8 Cara Mengatasi Tangan Pegal Akibat Mengetik

Saat beraktivitas, tentunya hampir semua anggota tubuh bergerak mengikuti irama aktivitas yang kamu lakukan. Terutama jika kamu menggunakan komputer atau laptop untuk mengetik. Saat sedang asyik membuat proposal, menulis artikel, atau membalas surel, rasa pegal yang dirasa dibiarkan begitu saja. Lalu, bagaimana cara mengatasi tangan pegal akibat mengetik terlalu lama?

Tentunya hal tersebut tidak baik bagi kesehatanmu. Pergelangan tangan dan lengan yang sakit karena mengetik dalam waktu lama akan mengganggu aktivitas harianmu. Bila terus didiamkan saja, dikhawatirkan akan merugikan kesehatan. Yuk, cari tahu cara mengatasi pegal dan nyeri pada tangan di sini!

cara mengatasi tangan pegal
Sumber: iStockPhoto

5 Penyebab Tangan Pegal

Tangan pegal dikarenakan beberapa hal, seperti kesemutan, mati rasa, hingga munculnya warna kemerahan di pergelangan tangan dan demam. Adapun kondisi yang menyebabkan tangan pegal adalah sebagai berikut:

  1. Adanya masalah terkait persendian atau kesejajaran kerangka tulang bisa meningkatkan risiko timbulnya rasa sakit ketika melakukan aktivitas mengetik terus menerus.
  2. Masalah-masalah kesehatan yang umum dialami misalnya cedera, osteoarthritis, dan perubahan pada tulang belakang yang berkaitan dengan proses penuaan.
  3. Posisi yang kurang ergonomis (nyaman) pada saat mengetik dapat mengakibatkan rasa pegal pada tangan.
  4. Kondisi seperti carpal tunnel syndrome, atau radang sendi yang kemudian jadi lebih parah karena sendinya sering digunakan saat mengetik.
  5. Terlalu lama mengetik.
Baca juga:  Rahim Terbalik, Apakah Masih Bisa Hamil? Kenali Gejalanya!

8 Cara Mengatasi Tangan Pegal

cara mengatasi tangan pegal dengan pemanasan atau streching
Sumber: iStockPhoto

Setelah mengetahui apa saja gejala dan penyebab tangan pegal, kamu perlu mengetahui cara mengatasi tangan pegal. Adapun 8 caranya sebagai berikut.

  1. Mengatur posisi laptop atau monitor, mouse, dan keyboard, serta ketinggian kursi saat mengetik agar tetap nyaman. Carilah posisi yang benar-benar sesuai dengan tubuhmu sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat mengetik.
  2. Pastikan pergelangan tangan dan lengan lurus sejajar dan tidak menekuk saat kamu mengetik.
  3. Duduklah dengan tegak namun tetap nyaman (tidak dipaksakan). Jangan membungkuk atau terlalu condong ke depan.
  4. Istirahat setiap jam. Berhenti sejenak dan gerakkan tubuh dengan gerakan stretching ringan agar badan dan tangan tidak kaku. Jangan paksakan tangan mengetik terus bila merasa lelah.
  5. Bisa dikatakan, menempelkan es batu adalah cara paling umum untuk meredakan pembengkakan pada cedera tubuh. Hal ini juga berlaku untuk pegal pada tangan.
  6. Jika kamu memeriksakan ke dokter, pastinya akan diberikan obat-obatan. Jenis obat dari dokter lebih ke pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol. Pastikan minum obat sesuai dengan resepnya, ya!
  7. Untuk mengurangi sakit pada pergelangan tangan, gunakanlah belat. Alat ini biasanya dijual bebas dengan berbagai ukuran dan bahan yang berbeda-beda. Silahkan kamu cari sesuai dengan kebutuhan.
  8. Hal terburuk jika pegal pada tangan tidak sembuh setelah diberikan pengobatan alami ataupun obat-obatan adalah melakukan operasi. Biasanya, operasi benar-benar dilakukan jika rasa sakit disebabkan oleh ligamen robek, atau terdapat tulang yang retak.
Baca juga:  11 Manfaat dan 5 Efek Samping Kombucha untuk Tubuh

Gerakan Pemanasan untuk Mengurangi Tangan Pegal

cara mengatasi tangan pegal
Sumber: iStockPhoto

Salah satu cara untuk mengatasi tangan yang pegal adalah melakukan pemanasan atau streching. Melakukan peregangan di sela-sela mengetik perlu dilakukan. Itu dilakukan untuk membuat otot lebih rileks. Rasa pegal pun bisa dihindari.

Lakukan peregangan singkat seperti berdiri sambil meregangkan otot tangan, pinggang, leher, dan kaki. Berjalan-jalan singkat mencari cahaya matahari juga bisa dijadikan alternatif untuk merilekskan tubuh dan pemikiran dari penatnya pekerjaan. Lakukan peregangan 5-10 menit tiap beberapa jam sekali agar otot dan sendi tidak kaku.

Nah, itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang cara mengatasi tangan pegal. Selain minum air putih yang cukup, kamu bisa mengkonsumsi makanan dan minuman seperti pisang, susu, dan jahe untuk meredakan pegal tangan. Jika perlu, konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B kompleks. Dan jika pegal di tangan masih belum sembuh dengan 8 cara di atas, segera periksakan kondisimu ke dokter, ya!