5 Cara Menghilangkan Bau Badan Alami dan Ciamik!

Tahukah kamu, saat kamu berkeringat, air, garam dan lemak di tubuhmu bercampur dengan bakteri kulit, sehingga menjadi bau badan. Bau badan semua orang tidaklah sama, ada yang menyengat tidak sedap, ada juga yang nyaris tidak tercium. Bau badan yang disebut bromhidrosis, adalah kondisi yang normal dialami oleh setiap orang. Aroma bau badan yang cukup menyengat tentunya membuat kepercayaan diri jadi terganggu. Tapi tidak usah khawatir, ada banyak cara menghilangkan bau badan yang tepat untuk membuat penampilan semakin percaya diri.

Simak artikel ini sampai selesai agar kamu mengetahui solusi apa yang bisa kamu ambil untuk menghilangkan bau badan.

Penyebab Bau Badan Muncul

Sebelum kamu mencoba beberapa cara atau tips untuk menghilangkan bau badan, sebaiknya kamu harus tahu dulu dari mana sumber masalah terjadinya bau badan itu sendiri. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya bau badan, diantaranya:

Faktor Makanan dan Minuman

cara menghilangkan bau badan

Terlalu banyak mengonsumsi sayuran allium menyebabkan bau mulut serta bau badan yang bercampur dengan bakteri. Hal ini terjadi karena sayuran allium yang dikonsumsi larut dan masuk ke dalam pori-pori, aliran darah, dan urin. Sayuran allium adalah jenis sayuran yang kaya senyawa belerang, banyak dijumpai di keluarga bawang-bawangan, seperti bawang putih, bawang merah, bombay, dan daun bawang. 

Selain sayuran allium, terlalu banyak mengonsumsi daging merah juga dipercaya bisa membuat terjadinya bau badan. Begitu juga dengan minuman beralkohol yang masuk ke dalam tubuh, secara otomatis tubuh akan merespon alkohol sebagai racun. sehingga terjadilah proses oksidasi dalam tubuh. Proses oksidasi inilah yang memecah racun dalam tubuh menjadi asam asetat, karbon dioksida dan air yang dihilangkan melalui keringat, urin dan pernapasan.

  • Faktor Kebersihan
Baca juga:  5 Manfaat Lactic Acid untuk Kulit Wajah Makin Glowing

Dengan jarang membersihkan diri, maka secara otomatis akan mendatangkan bau badan yang tidak sedap. Keringat yang kering di badan dan tidak dibersihkan akan menjadi sumber berkumpulnya bakteri penyebab bau badan di pori-pori kulit. 

  • Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis bisa menyebabkan terjadinya perubahan sel-sel tubuh yang menyebabkan darah menjadi asam dan bau, diantaranya diabetes, asam urat, penyakit ginjal dan masih banyak yang lain. Tidak mengherankan ketika seseorang sedang sakit, cenderung terjadi perubahan pada bau badannya. 

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

1. Mandi dengan Sabun Antiseptik Ringan Formulanya

cara menghilangkan bau badan

Seperti yang telah kita bahas di atas, ketika bakteri di kulit bercampur dengan keringat, akan menghasilkan aroma tidak sedap yang dikenal sebagai bau badan. Cara menghilangkan bau badan paling mudah adalah dengan membasmi sumbernya: bakteri.

Sabun mandi antiseptik membantu menghilangkan bau badan, tubuh tetap bersih dan segar. Perlu kamu ketahui, beberapa sabun ada yang mengandung bahan kimia yang berpotensi berbahaya seperti triclosan. Alangkah baiknya gunakan sabun mandi dengan bahan-bahan alami.

Sebaiknya gunakan sabun yang memiliki bahan-bahan seperti tea tree oil, oregano, peppermint dan eucalyptus. Zat alami ini dipercaya memiliki sifat melawan bau dan bakteri untuk membantu melawan bau badan.

2. Rebusan Daun Sirih untuk Tubuh

cara menghilangkan bau badan

Dilansir dari laman kemenkes Ri, daun sirih dipercaya mampu menghilangkan bau badan. Daun sirih sejak dulu sudah dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya dapat menghilangkan bau badan. Caranya cukup mudah, yaitu petik beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan beberapa gelas air. Air rebusan ini lalu dituang ke baskom/ember untuk mandi. Aplikasikan cara alami ini setiap mandi pagi dan sore hari.

Baca juga:  5 Step Menghilangkan Bruntusan dengan Produk Lokal Terbaik

3. Daun Kemangi

Cara menghilangkan bau badan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan kandungan minyak atsiri yang ada pada daun kemangi. Selain dipercaya dapat menghilangkan bau badan, daun Kemangi juga dapat berfungsi sebagai antiseptik. Cara mengkonsumsi daun kemangi paling mudah adalah dengan dijadikan sebagai lalapan. Ada juga yang mengolah daun kemangi dijadikan teh dengan cara dijemur hingga kering.

4.  Oleskan Deodoran Alami

Banyak cara untuk membuat deodoran alami, diantaranya menggunakan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan flavonoid. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan membelah jeruk nipis menjadi dua, dan mengoleskan ke tempat sumber bau badan, seperti di ketiak. 

Atau bisa juga menggunakan gel lidah buaya yang mengandung antioksidan dan antibakteri yang ampuh untuk menghilangkan bau badan. Caranya dengan hanya mengoleskan gel-nya ke ketiak atau sumber bau badan di tubuh, bisa efektif mengatasi bau badan tidak sedap.

5. Perhatikan Asupan Makanan yang Sehat

cara menghilangkan bau badan

Asupan makan mempengaruhi bau badan yang muncul. Cara menghilangkan bau badan paling efektif dimulai dari memperbanyak asupan makanan mulai dari buah-buahan dan sayuran non-sulfur; Rempah; Yogurt; acar.

Kurangi makanan pedas; makanan dengan bawang putih dan bawang merah; terlalu banyak daging merah; sayuran bersulfur seperti brokoli, kubis dan kembang kol; kelebihan kafein dan alkohol.

Baca juga: 7 Rahasia Hilangkan Bopeng di Wajah, Kulit Jadi Mulus!

Tips Menjaga Kebersihan Agar Tidak Bau Badan

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari bau badan, adalah:

  • Membersihkan badan ketika berkeringat
  • Mandi teratur dengan menggunakan sabun antiseptik atau antibakteri
  • Menjaga pakaian tetap bersih.
  • Mengganti pakaian kotor dengan pakaian yang bersih dan menyerap keringat.
  • mengonsumsi makanan sehat

Bau badan merupakan hal yang normal bagi setiap orang, namun jika kondisi bau badan tidak kunjung berkurang, ada baiknya kamu tidak segan untuk konsultasikan ke dokter. Agar mendapatkan solusi yang lebih akurat akan penanganan yang tepat.