6 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering, Mudah dan Praktis!

Saat tenggorokanmu terasa kering, pastinya akan membuatmu tidak nyaman ya. Kondisi ini dikaitkan dengan penyakit tertentu, seperti flu. Biasanya ada cara-cara tertentu untuk mengatasi tenggorokan kering. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Seperti sereh, jeruk nipis, dan rempah-rempah lainnya. Hal itu dapat membuat tenggorokan terasa lebih lega.

Adapun penyebab dari tenggorokan kering ini antara lain dehidrasi, merokok, flu, hingga alergi. Pada beberapa kasus, penanganannya disesuaikan dengan penyebabnya. Namun, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi tenggorokan kering secara alami di rumah. Mau tau apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Sumber: Freepik

6 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Secara Alami

1. Minum Banyak Air

Sumber: Freepik

Ada baiknya kamu meminum banyak air atau menjaga kebutuhan asupan air putih setiap harinya agar tetap terhidrasi. Jika tubuhmu terhidrasi dengan baik, maka tenggorokan akan lebih lembap. Sedangkan jika tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, maka tubuh tidak dapat memproduksi air liur dalam jumlah banyak. Hal itu akan mempengaruhi suasana mulut dan tenggorokan menjadi kering.

Selain air putih, kamu juga bisa meminum jus buah, sari buah-buahan, ataupun air kelapa. Air kelapa adalah sumber air yang bagus untuk melegakan tenggorokan. Hindari konsumsi minuman bersoda dan kafein. Hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan tubuh.

Baca juga:  Diet Saat Puasa, Bisakah? Ini 7 Caranya!

2. Berkumur Air Garam

Sumber: Freepik

Cara mengatasi tenggorokan kering selanjutnya adalah berkumur dengan air garam. Selain melegakan tenggorokan, air garam juga bisa mengobati radang tenggorokan secara alami. Garam dipercaya dapat meredakan inflamasi atau peradangan, juga membersihkan virus dan bakteri yang bersarang di mulut dan tenggorokan.

Untuk membuatnya, larutkan setengah sendok garam dapur dalam satu gelas belimbing yang berisi air hangat. Kumurlah larutan air garam di dalam mulut selama 30-60 detik kemudian keluarkan. Kamu bisa berkumur 3-4 kali hingga rasa kering di tenggorokan mereda.

3. Permen Pelega Tenggorokan

Sumber: Freepik

Permen pelega tenggorokan dapat membuat mulut dan tenggorokan menjadi lembap. Selain itu, permen ini juga mampu menstimulasi produksi air liur untuk membasahi tenggorokan. Hindari mengonsumsi pelega tenggorokan yang memiliki kandungan gula ataupun perasa tambahan. Karena hal tersebut dapat membuat tenggorokan terasa gatal.

4. Menghindari Rokok

Sumber: Freepik

Banyak penelitian menunjukan bahwa rokok bisa membuat tenggorokan menjadi kering dan sakit. Bukan hanya pada perokok aktif, tetapi juga pasif. Kandungan tembakau dan nikotin di dalam rokok bisa menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan. Salah satu gejala yang ditimbulkan adalah tenggorokan gatal.

Kandungan tersebut juga bisa mengganggu mekanisme pembersihan organ, menurunkan sistem kekebalan tubuh, serta secara langsung memengaruhi jalur nyeri dan sensorik. Oleh karena itu, hindari rokok ataupun asap rokok agar tenggorokanmu tidak semakin kering.

Baca juga:  10 Menu Diet Saat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

5. Mandi Air Hangat

Sumber: Freepik

Tahukah kamu? Jika uap yang kamu hirup saat mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu tenggorokan kering menjadi lembap. Hal tersebut juga membuat saluran pernafasan terasa lebih lega. Untuk itu, apabila kamu mengalami tenggorokan kering, cobalah untuk mandi dengan air hangat. Kamu juga bisa mencoba berkumur dengan air garam saat mandi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

6. Mengistirahatkan Pita Suara

Cara terakhir untuk mengatasi tenggorokan kering adalah dengan mengistirahatkan pita suata yang berada di tenggorokan. Hindari berbicara berlebih atau bahkan berteriak. Sebisa mungkin gunakan bahasa tubuh atau media lain untuk berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, hindari berbisik-bisik dan berdehem untuk mengurangi iritasi pita suara.

Itulah 6 cara untuk mengatasi tenggorokan kering yang bisa kamu lakukan di rumah. Cara-cara tersebut mudah dan praktis, bukan? Jika tenggorokanmu masih kering setelah beberapa hari, kamu bisa menghubungi tenaga kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat sesuai penyebab tenggorokan kering.

Mia Atika

Add comment

Share