Ini 7 Cara Mengatasi Perut Melilit yang Ampuh!

Hampir semua orang pernah merasakan sakit perut. Salah satu bentuk sakit perut yang sering dikeluhkan adalah perut melilit. Perut melilit merupakan salah satu keluhan pada sistem pencernaan yang cukup umum terjadi. Kondisi ini paling sering terjadi akibat peradangan hingga intoleransi laktosa. Cara mengatasi perut melilit pun berbeda-beda sesuai kondisinya.

Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya, kondisi perut melilit ini sebaiknya perlu kamu waspadai. Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan perut terasa seperti melilit antara lain infeksi, keracunan makanan, hingga gangguan pencernaan. Untuk mengetahui 7 cara mengatasi perut melilit yang ampuh, simak penjelasan di bawah ini!

cara mengatasi perut melilit
Sumber: iStockPhoto

5 Penyebab Sakit Perut Melilit

Berikut ini adalah 5 kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut melilit:

1. Sembelit

Penyebab sakit perut melilit yang paling umum adalah sembelit. Kondisi ini terjadi ketika tinja bergerak terlalu lambat atau sulit dikeluarkan, sehingga menimbulkan gejala sakit perut melilit. Selain sakit perut melilit, sembelit juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti buang air besar kurang dari 3 kali seminggu dan tinja yang terasa keras. Guna mencegah sembelit, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur, tidak menunda atau terburu-buru saat BAB, berolahraga secara rutin, serta memenuhi asupan cairan tubuh.

2. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan juga bisa menjadi penyebab sakit perut melilit. Kondisi ini umumnya terjadi karena kebiasaan makan berlebihan dan terlalu cepat, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga terlalu banyak konsumsi minuman berkafein atau beralkohol. Agar terhindar dari gangguan pencernaan, sebaiknya makan dalam porsi kecil dan secara perlahan serta batasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein.

3. Iritasi Usus

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab iritasi usus. Namun, ada beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko terjadinya iritasi usus, misalnya kontraksi usus, kelainan saraf pada sistem pencernaan, hingga stres. Iritasi usus tak hanya membuat penderitanya merasakan perut melilit berkepanjangan, tetapi juga bisa menimbulkan gejala perut kembung dan sembelit.

4. Keracunan Makanan

Penyebab sakit perut melilit selanjutnya adalah keracunan makanan. Kondisi ini dapat terjadi akibat konsumsi makanan yang terkontaminasi, kedaluwarsa, atau beracun. Selain perut yang melilit, orang yang mengalami keracunan makanan juga bisa mengalami gejala berupa diare, mual, dan muntah.

5. Sindrom Pra-Mentsruasi (PMS)

cara mengatasi perut melilit
Sumber: iStockPhoto

Sindrom prahaid atau premenstrual syndrome umumnya terjadi seminggu sebelum hari pertama menstruasi. Pada sebagian wanita, PMS bisa menimbulkan beberapa gejala, salah satunya perut yang terasa meililit. Gejala lain yang mungkin timbul saat PMS adalah nyeri pada payudara, diare, mood swing, dan jerawat.

Baca juga:  Aligner Gigi: Fungsi, Cara Kerja, dan Perbedaannya dengan Behel

Selain beberapa penyebab di atas, ada beberpa faktor lain yang bisa menjadi penyebab sakit perut melilit, yaitu otot perut tegang, alergi makanan, dan infeksi saluran kemih.

7 Cara Mengatasi Perut Melilit

Ada 7 cara yang bisa dicoba gunakan untuk meredakan perut melilit:

1. Jahe

Menurut penelitian, jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang memiliki potensi untuk mengatasi sakit perut, termasuk perut melilit. Hal ini karena jahe memiliki sifat anti inflamasi sehingga mampu meredakan peradangan di saluran cerna. Untuk mengatasi sakit perut melilit, kamu bisa menyeduh irisan jahe ke dalam secangkir teh hangat.

2. Teh Kamomil (Chamomile)

Teh kamomil telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, terutama perut melilit. Manfaat teh ini diduga berasal dari senyawa aktif bersifat anti inflamasi di dalamnya yang dapat menenangkan perut dan merelaksasi otot pencernaan. Untuk meredakan perut melilit, kamu bisa mengonsumsi teh kamomil yang kini sudah banyak dikemas dalam bentuk teh seduh dengan secangkir air panas.

3. Daun Mint

Bahan alami lainnya yang juga diklaim dapat meredakan sakit perut adalah daun mint. Hal ini karena kandungan mentol pada daun ini berperan sebagai anti nyeri alami yang bisa mengurangi rasa perih di perut dan mengurangi mual. Ada beberapa cara memanfaatkan daun mint untuk meredakan sakit perut melilit, mulai dari menyeduhnya dengan teh hangat, merebus daun mint, hingga mengunyah daun mint secara langsung.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat meredakan perut melilit. Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat mengurangi kelebihan serat atau pati di saluran cerna dan membantu pengeluarannya dari usus. Dalam penggunaannya, kamu cukup minum satu sendok cuka sari apel saat mengalami perut melilit. Jika tidak menyukai rasa asam yang terlalu kuat, campurlah satu sendok cuka sari apel dengan segelas air putih dan satu sendok madu, lalu minum secara perlahan. Cara ini tidak dianjurkan bagi penderita perut sembelit karena berisiko memicu peradangan di usus atau masalah pada lambung, seperti penyakit asam lambung.

