Cara Mudah Mengetahui Bentuk Wajah Agar Tidak Salah Gaya

Untuk mengetahui cara makeup atau menata rambut yang tepat, kamu harus paham betul bentuk wajahmu. Karena setiap bentuk wajah mempunyai area yang berbeda untuk ditonjolkan atau ditutupi kekurangannya. Mengetahui bentuk wajah ternyata menjadi satu hal yang penting untuk menunjang penampilan. Misalnya saja, dengan cara mengetahui bentuk wajah maka kamu bisa menentukan potongan rambut atau memilih bentuk kacamata yang cocok.

Itulah kenapa kamu tak bisa sembarangan mengikuti tren mode yang sedang booming. Setiap orang memiliki bentuk wajah berbeda. Terkadang ada gaya rambut atau model hijab yang tampak bagus pada orang lain, tapi tidak cocok bagimu. Nah, untuk bisa memahami cara mengetahui bentuk wajah, simak penjelasan di bawah ini ya!

Jenis Bentuk Wajah

cara mengetahui bentuk wajah
Sumber: iStockPhoto

1. Kotak (Square)

Wajah square mempunyai sisi yang lurus dan hampir tidak ada lengkungan pada rahang. Jika kamu menghitung panjang sisi rahang kanan ke rahang kiri, kurang lebih panjangnya akan sama dengan panjang dari dagu ke ujung rambut.

2. Wajik (Diamond)

Dagu yang lancip dan tulang pipi yang tinggi adalah ciri utama dari wajah diamond. Jadi jika ditarik garis dari ujung rambut, pipi, dan dagu, maka bentuknya akan mirip dengan berlian. Perbedaan bentuk wajah diamond dan heart adalah garis rambut pada diamond cenderung lebih sempit. 

3. Hati (Heart)

Hampir mirip dengan diamond, pemilik wajah heart memiliki dagu yang lancip. Namun bedanya bentuk wajah heart memiliki dahi yang lebar. 

4. Segitiga (Rectangular)

Wajah rectangular mirip dengan wajah square pada sisi rahang, namun dagu dan ujung rambutnya lebih panjang. 

5. Oval

Ciri utama dari wajah oval yaitu lengkungan pada dahi dan dagu, hanya saja lengkungan pada dahi lebih lebar jika dibandingkan pada dagu. Bentuknya hampir mirip wajah rectangular namun memiliki kurva pada bagian dagu. 

6. Bulat (Round)

Wajah round atau bulat hampir mirip dengan square. Hanya saja kedua sisi pada rahangnya membentuk lengkungan, berdagu bulat, dan tulang pipi yang lebar. 

Baca juga: 7 Alat Make Up yang Perlu Dimiliki Beginner, Ini Dia!

Manfaat Mengetahui Bentuk Wajah

cara mengetahui bentuk wajah
Sumber: iStockPhoto

Beberapa manfaat yang akan kamu alami setelah mengetahui bentuk wajahmu, antara lain:

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan mengetahui bentuk wajah, kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri melalui penampilanmu.

2. Menentukan Gaya Hijab yang Cocok

Bentuk wajah yang berbeda mempengaruhi gaya hijab pada seseorang. Hal ini tentunya akan menambah kesan tertentu pada dirimu.

3. Memilih Gaya Riasan yang Tepat

Bentuk wajah juga berperan dalam pemilihan gaya riasan yang tepat. Contohnya, seseorang dengan bentuk wajah bulat akan mengaplikasikan riasan yang menyoroti dan mengkontur wajah agar terkesan lebih panjang.

4. Memilih Kacamata dan Aksesoris yang Sesuai

Bentuk wajah dapat mempengaruhi pemilihan kacamata dan aksesoris yang sesuai. Misalnya, orang dengan wajah persegi akan memilih kacamata dengan sudut melengkung untuk memperhalus garis wajah.

Baca juga:  8+ Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Alami Makin Terpancar

4 Cara Mengetahui Bentuk Wajah

Bagian wajah apa saja yang harus diukur untuk mengetahui bentuk wajahmu? Berikut penjelasan tentang cara mengetahui bentuk wajah kamu!

1. Ukur Dahi

Gunakan pita pengukur yang fleksibel, atau gunakan meteran jahit. Kemudian ukur jarak dari satu pelipis ke pelipis lainnya di bagian terlebar dahimu yaitu tepat di atas alis. Catat ukuran ini dan bandingkan dengan ukuran bagian wajah lainnya, seperti lebar tulang pipi, panjang wajah, dan lebar rahang. 

2. Mengukur Tulang Pipi

Ukur seluruh pipi dimulai dari bagian atas di dekat garis rambut hingga tonjolan tajam di bawah sudut luar dekat mata. Posisikan pita pengukur sejajar dengan pipi untuk mendapatkan pengukuran yang akurat. Setelah pengukuran selesai, catat angka yang ditunjukkan oleh pita pengukur.

