Wajib Tahu, 9+ Cara Menebalkan Rambut yang Alami dan Sehat

Memiliki rambut tebal bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Namun untuk mereka yang tidak dilahirkan dengan rambut lebat, memerlukan banyak waktu untuk mendapatkan rambut yang tebal. Jangan khawatir, meski tidak ada cara untuk mengubah tekstur folikel rambut, kamu bisa mendapat tampilan rambut tebal dan sehat dengan cara alami. Pada artikel ini, kita akan mengetahui beberapa cara menebalkan rambut yang alami untuk tampilan rambut terasa lebih tebal. seperti dirangkum dari laman Hairlust.com.

Cara Menebalkan Rambut secara Alami

1. Gunakan Shampo Bebas Sulfat

Untuk hasil rambut yang lebih tebal, hindari pemakaian shampo dengan kandungan sulfat karena dapat merusak rambut meski dapat memberikan ilusi volume dalam jangka pendek. Sulfat bersifat dapat mengiritasi kulit, mengeringkan helai rambut, dan menyebabkan peradangan karena gangguan mikrobioma kulit. Seiring waktu, efek dari sulfat dapat memicu peningkatan kerontokan dan kerusakan rambut. 

2. Jangan Keramas Berlebihan

Sumber: Freepik

Perlu kamu catat, cara menebalkan rambut secara alami adalah dengan tidak keramas secara berlebihan. Nah, salah satu kunci untuk mendorong tumbuhnya rambut panjang dan tebal adalah dengan keramas dalam jumlah tepat. Keramas berlebihan dapat mengeringkan helai rambut dan kulit kepala, sehingga membuat rambut rapuh dan mudah patah. DI sisi lain, jarang keramas membuat folikel rambut bisa tersumbat oleh sebum, kulit mati, dan residu produk rambut. 

Untuk mendorong rambut panjang dan tebal, maka usahakan untuk keramas dan pakai kondisioner dua hingga tiga kali seminggu memakai hair product yang diformulasikan khusus. Pastikan saat keramas, basahi rambut kemudian oleskan shampo secara merata sekaligus melakukan pijatan lembut pada kulit kepala. Cara menebalkan rambut ini bagus untuk menstimulasi sirkulasi darah yang lancar sehingga rambut tumbuh sehat dan kuat.

Baca juga:  7 Cara Melebatkan Rambut Bayi dengan Alami, Pernah Coba?

3. Perhatikan Suhu Air saat Keramas

Sumber: Freepik

Tips berikutnya untuk mendapatkan rambut lebat dan sehat adalah keramas dengan menggunakan air hangat. Air dengan suhu hangat akan membantu rambut mempertahankan kadar air secara alami. Sedangkan keramas dengan air panas akan membuat rambut kering, rapuh, dan mudah patah. 

4. Batasi Pemakaian Alat Styling Panas

Sumber: Freepik

Hot styling tools sangat bagus untuk menciptakan penampilan rambut yang bergaya. Namun pemakaian secara berlebihan dan tanpa pelindung panas (heat protectant), dapat sangat merusak rambut. Alat-alat hair styling dapat mengganggu lapisan pelindung luar rambut. Saat kondisi ini terjadi, rambut lebih rentan terhadap kerusakan dan ujung rambut bercabang. Itulah sebabnya, jika kamu menginginkan rambut tebal dan panjang, sebaiknya batasi pemakaian alat styling panas.

5. Sisir Rambut dengan Hati-Hati

Sumber: Freepik

Menyisir rambut dengan hati-hati adalah kunci penting untuk menebalkan rambut yang sehat. Rambut paling rapuh saat dalam kondisi basah, jadi kamu harus mengurai rambut kusut dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan. Mulailah selalu dari ujung rambut dan dengan lembut sisir ke arah akar rambut. Gunakan sisir bergigi jarang yang mampu mengurai rambut tanpa merontokkan rambut serta membantu sebum terdistribusi dari kulit kepala ke seluruh tubuh. Hasil rambut yang disisir dengan lembut, maka terhindar dari kerontokan, tetap terhidrasi, dan sehat. 

