Intip 8 Cara Mengatur Keuangan yang Efektif dan Tidak Boros

Manajemen keuangan menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi kita semua. Meski sudah dewasa, masih banyak di antara kita yang kurang paham cara mengatur keuangan pribadi dengan benar. Kalau masih jomblo, kesulitan ini tidak akan terlalu jadi masalah. Akan tetapi beda kondisi kalau kita sudah berkeluarga.

Menemukan cara mengelola keuangan yang sesuai dengan yang kamu mau perlu dilakukan sejak di usia produktif. Pasalnya, mengelola keuangan secara baik dan sehat diperlukan agar masa depan dapat terjaga dengan baik dan memudahkanmu dalam mencukupi segala kebutuhan baik yang sifatnya direncanakan atau yang mendadak. Yuk, simak 8 cara mengatur keuangan yang efektif.

cara mengatur keuangan
Sumber: iStockPhoto

Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik

Mengatur keuangan dengan baik tidak hanya menghasilkan keamanan finansial, tetapi juga membawa sejumlah manfaat yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat kamu nikmati dengan mengatur keuangan secara bijak:

1. Kebebasan Finansial

Menghemat dan mengatur keuangan dengan baik dapat membangun kebebasan finansial. Kamu memiliki lebih banyak kendali atas uang dan tidak terjebak dalam utang yang tidak perlu. Dengan kebebasan finansial, kamu dapat membuat keputusan finansial yang lebih baik dan menjalani hidup sesuai dengan yang Anda impikan.

2. Stabilitas Finansial

Menghadapi kejadian tak terduga seperti perubahan pekerjaan atau krisis medis dapat mengancam stabilitas finansial. Namun, keuangan yang diatur dengan baik dan dana darurat yang cukup, kamu dapat mengatasi kendala finansial ini dengan lebih tenang. Kamu tidak akan terlilit dalam masalah keuangan yang mendesak dan tetap berpegang pada rencana keuangan jangka panjang.

3. Kemampuan Berinvestasi

Menghemat uang dari pengeluaran yang tidak perlu dapat meningkatkan kemampuan berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu dapat memaksimalkan pertumbuhan kekayaan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Seperti pensiun yang nyaman atau pendidikan yang baik untuk masa depan.

Baca juga:  5 Peluang Usaha yang Menjanjikan, Mudah, dan Minim Biaya

4. Mengurangi Stres Finansial

Cara mengatur keuangan yang baik juga mengurangi stres finansial. Kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana membayar tagihan bulanan atau mengatasi keadaan darurat jika telah merencanakan dengan baik. Kondisi ini membantumu menjalani hidup dengan lebih tenang dan kualitas hidup yang lebih tinggi.

5. Pencapaian Impian

Ketika mengatur keuangan dengan baik, kamu memiliki peluang untuk mencapai impian finansial. Apakah itu membeli rumah impian, melakukan perjalanan keliling dunia, atau menjalani pensiun yang nyaman. Kamu bisa mulai mewujudkannya melalui manajemen keuangan secara bijak.

Baca juga: Kenali Kekurangan dan Kelebihan Investasi Online

8 Cara Mengatur Keuangan secara Efektif dan Tidak Boros

Mengatur keuangan memang membutuhkan usaha. Akan tetapi, akan timbul lebih banyak masalah jika kamu tidak melakukannya. Baik bagi diri sendiri maupun orang-orang di sekitar. Agar itu tidak terjadi, terapkan 8 cara mengatur keuangan berikut.

1. Terapkan Prinsip 50/30/20

Cara mengatur keuangan yang pertama adalah menerapkan Prinsip 50/30/20. Dengan melakukan prinsip ini, kamu dapat mengelola pengeluaran agar bisa memenuhi kebutuhan, menabung, dan bersenang-senang dengan biaya proporsional. Prinsip 50/30/20 penerapannya begini: 50% gaji guna membeli kebutuhan/kewajiban sehari-hari, 30% memenuhi keinginan, dan 20% masuk tabungan.

2. Catat Setiap Pengeluaran dengan Rutin

Pernahkah uangmu tiba-tiba habis, tapi tidak tahu untuk apa? Rasanya pasti sedih, kecewa, sekaligus menyesal. Akan tetapi, hal ini tidak akan kamu alami jika rutin mencatat belanja harian. Oleh karena itu, selalu siapkan buku catatan khusus untuk menulis pengeluaran. Bila perlu, tetapkan batas uang yang akan kamu gunakan tiap harinya. Apabila anggaran hari kemarin melebihi batas, kamu dapat mengurangi limit anggaran hari ini, sebagai “punishment agar kamu lebih disiplin dalam mengatur keuangan.