3. Ukurlah Garis Rahang

Cara mengetahui bentuk wajah selanjutnya adalah dengan mengukur garis rahang. Ukurlah bagian rahangmu pada titik terlebar. Kurang lebih satu inci ke bawah dari telinga.

4. Ukurlah Panjang Wajah

Panjang wajah diukur dari bagian atas kepala yaitu batas rambut di dahi hingga ke bagian bawah dagu. Gunakanlah penggaris atau alat pengukur lainnya.

Setelah mencatat beberapa ukuran bagian wajah diatas, kemudian bandingkanlah setiap ukurannya. Mulai dari ukuran dahi, tulang pipi, garis rahang, dan panjang wajah. Cocokkan dengan ciri-ciri bentuk wajah diatas. 

Baca juga: 9 Model Hijab Modis dan Modern untuk Outfit Of The Day-mu!

Tips Tampilan Sesuai Bentuk Wajah

cara mengetahui bentuk wajah
Sumber: iStockPhoto

1. Riasan

Wajah Bulat

Supaya wajahmu terlihat lebih tirus, gunakan highlighter pada batang hidung, dahi, puncak tulang pipi, di bawah tulang alis, bagian atas bibir, dan dagu. Kemudian, lengkapi dengan contour pada seluruh sisi luar wajah dan di bawah tulang pipi. Untuk blush on, aplikasikan pada tonjolan pipi sampai ke telinga sejauh mungkin dari hidung.

Bentuk Wajah Oval

Proporsi wajahmu sudah cukup seimbang. Kamu bisa menonjolkannya dengan trik contouring standar. Caranya, aplikasikan bronzer atau contour pada pangkal pelipis sampai ke bagian wajah. Lalu, gunakan blush on tipis-tipis pada pelipis sampai tulang pipi untuk menciptakan hasil yang flawless. Bagaimana dengan highlighter? Cara pengaplikasiannya tidak berbeda jauh dengan wajah bulat, tapi kamu tidak perlu menggunakannya pada dahi.

Muka Persegi

Untuk pemilik bentuk wajah persegi, kamu dapat memperhalus keseluruhan tampilan wajahmu dengan tips contouring simpel ini: sapukan di area rahang dan pelipis dengan kuas yang mengembang. Sapukan ke arah atas agar hasilnya natural. Kemudian, isi bagian kosong pada pipi dengan blush on dan bronzer. Terakhir, kamu bisa menyapukan highlighter dengan gerakan bentuk huruf C di tulang pipi dan pelipis dengan fan brush.

Wajah Segitiga

Kunci untuk menyeimbangkan bentuk wajah segitiga ada di penggunaan highlighter. Kamu hanya perlu menggunakan sedikit contour pada garis rahang dan di bawah tulang pipi karena fitur wajah alamimu sudah cukup tegas. Jadi, cukup sapukan highlighter dengan fan brush pada tulang pipi dan batang hidung. Kemudian, ciptakan keseimbangan dengan shade eyeshadow yang terang pada kelopak mata.

Bentuk Muka Hati

Untuk pemilik wajah hati, kamu bisa menciptakan ilusi wajah yang proporsional dengan mengaplikasikan contour pada bagian puncak dahi dan membaurkannya sampai ke pelipis dan bagian bawah tulang pipi. Terus, lengkapi dengan highlighter pada posisi yang sama seperti wajah oval. Penempatan blush on yang ideal untuk bentuk wajah ini pun juga sama dengan pemilik wajah bulat.

Muka Panjang

Kamu dapat membuat tampilan wajah yang natural sekaligus seimbang dengan menyapukan highlighter di puncak tulang pipi, tulang alis, pucuk hidung, dan bagian atas bibir. Jadi, kamu tidak perlu meng-highlight dahi dan dagu karena wajahmu sudah cukup panjang. Untuk contour dan blush on, kamu bisa menerapkan tips yang sama dengan wajah bulat.

Baca juga:  Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering, Ikuti Step Skincare Pagi & Malam

2. Poni Rambut

Bentuk Wajah Oval

Hampir semua tipe poni cocok dengan wajah oval. Tapi yang lebih disarankan adalah poni yang panjangnya di antara alis dan bulu mata kamu. Dengan begitu, kamu bisa membiarkan poni tersebut lurus menjuntai ke bawah atau dikesampingkan. 

Muka Persegi

Seringkali perempuan dengan wajah kotak, terlihat lebih galak dengan wajah tajamnya. Bagian tengah poni dibentuk lebih feathery dibandingkan dengan sisi kiri agar memperlihatkan sedikit bagian tengah dahi. Poni nggak boleh terlalu tebal karena akan membuat wajah kotak semakin tajam. 

