Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering, Ikuti Step Skincare Pagi & Malam

Terjadinya kulit kering menandakan bahwa wajahmu tidak dapat melindungi dirinya sendiri dari berbagai faktor lingkungan. Ciri-ciri kulit wajah kering biasanya ditandai dengan retakan kecil di lapisan luar kulit yang mengganggu kemampuannya untuk mempertahankan hidrasi. Nah, cara mengatasi kulit wajah kering dimulai dengan morning prep setiap harinya agar kulitmu semakin sehat. Kuncinya dengan mempertahankan kelembapan kulit, yuk mulai rutinkan daily skincare untuk mengatasi kulit wajah kering tidak datang lagi!

Kandungan Skincare yang Bagus untuk Kulit Kering

Kelembapan adalah kunci utama untuk mendapatkan tampilan kulit kenyal, sehat, dan terhidrasi. Salah satu produk skincare yang wajib banget kamu miliki untuk merawat kulit kering adalah krim pelembap. Nah, kandungan terbaik dalam krim pelembap untuk kulit wajah kering terdiri dari kombinasi emolien, humektan, dan oklusif. 

Emolien yang dioleskan akan menambah kelembapan pada skin barrier. Umumnya emolien terdapat pada bahan petrolatum, shea butter, dan cocoa butter. 

Kandungan oklusif juga menambah kelembapan pada kulit serta mengunci hidrasi secara optimal. Kamu bisa menemukan formula oklusif di dalam argan oil, jojoba oil, mineral oil, dan lainnya.

Sementara itu, humektan meningkatkan kelembapan pada skin barrier dengan cara menarik air lebih dalam ke kulit. Contoh dari humektan adalah hyaluronic acid dan glycerin.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering 

Step Skincare Pagi

1. Bersihkan Wajah dengan Pembersih Tanpa Busa

Untuk memulai hari, cara mengatasi kulit wajah kering pertama kali dengan memakai pembersih yang lembut dan tidak berbusa. Cari produk cleanser yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang menghidrasi. Produk cleanser yang bagus akan menghilangkan kotoran dan minyak tanpa mengelupaskan lapisan kulit luar.

Baca juga:  Loose Powder, Bedak untuk Kulit Berminyak Mudah Terkontrol

2. Oleskan Serum Vitamin C dan Hyaluronic Acid

Setelah wajah bersih, tingkatkan kelembapan kulit dengan mengoleskan serum vitamin C. Untuk kelembapan ekstra, kamu bisa melapisi dengan serum hyaluronic acid yang akan menarik air ke kulit serta mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

3. Aplikasikan Pelembap Merata ke Seluruh Wajah

Sebelum memakai sunscreen, oleskan pelembap untuk merawat kulit wajah yang kering. Cari pelembap ringan dengan formula yang dapat melembutkan kulit, menghidrasi, dan memperkuat skin barrier. Seperti yang telah disebutkan di bagian sebelumnya, pilih pelembap yang mengandung kombinasi formula emolien, oklusif, dan humektan.

cara mengatasi kulit wajah kering

4. Jangan Lewatkan Sunscreen

Semua jenis kulit harus menggunakan sunscreen, tak terkecuali kulit kering. Hal ini untuk melindungi kulit dari efek paparan sinar UV dan polusi yang menyebabkan penuaan dini. Jika kulitmu kering, carilah sunscreen yang tentunya membantu kulit mengunci kelembapan. Untuk mendapatkan coverage yang proper, pilihlah sunscreen dengan minimal SPF 30 dan reapply dua jam sekali.

Step Skincare Malam 

1. Bersihkan Sisa Makeup dan Kotoran di Wajah

Langkah pertama dalam night skincare routine adalah menghilangkan makeup dan kotoran dengan cleansing balm atau micellar water. Lakukan double cleansing dengan memakai produk cleanser yang lembut dan menghidrasi. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk bersih. 

2. Oleskan Serum yang Menghidrasi

Setelah kulit wajah dibersihkan, oleskan serum yang menghidrasi untuk mengunci kelembapan. Jika kulitmu sangat kering, hindari produk turunan vitamin A seperti retinol. Lebih baik gunakan serum hyaluronic acid baru kemudian oleskan pelembap yang menghidrasi.

Baca juga:  Ciri Jerawat Begadang di Wajah, Segera Atasi dengan 7 Cara Ini!
cara mengatasi kulit wajah kering

3. Aplikasikan Pelembap Kulit Wajah

Tidak boleh terlewatkan, pelembap adalah cara mengatasi kulit wajah kering dalam rutinitas night skincare. Pada malam hari, kulit memasuki fase istirahat dan recovery. Nah, pelembap dengan tekstur krim lebih cocok untuk kulit kering daripada pelembap lotion. 

Krim pelembap dengan tekstur yang lebih kental cenderung mengandung lebih banyak oklusif yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi kulit wajah kering. Untuk ketahanannya, krim pelembap lebih lama menempel di kulit dibandingkan lotion. 

4. Gunakan Face Oil (Opsional)

Jika kulit kering tidak disertai dengan jerawat, kamu bisa menggunakan produk face oil sebagai step terakhir dalam skincare malam. Produk face oil bagus untuk memastikan moisturizer tetap meresap ke seluruh area kulit serta mempertahankan kadar air di dalam kulit. 

Hal yang Harus Dihindari Agar Kulit Tidak Makin Kering

cara mengatasi kulit wajah kering

Hindari Mandi atau Membilas Wajah dengan Air Panas

Mandi dengan air panas berpotensi merusak kulit kering karena dapat menghilangkan minyak alami kulit. Sebagai gantinya, mandi atau bilas wajah dengan air hangat kemudian oleskan produk pelembap saat kulit masih lembap. 

Hati-hati Penggunaan Retinol

Saat kulitmu dalam kondisi kering, penggunaan retinol harus benar-benar diperhatikan. Gunakan produk retinol 1-2 kali seminggu hanya di malam hari agar kulit punya lebih banyak waktu untuk beradaptasi. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari retinol tanpa mengiritasi kulit, aplikasikan pada kulit yang benar-benar sudah bersih dan kering. Setidaknya kamu tunggu 20 menit setelah mencuci muka untuk memakai retinol. Pastikan kamu juga tidak melewatkan produk pelembap di pagi hari dan malam hari. 

Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Cara mengatasi kulit wajah kering berikutnya adalah dengan menghindari produk skincare yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol bersifat keras dan dapat mengeringkan kulit. Selain alkohol, hindari pemakaian pelembap yang mengandung astringent seperti witch hazel karena juga bisa mengeringkan kulit.

Baca juga: Wajah Gatal dan Kering? Ini Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Perawatan kulit wajah setiap hari menjadi investasi terbaik untuk menjaganya tetap sehat, lembap, dan jauh dari masalah kulit. Untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal setiap harinya, Kamu dapat menerapkan cara mengatasi kulit wajah kering di atas, ya!