Baca juga: Ingin Kaya Tanpa Repot? Yuk Kenalan dengan Investasi Jangka Panjang

3. Sesuaikan Gaya Hidup Dengan Penghasilan

cara mengatur keuangan
Sumber: iStockPhoto

Jika pemasukanmu masih pas-pasan memenuhi kebutuhan hidup, jangan memaksakan diri membeli barang-barang di luar kemampuan. Dengan meningkatkan gaya hidup, kamu mungkin akan tampak lebih bergengsi. Akan tetapi, ada banyak masalah menunggumu ke depannya. Mulai dari terbengkalainya kebutuhan primer sampai menumpuknya hutang.

4. Buat Rekening Sendiri untuk Menabung

Jika ingin lebih disiplin menyisihkan uang, membuat rekening khusus tabungan adalah cara mengatur keuangan dengan efektif yang dapat dilakukan. Dengan membuat rekening tabungan sendiri, kamu akan lebih mampu menahan diri agar tidak menghabiskan pendapatan bulanan sekaligus. Setiap gajian, kamu dapat langsung transfer sebagian uang ke rekening tersebut. Setelah itu, kamu bisa menaruh ATM dan rekening di rumah, tidak perlu membawanya ke mana-mana.

Baca juga:  8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Paling Penting

5. Kumpulkan Uang Receh Dalam Satu Tempat

Jika ingin lebih pandai mengatur keuangan, kamu perlu belajar lebih menghargai uang. Salah satu cara menghargai uang adalah dengan mengumpulkan uang receh sisa kembalian di satu tempat. Hal ini mungkin terkesan sepele. Akan tetapi, mengumpulkan uang receh merupakan salah satu cara mengatur keuangan yang efektif. Sebab, uang receh yang dikumpulkan lama kelamaan akan semakin banyak, dan tetap bisa digunakan membeli kebutuhan.

6. Mulai Belajar Investasi

cara mengatur keuangan
Sumber: iStockPhoto

Investasi adalah salah satu opsi cara mengatur keuangan dengan baik dan cerdas. Saat menabung, nominal uangmu akan tetap sama dari waktu ke waktu. Jika tahun 2021 kamu menabung Rp10 juta, maka di 2041 uang kamu akan tetap jumlahnya.

Beda kondisi jika kamu menginvestasikan Rp10 juta tersebut ke perusahaan di pasar modal. Anggap saja return rate perusahaan ada di angka 5% per tahun. Jika kamu memilih opsi perhitungan compound interest, maka dalam 10 tahun kamu bisa mendapat Rp16,4 juta.

7. Buat Wish-List Barang Paling Diinginkan 5 Tahun ke Depan

Setiap orang memiliki barang-barang idaman yang ingin dimiliki di masa depan. Menulis impian tersebut satu per satu adalah salah satu cara mengatur keuangan dengan baik. Misalnya dalam lima tahun ke depan kamu ingin membeli rumah, mobil, dan menikah. Ketiganya butuh dana tidak sedikit, sehingga kamu dapat membuat rencana anggarannya dari sekarang.

8. Jangan Lupa Sisihkan untuk Sedekah

Berambisi mengumpulkan sebanyak mungkin tabungan memang baik. Akan tetapi, jangan lupa sisakan sebagian penghasilan untuk sedekah ke pihak kurang mampu. Usahakan untuk melakukan hal ini secara rutin tiap bulannya. Sehingga, bukan hanya tabungan uang yang bertambah banyak, tapi juga tabungan kebaikan.

Mengatur keuangan adalah langkah krusial dalam membangun kestabilan keuangan jangka panjang. Saat memasuki fase awal karier, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana mengalokasikan pendapatan. Banyak generasi muda, khususnya usia 19-34 tahun, rentan terhadap pinjaman online karena kurangnya literasi keuangan, termasuk pengaturan keuangan.

Mengatur keuangan dengan baik tidak hanya membangun cadangan dana darurat untuk situasi tak terduga. Namun juga memberikan kebebasan finansial, stabilitas, dan kesempatan untuk berinvestasi lebih awal. Dengan memprioritaskan pengeluaran yang penting dan mengurangi pembelian impulsif, kamu dapat membangun fondasi finansial yang kokoh untuk masa depan yang lebih aman dan stabil.