Ingin Mengatasi Perut Kembung dan Mual, Coba 8 Cara Ini!

Perut menjadi kembung jika ada sejumlah gas yang menumpuk di dalam saluran pencernaan, seperti usus dan lambung. Kondisi ini biasanya dapat disebabkan oleh masuknya udara dari luar atau meningkatnya produksi gas di dalam usus. Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung dan mual secara mandiri di rumah?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi perut kembung dan mual, mari cari tahu dulu kira-kira apa penyebab dan gejala perut kembung dan mual.

Gejala dan Penyebab Perut Kembung dan Mual

Pada dasarnya, perut kembung merupakan salah satu bentuk gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, yaitu perut akan terasa penuh, kencang, serta bergas. Tidak hanya itu saja, perut seseorang yang mengalami kembung akan terlihat sedikit lebih besar dibandingkan orang normal. Di samping itu, ada beberapa gejala lainnya yang juga biasa dirasakan ketika seseorang mengalami perut kembung, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Perut terasa penuh, sesak, atau pembengkakan pada bagian perut.
  • Ada rasa nyeri dan penuh gas pada perut.
  • Ada rasa sakit yang muncul, dan bisa menyebabkan kram perut.
  • Frekuensi bersendawa menjadi lebih sering.
  • Terasa mual dan ingin muntah.
  • Sering buang angin, bahkan intensitasnya sampai berlebihan.

Penyebab terjadinya perut kembung sebenarnya ada banyak hal, antara lain adalah terlalu banyak menelan udara, sembelit, makan terlalu cepat, pertumbuhan bakteri yang terlalu cepat di dalam usus kecil, hingga kondisi medis tertentu seperti giardiasis (parasit usus).

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual

cara mengatasi perut kembung dan mual
Sumber: Freepik

Kalau sudah tahu penyebab dan gejala perut kembung dan mual, kini saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Di samping menggunakan obat medis untuk mengatasi perut kembung dan mual, ada berbagai cara dan perawatan rumahan yang bisa membantu meredakan keluhan ini.

1. Kompres Perut Menggunakan Air Hangat

Jika kamu sedang punya banyak waktu luang di rumah, maka tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini untuk mengatasi perut kembung. Cukup siapkan waslap atau kain bersih, baskom, dan juga air hangat. Lalu, rendam waslap atau kain bersih dalam satu baskom air hangat, kemudian peras kelebihan airnya.

Baca juga:  8 Manfaat dan Ciri-Ciri Orang dengan Positive Vibes

Setelah itu, tempelkan kompres hangat tersebut selama kurang lebih 15 menit di atas perut untuk meredakan rasa nyeri dan kram. Suhu hangat akan membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga darah yang membawa oksigen akan mengalir lebih lancar. Otot-otot perut juga akan menjadi lebih kendur dan rileks, sehingga dapat mengurangi sakit perut, kembung, serta mengeluarkan kelebihan gas.

2. Cobalah Lebih Banyak Bergerak

Saat perut terasa begah karena kembung, sebaiknya jangan hanya duduk diam dan membiarkan kondisi ini menjadi berlarut-larut. Coba lekas bangkit dari duduk, kemudian cobalah berjalan kaki sebentar kira-kira 15 menit saja.

Olahraga ringan ternyata dapat membantu mengendurkan otot usus dan memperlancar pengeluaran gas. Kiat untuk mengatasi perut kembung yang satu ini juga bisa melancarkan pembuangan feses. Dengan begitu, gas yang menyebabkan perut kembung akan ikut keluar saat buang air besar.

3. Berikan Pijatan pada Perut

Jika perut kamu mulai terasa kembung dan begah, cobalah untuk mengatasi kondisi ini dengan cara memijat perut. Pijatan pada perut akan membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan sekaligus juga dapat menghilangkan gas di dalam perut. Selain itu, pijatan pada perut juga diyakini bisa meredakan ketidaknyamanan karena perut kembung.

Akan tetapi, jika kondisi kamu tidak kunjung membaik atau pijatan malah memperparah kembung, maka sebaiknya hentikan pijatan dan pilih perawatan lainnya.

4. Makan dengan Perlahan

Sangat dianjurkan untuk makan secara perlahan jika tidak ingin keluhan perut kembung semakin bertambah parah. Pasalnya, kebiasaan makan yang terlalu cepat dapat memicu masuknya banyak udara ke dalam saluran pencernaan. Kondisi inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan perut terasa kembung, penuh, dan begah.

