiatan cuci muka pada umumnya terlihat sederhana. Mulai dari membasahi muka, menuangkan sabun muka dan menggosoknya ke permukaan wajah, lalu membilasnya sampai bersih. Namun, cara mencuci muka yang benar belum tentu sama bagi semua orang. Buat kamu yang menghabiskan waktu lebih banyak di dalam ruangan, mungkin sering berpikir tidak perlu membersihkan wajah karena tidak terlalu kotor.

Membersihkan wajah tetap penting dilakukan setelah beraktivitas agar kulit wajah terbebas dari kotoran, minyak, dan kuman yang bisa menyebabkan masalah kecantikan. Hal ini juga wajib dilakukan apabila kamu memakai makeup seharian. Nah, sebaiknya jangan sembarangan membersihkan wajah. Yuk, ketahui cara membersihkan wajah yang benar berikut agar wajah bersih maksimal.

cara mencuci muka yang benar
Sumber: iStockPhoto

12 Cara Mencuci Muka yang Benar

Cuci muka setidaknya harus dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Khusus untuk cuci muka pada malam hari, ini merupakan waktu yang penting. Sebab ketika malam hari, kulit akan melakukan proses regenerasi atau pembaruan. Hal ini perlu didukung dengan wajah yang bersih agar skincare terserap dan bekerja maksimal ke kulit. Berikut cara mencuci muka yang benar untuk pria dan wanita.

1. Bersihkan Riasan

Urutan cuci muka yang benar dimulai dengan membersihkan riasan wajah terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan berbagai macam face cleanser, mulai dari yang berbahan minyak sampai air. Langkah ini kerap dikenal sebagai pembersihan ganda (double cleansing), yaitu dimulai dengan pembersih makeup, lalu mencuci muka agar kulit wajah benar-benar bersih. Hal ini penting karena pori-pori yang tersumbat oleh bekas makeup dapat menyebabkan masalah kulit wajah, seperti komedo dan jerawat. Jangan membersihkan kulit wajah dengan terlalu keras, cukup hapus dengan lembut dan perlahan.

2. Pakai Micellar Water

Meski tidak menggunakan riasan wajah, kamu tetap harus membersihkan wajah secara double cleansing sebelum mencuci muka. Untuk itu, kamu bisa menggunakan micellar water. Cairan ini tak hanya bisa mengangkat bekas riasan, namun juga kotoran di wajah. Langkah ini juga bisa dilakukan ketika berada di tempat yang sulit untuk cuci muka, misalnya ketika berkemah. Kendati tidak dapat mencuci muka dengan air dan sabun, kamu bisa menggunakan micellar water.

3. Jangan Pakai Sabun Batangan

cara mencuci muka yang benar
Sumber: iStockPhoto

Salah satu cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan tidak menggunakan sabun batangan. Sebab, sabun batang dapat mengubah keseimbangan kadar asam atau pH kulit. Hal ini memungkinkan bakteri dan jamur justru dapat berkembang di permukaan kulit wajah, sehingga bisa menimbulkan bruntusan dan jerawat. Sabun batang boleh digunakan jika memang formulanya khusus untuk wajah.

Baca juga:  Potongan Wolf Cut: Cara Perawatan dan Tips Stylingnya

4. Gunakan Face Wash yang Melembapkan

Jenis face wash yang paling tepat digunakan untuk mencuci muka adalah yang melembapkan sesuai jenis kulit. Pemilik kulit kering sebaiknya menggunakan face wash yang tidak memberikan efek kencang dan kaku di wajah setelah mencuci muka. Begitu pula dengan kamu yang memiliki kulit wajah berminyak. Meski minyak mungkin terlalu banyak di wajah, bukan berarti harus dicuci sampai kesat. Cucilah muka dengan face wash agar tetap lembap.

5. Pakai Face Wash Sesuai Takaran

Hal yang mungkin jarang disadari dalam cara mencuci muka yang benar, yaitu menggunakan face wash sesuai takaran. Ketika menggunakan face wash yang agak lebih mahal, mungkin kamu berpikir untuk menggunakannya lebih irit ketimbang yang murah. Padahal, memperhatikan takaran face wash yang dipakai tetap perlu dilakukan. Tujuannya agar hasil pembersihan wajah optimal.

