Sudah Punya Konten? Ketahui Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Tepat

Apakah saat ini kamu sedang mencari informasi seputar cara mendapatkan uang dari YouTube? Kamu memang bisa menghasilkan uang dari YouTube, dengan cara melakukan beberapa langkah yang tepat tentunya. Seperti yang telah diketahui, bahwa YouTube merupakan salah satu platform digital yang belakangan ini sangat banyak diminati oleh pengguna internet hampir di seluruh dunia. Dalam platform ini, memungkinkan para pengguna untuk mengunggah, menonton, hingga berbagi video.

Namun tidak hanya itu saja, platform video milik Google ini belakangan menjadi trend karena menawarkan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Banyak konten kreator yang sukses dalam meraup pendapatan bernilai fantastis dari YouTube. Inilah yang akhirnya membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang YouTuber.

Mengapa Penghasilan dari YouTube Menjanjikan?

YouTube merupakan salah satu platform digital yang cukup banyak diakses oleh masyarakat. Bahkan YouTube telah menguasai market share platform video di Indonesia, yang artinya, YouTube menjadi media yang pas untuk menjangkau audiens. Selain itu, dalam waktu dekat jumlah penonton YouTube diprediksi akan menyaingi jumlah penonton televisi, lho. Tidak dipungkiri lagi, jika menonton YouTube memang sudah menjadi salah satu kebiasaan baru orang Indonesia. Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Berikut ini informasi lengkap yang perlu kamu perhatikan.

1. Membuat YouTube Channel dan Menyiapkan Konten Menarik

cara mendapatkan uang dari youtube

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun YouTube dan menentukan akan berfokus pada konten apa channel yang kamu miliki. Konsep dari channel yang menarik dan tidak membosankan tentu saja akan membuat viewers menjadi tertarik.

Baca juga:  Autentikasi dalam Sistem, Metode Pengamanan untuk Akun Kamu

2. Monetisasi Akun YouTube

Untuk bisa mendapatkan uang dari YouTube, maka kamu perlu melakukan monetisasi pada akun. Caranya adalah dengan masuk ke account information, lalu klik Creator Studio pada menu di sebelah kiri. Kemudian klik Channel dan Status and features, lalu pilih Enable Monetisation dan setujui agreement yang ada.

Penting untuk diketahui, bahwa pada awal tahun 2018 lalu, pihak YouTube telah mengeluarkan aturan terbaru terkait monetisasi. Jika sebelumnya para YouTuber hanya diberlakukan syarat 10.000 penayangan untuk monetisasi, maka pada tanggal 9 Januari 2018 yang lalu, YouTube resmi mengubah peraturannya. Agar bisa memenuhi syarat monetisasi, maka saluran YouTube milikmu harus memiliki 1.000 pelanggan dan telah mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tontonan selama 12 bulan terakhir. Setelah memenuhi syarat tersebut, pihak YouTube akan melakukan verifikasi dengan cara meninjau orisinalitas setiap video dalam channel tersebut. 

3. Menyambungkan dengan AdSense

cara mendapatkan uang dari youtube
Sumber: http://weberience.com/

Selain penghasilan dari jumlah viewers, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan dari iklan. Caranya adalah dengan melakukan associate dan approved AdSense account ke YouTube account milikmu. Track penghasilan kamu nantinya dapat tersedia pada fitur YouTube Analytic. Akun milikmu dapat berbayar setelah kamu melengkapi dan mengikuti YouTube payment treshold. Iklan-iklan tersebut biasanya akan mulai muncul pada video yang di upload setelah monetisasi diaktifkan, dan pihak YouTube telah melakukan verifikasi lanjutan.

Baca juga:  Jangan Panik! Inilah 7 Cara Mudah dan Tepat Mengatasi WhatsApp Error

4. Menjalin Kerjasama Endorsement

Cara mendapatkan uang dari YouTube yang selanjutnya adalah kamu bisa melakukan kerjasama dengan brand ternama atau seseorang yang memiliki produk tertentu. Melalui video yang diunggah, kamu bisa melakukan soft promotion bahkan dengan mencantumkan link produk dalam kolom deskripsi.

Kamu pasti pernah melihat, banyak para Vlogger dan YouTuber yang membuat konten review tentang barang tertentu. Nah, jika diamati, saluran-saluran YouTube milik Vlogger atau YouTuber terkenal pasti terdapat beberapa iklan. Sponsorship dan advertisement di dunia YouTube memang memiliki peran yang penting untuk menghasilkan uang. Jika kamu ingin mendapatkan uang dari YouTube, maka salah satu caranya adalah mencari sponsor. 

5. Menjual Video di Website Penjualan Video

Kalau kamu adalah YouTuber pemula, maka kamu dapat menggunakan akun website penjualan video untuk mempromosikan channel milikmu. Caranya adalah dengan menyertakan bentuk teaser yang akan diarahkan pada akun YouTube milikmu untuk melihat versi lengkap dari video tersebut.

6. Melakukan Live Streaming

cara mendapatkan uang dari youtube

Jika kamu sudah memiliki penggemar dan banyak pengikut di YouTube, maka melakukan live streaming juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan kepada para penggemar. Selain itu, kamu juga bisa berkomunikasi secara langsung dengan para subscriber

Bersaing di industri digital kreatif tentu saja menuntut kamu untuk terus berpikir maju dan dinamis. Tujuan utamanya adalah agar tetap dicintai oleh para viewers. Agar tetap memiliki banyak viewers, maka kamu harus selalu memikirkan dan menyajikan konten-konten yang segar dan disukai oleh banyak penonton. Kamu bisa memanfaatkan Google Trends untuk melakukan riset keywords dan mencari konten apa yang sedang trend, serta banyak diminati oleh penonton. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mendapatkan uang dari YouTube. Semangat menjadi YouTuber