Bentuk Muka Hati

Jika kamu memiliki wajah heart-shaped seperti atau berbentuk hati, jangan menggunting poni kamu menjadi fringe. Tentunya, poni fringe akan mengekspos bagian dahi kamu yang lebih lebar dibanding bagian wajah yang lain.Yang paling ideal untuk poni kamu adalah bentuk layered yang mana bagian ujungnya menyentuh alis kamu jika dikesampingkan. Poni kamu juga akan terlihat lebih lebih terisi penuh sekaligus menutupi bagian jidat. 

3. Style Hijab

Wajah Bulat

Pemilik wajah bulat seringkali memiliki pipi yang chubby dan dagu yang terlihat bundar. Sebab itu, tak sedikit pemilik wajah bulat memakai hijab dengan cara dimajukan sedikit di bagian pipi untuk menutupinya dan memberikan ilusi dagu lebih lancip. Selain dengan memajukan sedikit kain hijab ke bagian pipi, coba ikat sisa kain hijab ke bagian leher. Hal ini akan memberikan efek lebih tegas di bagian lipatan pipi, sehingga wajah akan terlihat lebih panjang.

Bentuk Wajah Oval

Pada dasarnya, wajah berbentuk oval dapat memakai hijab dengan style apapun. Dengan sudut-sudut wajah yang terlihat lembut, pemilik wajah oval bisa langsung memakai hijab dengan cara mengikuti bingkai wajah. Kamu bisa menata hijab secara natural dengan bagian depan menjulur ke dada atau diikat ke bagian leher untuk memberikan kesan lebih rapi.  Namun, bagi kamu yang memiliki bentuk wajah oval dengan bagian dahi yang terlihat lebih panjang, siasati tampilan dahi dengan inner hijab atau ciput untuk memberikan efek proporsi pemakaian hijab yang lebih pas. 

Muka Persegi

Wajah berbentuk persegi mempunyai ciri khas berupa kedua sisi wajah atau pipi yang lurus dengan garis rahang dengan lekukan yang sangat minim pada bagian dagu. Panjang dan lebar wajah pun hampir sama sehingga menimbulkan ilusi persegi. Bila kamu memiliki wajah berbentuk persegi, hindari penggunaan jilbab yang runcing atau lancip pada bagian dahi.  Sebaliknya, gunakan hijab dengan model bulat pada bagian dahi memanjang hingga ke bagian bawah untuk memperlembut tampilan garis rahang yang tegas.

Wajah Persegi Panjang

Bentuk wajah ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan bentuk persegi, yaitu memiliki garis rahang yang tegas lurus dari dahi, namun lebih panjang. Selain dengan memasang bentuk hijab yang membulat pada bagian dahi, pemilik wajah persegi panjang juga dapat menggunakan inner atau ciput untuk mempersempit bentuk dahi dan membuat proporsi setiap bagian wajah lebih seimbang.

Bentuk Muka Hati

Wajah berbentuk hati memiliki dahi yang lebih lebar dengan bentuk yang semakin mengecil dan terlihat lancip pada bagian dagunya. Oleh karena itu, penampilan pemilik wajah berbentuk hati akan terlihat lebih baik saat hijab dibentuk agar terlihat longgar pada bagian dahinya. Dengan trik ini, bentuk dahi pemilik wajah berbentuk hati akan terlihat kurang lebih sama dan seimbang dengan struktur dagu.

Muka Berbentuk Wajik (Diamond)

Sebenarnya, bentuk wajah diamond atau wajik tak terlalu jauh berbeda dengan bentuk hati. Namun, selain bentuk dagu yang terlihat lancip, pemilik wajah diamond juga memiliki struktur tulang pipi yang cenderung lebih tinggi dan garis rambut yang lebih sempit. Untuk menyempurnakan tampilan hijab, pemilik wajah berbentuk diamond sebaiknya tidak menggunakan inner atau ciput terlalu depan guna menghindari tampilan yang kurang seimbang dengan tulang pipi yang tegas.

Pemilik wajah diamond atau wajik dapat memakai hijab dengan memajukannya sedikit pada bagian pipi bila ingin tampilan dagu yang lancip dan pipi lebih seimbang. Namun, bila ingin menonjolkan bagian tulang pipi, pemilik wajah diamond dapat  memundurkan sedikit bagian hijab pada pipi agar lebih lebar dan memberikan ilusi lebar yang sama dengan dahi.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengetahui bentuk wajah. Penjelasan ini sangat dibutuhkan agar kamu bisa mengetahui cara berpakaian hingga make up yang cocok. Sehingga kamu semakin percaya diri dengan apa yang kamu pakai. Jadi, apa bentuk wajahmu?