6. Bersihkan Leher dan Rahang

Saat mencuci muka, jangan lupa bersihkan juga leher dan rahang. Sebab, kotoran juga mungkin menumpuk di bagian leher dan rahang. Selain itu, membersihkan bagian leher dan rahang dengan pijatan yang lembut dapat melancarkan sirkulasi darah, memberi relaksasi, mengistirahatkan otot, hingga membuat wajah menjadi kencang.

7. Tak Perlu Pakai Alat Bantu

Sebagian orang kerap mencuci wajah dengan menggunakan alat bantu, misalnya spons, loofah, atau kapas untuk membilas. Nyatanya, hal ini justru bisa memberi risiko munculnya bakteri pada wajah jika alat bantu tersebut lembap dan tidak sering dicuci. Para ahli justru merekomendasikan untuk mencuci muka cukup dengan air, sabun, dan tangan saja.

8. Eksfoliasi dengan Lembut

Kamu bisa mengeksfoliasi kulit wajah saat mencucinya. Namun jangan terlalu kencang. Sebab, hal ini justru berisiko merusak lapisan pelindung kulit (skin barrier). Ambil face wash dengan scrub untuk eksfoliasi, kemudian pijat lembut dan bilas. Kamu bisa menggunakan sabun eksfoliasi berbahan asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, dan enzim buah untuk melepas sel kulit mati di wajah. Sementara bahan yang perlu dicermati karena merupakan bahan pengelupas aktif, yaitu asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA).

9. Keringkan dengan Handuk Lembut

cara mencuci muka yang benar
Sumber: iStockPhoto

Setelah mencuci muka, segeralah keringkan dengan handuk lembut. Pastikan handuk bersih agar tidak meninggalkan bakteri di wajah. Hal ini penting dilakukan karena membiarkan air cuci muka tertinggal di wajah sejatinya tak bisa menghidrasi kulit. Bahkan, air yang dibiarkan tertinggal di wajah, lalu menguap sendiri dapat membuat kulit wajah jadi lebih kering.

10. Pakai Toner Setelah Cuci Muka

Penggunaan toner memang bukan langkah mencuci muka. Namun hal ini sangat penting untuk dilakukan setelah mencuci wajah. Sebab, cairan toner dapat mengembalikan keseimbangan kulit setelah mencuci muka. Toner merupakan skincare berbentuk cair dan ringan yang fungsinya mengatur ulang keseimbangan pH kulit, sehingga dapat melindungi kulit dari bakteri dan jamur.

Bahan toner yang bisa digunakan, misalnya air mawar yang bersifat anti penuaan, chamomile untuk menenangkan, dan asam salisilat untuk melawan jerawat. Aplikasikan toner ke semua bagian wajah setelah cuci muka, khususnya bagian T-zone yang berminyak.

11. Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Sebagian orang mungkin berpikir sering mencuci muka mungkin akan membuat wajah selalu bersih. Nyatanya tidak demikian. Ternyata mencuci muka cukup dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Cuci muka sampai tiga kali sehari mungkin agak berlebihan. Untuk malam hari, sebaiknya cuci wajah lebih awal. Misalnya saat matahari terbenam, bukan setelahnya.

Baca juga:  5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Makin Sehat dan Berkilau

12. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Hal yang tak kalah penting dalam cara mencuci muka yang benar adalah cuci sesuai tipe kulit. Misalnya, cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan sabun pembersih yang mengandung bahan untuk melawan bakteri dan mengurangi minyak tidak menyumbat pori. Lalu, cucilah wajah dengan frekuensi dua kali sehari. Kebutuhan cuci muka ini mungkin berbeda dengan kamu yang memiliki tipe kulit kering.

7 Rekomendasi Face Wash Sesuai Jenis Kulit Wajah

Setelah mengetahui 12 cara mencuci wajah dengan benar, kamu juga perlu untuk mengetahui rekomendasi face wash yang cocok untuk jenis kulit wajahmu. Salah menggunakan produk untuk cuci muka mengakibatkan kulit wajah bermasalah.

1. Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

cara mencuci muka yang benar
Sumber: Somethinc

Sebagai sebuah facial wash, produk ini punya banyak manfaat, seperti membersihkan kotoran dan minyak berlebih, menyeimbangkan pH kulit, serta menenangkan kulit. Memiliki tekstur seperti jelly, rekomendasi face wash yang satu ini diformulasikan dengan bahan yang sangat gentle. Tak heran, facial wash Somethinc ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit, juga remaja mulai umur 11 tahun dan ibu hamil.

2. Skintific 5X Ceramide Low pH Cleanser

cara mencuci muka yang benar
Sumber: Beauty Haul

Selain terkenal dengan moisturizer-nya, Skintific juga punya produk facial wash terbaik yang bernama Skintific 5X Ceramide Low pH Cleanser. Sesuai namanya, produk ini menggunakan 5 tipe ceramide, yakni NP, EOP, AP, AS, dan NS. Bahan-bahan tersebut berfungsi untuk menjaga skin barrier. Facial wash untuk kulit sensitif ini memiliki pH yang rendah, yaitu 5,5-6. Dibuat dengan teknologi micro-foaming, facial wash ini akan menghasilkan busa yang halus dan lembut di wajah.

3. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

cara mencuci muka yang benar
Sumber: Review Soco

Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga terkenal sebagai salah satu facial wash untuk kulit sensitif. Bahkan, cleanser ini disebut-sebut aman untuk kulit bayi juga, lho. Selain menjalankan fungsi utamanya sebagai pembersih wajah, facial wash Cetaphil ini juga dapat menenangkan dan melembutkan kulit. Kamu juga bisa menggunakan produk ini untuk membersihkan tangan dan seluruh badan.

4. Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

cara mencuci muka yang benar
Sumber: Avoskin Beauty

Selain punya produk serum yang viral, brand lokal Avoskin juga merilis produk facial wash terbaik, lho. Produk itu diberi nama Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser dan diklaim menggunakan minimal ingredients. Kandungan ekstrak natural yang digunakannya berasal dari berbagai belahan dunia, lho. Dengan face wash yang cocok untuk semua jenis kulit ini, wajahmu akan bersih tanpa terasa tertarik.

5. N’Pure Cica Series Face Wash

cara mencuci muka yang benar
Sumber: N’Pure Official

N’Pure Cica Series Face Wash juga menjadi salah satu facial wash terbaik sekaligus terlaris. Produk skincare N’Pure ini merupakan facial wash untuk kulit berjerawat karena mengandung bahan-bahan yang dapat merawat jerawat. Beberapa bahan yang terkandung di dalamnya antara lain real centella leaves, green tea, mix fruit extract, dan vitamin B3/niacinamide. Dengan begitu, wajahmu akan bersih dari sisa kotoran, tampak lebih cerah, dan kulit pun terasa segar.

6. Glowinc Potion ACNECORE+ Clear AC low pH Gel Cleanser

cara mencuci muka yang benar
Sumber: glowinofficial.id

Rekomendasi produk berikutnya merupakan facial wash untuk kulit berjerawat, terutama yang punya masalah pori-pori besar, yakni Glowinc Potion ACNECORE+ Clear AC low pH Gel Cleanser. Sebagai salah satu facial wash terbaik, produk ini menawarkan banyak manfaat. Beberapa di antaranya yakni membantu melawan bakteri penyebab jerawat, membantu mengontrol produksi minyak, dan memperkuat skin barrier.

7. Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel

cara mencuci muka yang benar
Sumber: Review Female Daily

Kulitmu kering? Cobalah Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel! Facial wash untuk kulit kering ini diformulasikan dengan pH kulit alami (5.2-5.5) dan diklaim tidak akan membuat kulitmu semakin kering. Mengandung superfruit sea buckthorn atau seaberry, rekomendasi face wash ini dapat membersihkan wajah secara maksimal sekaligus mencerahkan. Wajah pun jadi siap menyerap tahapan skincare berikutnya setelah menggunakan facial wash Kleveru ini.

Nah, itulah 12 cara mencuci muka dan 7 rekomendasi face wash yang sesuai dengan jenis kulitmu. Cara mencuci muka yang benar adalah kunci penting merawat jenis kulit apapun menjadi lebih lembap, terawat, dan sehat. Dengan kulit yang bersih, seluruh step perawatan wajah menjadi lebih optimal bekerja dan meresap. Pastikan kamu memilih dan menggunakan facial wash terbaik dua kali sehari, ya.