8 Cara Mengatasi Mata Bengkak Paling Ampuh, Sudah Coba Lakukan?

cara mengatasi mata bengkakSumber: Freepik

Sebagian orang beranggapan bahwa dengan istirahat yang cukup dan makan makanan sehat akan menghilangkan bengkak di bawah mata. Namun sayangnya kantung di bawah mata ini masih tetap terlihat. Perubahan di area bawah mata, seperti gelap, bengkak, dan garis-garis halus, memang tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia. Untuk menerapkan cara mengatasi mata bengkak paling ampuh, kamu perlu mengetahui apa penyebab bengkak di bawah mata.

Kita mengerti bahwa mata adalah area kulit yang rentan terhadap berbagai perubahan yang mempengaruhi tampilannya. Faktor genetika, retensi cairan, paparan sinar matahari, alergi, kurang tidur, dan pola makan yang buruk kesemuanya dapat berdampak buruk pada penampilan area sekitar mata. Apa cara terbaik untuk mengatasi mata bengkak secara efektif? Yuk simak ulasan berikut hanya untuk kamu!

Cara Mengatasi Mata Bengkak Cepat Hilang

1. Tempelkan Sendok Dingin pada Bawah Mata

Menempelkan sendok dingin ke area bawah mata menjadi cara sederhana yang bisa kamu terapkan di rumah. Simpan dua sendok teh di freezer atau lemari pendingin, dan pada pagi harinya, tempelkan sendok dingin ini ke area mata yang bengkak selama beberapa menit. Cara mengatasi mata bengkak dengan peralatan makan ini akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di area tersebut.

2. Oleskan Depuffing Eye Gel yang Mengandung Kafein

Kafein ternyata menjadi kandungan alami yang bagus dalam produk perawatan kulit. Produk eye ge; dengan bahan aktif seperti kafein, licorice, dan antioksidan lainnya sangat membantu mengurangi tampilan kantung mata bengkak dan gelap. Simpan produk depuffing eye gel di dalam pendingin, lalu oleskan pada malam hari atau di pagi hari.

Baca juga:  Kapan Mulai Perawatan Anti Aging? Ini 7 Bahan Aktif Andalannya

3. Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi

Sumber: Freepik

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan, termasuk untuk membantu mencegah mata bengkak. Saat kamu mengalami dehidrasi, tubuh akan mencoba untuk menahan semua cairan yang ada, sehingga menyebabkan bengkak di bawah mata. 

4. Coba Aplikasikan Gentle Eye Roller 

Area bawah mata memiliki sistem drainase alami (sistem limfatik) untuk memuat kelebihan cairan. Ada beberapa cara untuk menyeimbangkan sistem limfatik, salah satunya dengan eye roller. Alat ini membantu memijat dengan lembut dan mendinginkan area sekitar mata, jika digunakan secara teratur. Hanya saja jangan terlalu banyak menekan dengan kasar karena bisa menyebabkan peradangan, perubahan warna, dan kerutan.

5. Gunakan Moisturizing Eye Cream secara Konsisten

Sumber: Freepik

Saat akan membeli produk eye treatment, carilah moisturizing eye cream dengan bahan-bahan alami seperti green tea, kafein, niacinamide, peptide, dan antioksidan lainnya. Produk eye cream ini dapat membantu mengurangi peradangan dan menyempitkan pembuluh darah untuk mengatasi mata bengkak. Kamu juga bisa memilih eye cream alami dengan gel lidah buaya yang memiliki sifat anti inflamasi. 

Kamu perlu mencermati, ada banyak eye cream yang menjanjikan pengurangan kerutan dan bengkak dengan retinol. Meski retinol bagus untuk anti penuaan, namun bahan aktif ini berpotensi membuat iritasi di area mata karena kulit di sekitar mata sangat sensitif. 

6. Coba Teknik Double Tap atau Pijat Wajah Lembut

Cara mengatasi mata bengkak berikutnya, cobalah tap-tap ringan area mata dan pijat dengan lembut menggunakan jari manis. Kamu bisa memulai teknik double tap mulai dari leher, naik ke wajah, lalu gerakan memijat ke luar dari tengah wajah ke telinga. Saat mencapai area bawah mata, pastikan ujung jari memijat dengan sentuhan lembut.

Baca juga:  Perhatikan 10 Ciri Ciri Skincare Tidak Cocok untuk Kulitmu, Segera Stop!

Cara kita mengoleskan eye moisturizer dapat mempengaruhi kondisi area bawah mata. Agar produk eye care meresap sempurna dan tidak memicu bengkak, Alternatif lainnya, kamu bisa gunakan face oil saat memijat wajah dan area bawah mata untuk menghindai tarikan pada kulit.

7. Tingkatkan Kualitas Tidur

Sumber: Freepik

Ahli kesehatan merekomendasikan waktu tidur untuk orang dewasa adalah 7 hingga 8 jam setiap malam untuk membantu mengontrol mata bengkak. Tinggalkan kebiasaan begadang karena hanya akan memperburuk kualitas tidur dan berdampak negatif untuk kesehatan. Tidur dengan posisi bantal lebih tinggi juga memberikan hasil yang luar biasa untuk mengatasi kantung mata. 

8. Treatment di Klinik Kecantikan Bersertifikat

Jika opsi perawatan mata yang bisa dilakukan di rumah tidak cukup berhasil, pertimbangkan treatment profesional dengan dokter kulit bersertifikat. Jenis perawatan terbaik untuk kantung mata bawah biasanya adalah radiofrequency microneedling. Secara umum, prosedur ini dimulai dengan memanaskan jaringan kulit, mengurangi lemak, dan mengencangkan kulit. Saat mengambil tindakan ini, pastikan dokter kulit bersertifikat yang melaksanakannya.

Baca juga: Cobalah 7 Cara Mengatasi Breakout pada Wajah Ini, Tepat dan Konsisten!

Ahli kecantikan pada umumnya sepakat bahwa tidak ada cara mudah untuk mengatasi mata bengkak. Akan tetapi, dengan menerapkan 8 cara mengatasi mata bengkak di atas dapat membantu kamu mengontrol kantung mata dan masalah lainnya. Untuk hasil tampilan mata sehat, awet muda, dan segar, pastikan kamu selalu mengikuti rekomendasi dari dokter kulit masing-masing, ya!

Tags: , , , , , , , , ,

Berita Terbaru