Untuk mengatasi perut yang kembung dan begah, usahakan untuk selalu mengunyah makanan secara perlahan hingga makanan menjadi halus. Kamu pun bisa membiasakan diri dengan mengunyah sekitar 30 hitungan. Pastikan mulut tertutup selama mengunyah dan kamu tidak makan sambil berbicara, ya! Kedua hal ini juga akan mencegah masuknya lebih banyak udara ke dalam lambung, lho.

5. Hindari Minuman Bersoda

Bir, soda, dan minuman berkarbonasi juga dapat memperparah penumpukan gas di dalam lambung dan usus. Hal ini disebabkan karena bir, soda, dan minuman berkarbonasi mengandung gas karbon dioksida di dalamnya, di mana karbon dioksida dapat menimbulkan gelembung dalam saluran pencernaan sehingga menyebabkan perut kembung. Selain itu, kandungan pemanis buatan di dalam beragam minuman tersebut juga dapat membuat perut semakin terasa tidak nyaman.

Baca juga:  Siapa Bilang Olahraga di Rumah itu Susah? Lakukan Tips dan Trik Ini!

6. Hentikan Kebiasaan Merokok

Alih-alih meringankan kondisi perut yang kembung dan mual, kebiasaan merokok juga dapat memperparah keluhan tersebut. Hal ini karena saat kamu mengisap rokok udara dan asap rokok juga akan masuk ke dalam tubuh sehingga menambah gas. Jika jumlah udara dan asap banyak yang masuk, maka gas yang menumpuk di dalam saluran pencernaan juga semakin banyak. Sehingga lambat laun, kebiasaan ini juga membuka peluang timbulnya iritasi pada pencernaan.

7. Konsumsi Teh Herbal

Kamu juga dapat mengatasi keluhan perut kembung dan mual dengan mengonsumsi sejumlah bahan herbal. Sebagai contoh, bahan herbal yang dapat membantu mengurangi kembung antara lain peppermint, chamomile, ketumbar, adas manis, dan juga kunyit. Peppermint dan chamomile biasanya tersedia dalam bentuk teh herbal, sementara rempah-rempah seperti ketumbar, adas manis, serta kunyit dapat diolah menjadi bumbu dalam hidangan.

8. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Sebagian orang sudah terbiasa menggunakan minyak kayu putih, terutama untuk mengatasi keluhan pencernaan. Minyak kayu putih sangat bermanfaat untuk membantu meringankan sakit perut, kembung, dan juga mual. Kamu bisa mengoleskan minyak kayu putih secukupnya pada area perut kembung dan leher. Biasanya, beberapa saat kemudian rasa sakit dan mual akan mulai mereda, serta gas dalam perut pun akan keluar.

Tapi sebaiknya kamu tidak mengoleskannya terlalu banyak atau berlebihan, karena bisa menyebabkan rasa terbakar pada kulit.

Apa Saja Makanan yang Perlu Dihindari?

cara mengatasi perut kembung dan mual
Sumber: Freepik

Bagi kamu yang mudah mengalami perut kembung, disarankan untuk menghindari makanan dan minuman dari kelompok FODMAP. FODMAP (fermentable oligo-, di-, mono-saccharides, and polyols) adalah karbohidrat yang tidak dicerna, namun difermentasikan oleh bakteri usus sehingga menghasilkan gas. Maka dari itu, orang-orang dengan perut yang mudah kembung sangat disarankan untuk menghindari makanan dan minuman mengandung FODMAP.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi bahan makanan untuk mengatasi perut begah seperti bayam, mentimun, selada, susu kedelai, susu beras, pepaya, semangka, dan smoothie dari buah-buahan.

Jangan Lupa Kenali Masalah Kesehatan yang Ada

Dalam kasus-kasus tertentu, perut kembung dan mual juga bisa disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan ataupun kondisi medis lainnya. Hal ini biasanya terjadi pada kondisi perut kembung yang telah berlangsung dalam waktu yang lama dan tidak kunjung membaik.

Konsultasikan kepada dokter jika kamu sering mengalami perut kembung, terutama disertai dengan gejala gangguan pencernaan lainnya. Dokter akan menyarankan tes lebih lanjut untuk mengetahui penyebab perut kembung dan mual, serta cara untuk mengatasinya.