Ketahui Cara Mengatasi Susah BAB Secara Alami dan Aman

Bagi sebagian orang, susah buang air besar (BAB) mungkin bukan masalah yang besar. Namun, hal ini akan mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas, bukan? Itulah mengapa banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengatasi susah BAB. Kira-kira, sudah berapa lama kamu kesulitan BAB?

Secara umum, yang menjadi faktor susah BAB adalah disebabkan dari pola makan yang buruk, kehamilan, menunda buang air besar, pengaruh obat-obatan, hingga kondisi kesehatan tertentu. Sebenarnya, frekuensi BAB setiap orang bisa berbeda-beda. Tidak ada patokan baku mengenai berapa kali normalnya buang air besar dalam satu hari atau satu minggu. Namun, kondisi susah BAB yang parah memang bisa membuat tidak nyaman. Maka dari itu, berikut ini beberapa cara mengatasi susah BAB yang perlu disimak.

Mengatasi Susah BAB secara Alami

cara mengatasi susah bab

Cara mengatasi susah BAB dengan menggunakan obat yang dijual di apotek memang tidak salah. Tetapi hal itu mungkin bisa menimbulkan efek samping bagi sebagian orang. Maka untuk menghindari hal itu, cara melancarkan BAB yang bisa kamu coba adalah menggunakan cara dan bahan yang alami.

  • Pertama, cara mengatasi susah BAB bisa disebabkan karena tinja tidak mengandung cukup air ketika masuk ke usus besar. Sehingga minum air putih atau air mineral yang cukup bisa menghindarkan kamu dari kondisi ini.
  • Selanjutnya, cara agar BAB lancar setiap hari adalah minum kopi panas atau teh. Panas dalam kopi dan teh bisa merangsang gerakan, salah satunya adalah pergerakan usus.
  • Salah satu bahan yang tidak sulit didapatkan untuk memperlancar BAB adalah ubi. Serat ubi termasuk jenis yang tidak larut dalam air sehingga berfungsi untuk menambah bobot tinja. Dengan begitu, akan lebih mudah keluar dari usus.
  • Cobalah untuk berolahraga setiap hari, karena akan berpengaruh pada gerakan otot di dalam usus. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15-30 menit setiap hari, bisa membantu memperbaiki pencernaan sehingga susah BAB dapat teratasi.
  • Memijat perineum dengan telunjuk juga dapat membantu kamu mengatasi susah BAB. Perineum adalah bagian tubuh berupa hamparan kulit yang memisahkan antara vagina dengan anus.
  • Cara mengatasi susah BAB dengan buah apel sepertinya cukup disukai banyak orang, sehingga kamu juga bisa mencobanya. Buah apel mengandung pektin yang membantu menarik air ke usus besar untuk melunakkan tinja serta meningkatkan pergerakan usus.
  • Minyak zaitun juga dapat membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Cara membuat ramuannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampur satu sendok makan extra virgin oil pada segelas susu atau air jeruk.
  • Konsumsi dua buah kiwi per hari selama empat minggu juga dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Kamu tidak perlu repot saat mengonsumsi buah kiwi ini, karena kamu dapat langsung mengonsumsinya setelah dikupas.
Baca juga:  Panic Attack Itu Apa? Ketahui Gejala dan Cara Mengatasinya!

Dampak Buruk Terlambat Atasi Susah BAB 

cara mengatasi susah bab

Mengalami susah BAB merupakan hal yang umum terjadi. Namun susah BAB dan gejala lainnya seperti tinja keras atau sulit keluar yang berlangsung terus menerus sebaiknya jangan dianggap sepele. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman di perut, kesulitan BAB atau yang dikenal sembelit ini juga bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya. Berikut ini adalah 7 dampak buruk kalau kamu menunda dan terlambat mengobati susah BAB:  

  1. Perut kembung. Badan akan terasa berat karena kotoran makanan yang seharusnya dikeluarkan, malah menumpuk di usus dan perut.
  2. Wasir atau ambeien. Wasir ini dapat muncul di dalam rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus) atau di sekitar anus (dubur). Penyebabnya adalah karena sering dan kelamaan mengejan saat BAB. Jika kamu menemukan BAB berdarah, maka segera periksa ke dokter.
  3. Penyakit hernia atau dikenal dengan istilah turun berok. Sisa makanan yang tidak terserap dan lama tidak berada dalam perut akan membebani organ-organ tubuh. Jika tiba-tiba ada benjolan di bawah perut yang hilang timbul maupun mengeras terus menerus, maka kamu perlu periksa ke dokter.
  4. Masalah susah BAB juga dapat berdampak pada rahim. Posisi rahim dapat turun karena tekanan kotoran yang tidak bisa keluar, dan karena mengejan yang terlalu keras.
  5. Para peneliti dari Amerika Serikat meneliti catatan kesehatan lebih dari 3,5 juta veteran AS dan melihat kelancaran BAB. Didapatkan hasil ternyata orang yang mengalami susah BAB kronis berisiko lebih tinggi mengidap penyakit ginjal dan gagal ginjal.
  6. Kesulitan dan lama tidak BAB juga dapat berdampak pada kesehatan usus. Kotoran yang terlalu lama mengendap di dalam usus bisa menyebabkan penyakit radang usus. 
  7. Susah BAB juga bisa memicu kecenderungan untuk mengejan saat BAB. Pada orang dengan riwayat sakit jantung, maka mengejan bisa memicu dampak sangat fatal dan berbahaya bagi kesehatan jantungnya.
Baca juga:  Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan, Penikmat Kopi Wajib Paham!

Jangan Tunda Atasi Susah BAB

Setelah mengetahui dampak buruk kalau kamu terlambat mengobati susah buang air besar, tentu saja kamu harus segera melakukan cara mengatasi susah BAB. Supaya sembelit tidak berkepanjangan dan semakin parah, maka sebaiknya kamu memperbaiki pola makan dan gaya hidup. Jangan ditunda lagi, ya