6. Lakukan Trim Secara Teratur

Sumber: Freepik

Ini mungkin terdengar berlawanan, namun memangkas rambut secara teratur sebenarnya dapat membantu rambut tumbuh lebih panjang. Rambut yang dibiarkan dan tidak dipangkas secara teratur akan mengalami ujung bercabang. Jika tidak segera dirawar, makan ujung rambut bercabang dapat merambat ke batang rambut dan mematahkan rambut. Nah, sebagai cara menebalkan rambut dan mencegah kerusakan lebih lanjut, lakukan trim atau pangkas rambut dengan halus setiap 2-3 bulan sekali. 

7. Gunakan Hair Oil Product

Sumber: Freepik

Selain keramas memakai shampo dan conditioner setelahnya, kamu bisa menambahkan produk hair oil atau campuran essential oil. Jenis minyak alami seperti avocado, olive, dan coconut dapat digunakan sebagai masker perawatan rambut untuk menebalkan rambut. Temukan formula dalam hair oil product yang bersifat melembapkan, memperkuat, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Baca juga:  5 Jenis Vitamin Rambut untuk Rambut Kering Jadi Sehat dan Berkilau

8. Perbanyak Asupan Lemak Sehat

Sumber: Freepik

Perbanyak konsumsi diet sehat yang kaya akan asam lemak yang membantu pertumbuhan rambut. Tidak hanya mencegah kerontokan dan kerusakan rambut, lemak sehat juga mendorong pertumbuhan rambut baru dan mengurangi peradangan kulit kepala. Pilihlah makanan kaya akan asam lemak sehat dan omega-3 seperti alpukat, salmon, dan telur utuh.

9. Konsumsi Makanan dengan Vitamin C

Makanan kaya vitamin C dapat membantu memperlambat penuaan pada kulit kepala. Tidak hanya dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, antioksidan ini juga dapat mendorong rambut lebih tebal. Vitamin C berperan sangat besar dalam produksi kolagen dan membantu memperkuat rambut. Sumber makanan vitamin C tidak hanya jeruk, namun juga terdapat pada kubis Brussel, brokoli, paprika merah, kangkung, kiwi, dan stroberi.  

Hal yang Harus Dihindari agar Rambut Kuat dan Sehat

1. Ketidakseimbangan Hormon atau Stress

Hormon yang tidak teratur dan stress yang tidak dikelola dengan baik dapat memengaruhi ketebalan rambut. Wanita pasca melahirkan dan menopause mengalami penurunan kadar estrogen yang menyebabkan rambut rontok. Nah, produksi hormon estrogen yang disekresikan melalui ovarium dan kelenjar adrenal, sebenarnya membantu rambut tumbuh lebat dan tebal. Namun hal ini dapat terganggu karena terbebani karena stres. Solusi mengatasi ketidakseimbangan hormon adalah dengan berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kerontokan semakin parah. Di samping itu, kelola stress dengan baik untuk menjaga rambut lebih sehat, berkilau, dan tebal.

2. Alat Styling Panas 

Heat styling dapat mengiritasi rambut kering dan rawan patah. Jika kamu merasa rambut menipis dan ingin rambut terlihat tebal, kamu bisa tetap memakai heat styling dengan mengoleskan heat protectant atau pilihlah air-drying sebagai alternatif. 

3. Kebiasaan Merokok

Dilansir dari laman Byrdie, merokok telah dikaitkan dengan kerontokan rambut karena dapat mengurangi oksigen dalam darah, sehingga membatasi sirkulasi dan aliran darah yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh sehat dan kuat. Merokok juga dapat meningkatkan stres oksidatif dan pembengkakan di sekitar folikel rambut, yang menyebabkan kerontokan rambut lebih cepat.

4. Tidur yang Kurang

Tidur itu sangat penting karena tubuh melakukan perbaikan sel dan DNA. Jika kamu kurang tidur, tubuh akan mengalami tingkat stress yang lebih tinggi dan menyebabkan rambut rontok. Lebih parah lagi, kurang tidur dapat membuat tubuh ingin makan gula dan karbohidrat lebih banyak, yang akhirnya dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Ketombe Hilang dari Kulit Kepala, No Worry!

Wujudkan impian memiliki rambut lebat yang kuat dengan mengaplikasikan cara menebalkan rambut secara alami. Kenali permasalahan dan kebutuhan rambutmu kemudian lakukan rutinitas perawatan rambut yang tepat. Ingat juga beberapa hal atau kebiasaan yang perlu dihindari agar hasil rambut tetap sehat dan kuat.