5. Diet BRAT (Banana, Rice, Applesauce, Toast)

cara mengatasi perut melilit
Sumber: iStockPhoto

Diet BRAT merupakan istilah untuk mengonsumsi pisang, nasi, bubur apel, dan roti gandum. Menurut penelitian, 4 jenis makanan tersebut diketahui dapat meredakan sakit perut, mual, dan diare. Makanan di atas juga mengandung sedikit serat dan mampu mengikat sisa makanan di saluran cerna, sehingga feses mudah terbentuk dan dikeluarkan dari saluran pencernaan.

6. Larutan Jeruk Nipis dan Baking Soda

Beberapa penelitian menunjukkan larutan jeruk nipis atau lemon, dan sedikit baking soda dapat mengurangi sakit perut melilit dan mulas, termasuk gangguan pencernaan karena sakit lambung. Hanya saja, campuran ini mungkin memiliki rasa yang kurang enak, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak.

7. Kayu Manis

Kayu manis juga menjadi salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai cara alami mengatasi sakit perut. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan antioksidan di dalam kayu manis yang mampu meredakan iritasi dan kerusakan pada saluran pencernaan, menetralkan asam lambung, serta mengurangi penumpukan gas dalam perut. Selain itu, kayu manis juga diketahui memiliki kandungan aktif yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Perlu diingat, kayu manis tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada mulut dan bibir. Adapun anjuran mengonsumsi kayu manis adalah sebanyak ½–1 sendok teh per hari dengan cara dimasukkan ke dalam makanan atau minuman.

Baca juga:  Hamil Muda? Ini Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Biasa Terjadi

Tips Pencernaan Lancar

GridHEALTH.id – Apakah Anda pernah mengalami perut sakit yang melilit dengan rasa seolah-olah diremas? Jika iya, Anda tidak sendirian.

Perut sakit melilit seperti diremas adalah gejala yang umum dialami oleh banyak orang di berbagai usia.

Gejala ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah pencernaan hingga kondisi medis yang lebih serius.

Namun, tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini, kami akan membahas tips dan pengobatan yang dapat membantu Anda mengatasi perut sakit melilit dengan efektif.

Tips Mengatasi Perut Sakit Melilit

1. Istirahat dan Relaksasi

Ketika perut sakit dan melilit, sangat penting untuk memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh. Cobalah untuk berbaring dengan posisi yang nyaman dan baringkan tangan di atas perut. Selain itu, melakukan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam-dalam dan meditasi dapat membantu meredakan ketegangan yang terjadi dalam tubuh.

2. Minum Air Hangat

Air hangat dapat membantu meredakan perut yang sakit dan melilit. Minumlah segelas air hangat perlahan-lahan untuk membantu melonggarkan otot-otot perut dan mengurangi rasa kram. Kamu juga dapat menambahkan sedikit perasan lemon ke dalam air hangat untuk membantu memperbaiki sistem pencernaan.

3. Hindari Makanan Berlemak dan Pedas

cara mengatasi perut melilit
Sumber: iStockPhoto

Beberapa jenis makanan, terutama yang berlemak dan pedas, dapat memicu perut sakit dan melilit. Hindarilah makanan seperti makanan cepat saji, gorengan, makanan berminyak, makanan pedas, serta minuman berkafein dan berkarbonasi. Pilihlah makanan yang lebih sehat dan mudah dicerna seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan tinggi serat.

4. Konsumsi Makanan Kecil dan Sering

Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan sering dapat membantu mencegah terjadinya perut kembung dan rasa sakit melilit. Cobalah untuk makan dalam porsi kecil setiap 3-4 jam agar proses pencernaan tetap lancar dan tidak memberikan beban berlebih pada perut.

5. Hindari Stres

Stres dapat menjadi pemicu perut sakit melilit. Cobalah untuk mengelola stres dengan melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga, meditasi, atau olahraga ringan. Menghabiskan waktu dengan melakukan hobi yang Anda nikmati juga dapat membantu meredakan stres.

6. Minum Teh Jahe atau Herbal

Teh jahe telah lama digunakan sebagai obat alami untuk masalah pencernaan, termasuk perut sakit melilit. Jahe memiliki sifat anti inflamasi dan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kram pada perut. Kamu juga dapat mencoba teh herbal seperti peppermint, chamomile, atau kunyit untuk meredakan gejala perut sakit.

7. Kompres Hangat

Kompres hangat dapat membantu meredakan perut sakit dan melilit. Tempatkan handuk yang dibasahi dengan air hangat di perut Anda selama 10-15 menit. Panas dari kompres hangat akan membantu mengurangi kekakuan dan rasa sakit pada otot-otot perut.

Nah, itulah beberapa hal yang berhubungan dengan sakit perut melilit. Penting juga untuk diingat bahwa setiap individu memiliki kondisi tubuh yang unik, sehingga cara mengatasi perut melilit yang efektif dapat bervariasi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga medis jika gejala perut sakit melilit tidak kunjung membaik atau semakin parah.